๐๐๐๐จ๐ ๐ฆ๐๐๐๐ฆ๐๐ ๐๐ ๐๐๐ง๐๐๐๐ ๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐จ๐ฅ๐จ ๐ฅ๐จ๐๐จ๐
๐๐ง๐ธ๐ข๐ฏ ๐ถ๐ด๐ต๐ข๐ฅ๐ป ๐ช๐ป๐ช๐ฏ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ต๐ข๐ฏ๐บ๐ข, ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ฎ๐ถ๐ฎ ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ ๐ต๐ข๐ฑ๐ช ๐ฌ๐ฆ๐ต๐ช๐ฌ๐ข ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐ต๐ถ๐ฏ๐ต๐ข๐ด ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข ๐ข๐ญ ๐๐ข๐ต๐ช๐ฉ๐ข๐ฉ ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ ๐ด๐ถ๐ฅ๐ข๐ฉ ๐ฌ๐ฆ๐ฃ๐ถ๐ณ๐ถ ๐ณ๐ถ๐ฌ๐ถ๐ฌ. ๐๐ฆ๐ณ๐ต๐ข๐ฏ๐บ๐ข๐ข๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข ๐ข๐ฑ๐ข๐ฌ๐ข๐ฉ ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ญ๐ข๐ฏ๐จ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ช๐ฌ๐ถ๐ต๐ช ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ ๐ณ๐ถ๐ฌ๐ถ๐ฌ ๐ต๐ข๐ฏ๐ฑ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ถ๐ฏ๐ต๐ข๐ด๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข ๐ข๐ญ ๐๐ข๐ต๐ช๐ฉ๐ข๐ฉ ๐ข๐ต๐ข๐ถ๐ฌ๐ข๐ฉ ๐ฉ๐ข๐ณ๐ถ๐ด ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ด๐ฆ๐ญ๐ฆ๐ด๐ข๐ช๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ถ๐ญ๐ถ ๐ฃ๐ข๐ณ๐ถ ๐ฌ๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ฅ๐ช๐ข๐ฏ ๐ณ๐ถ๐ฌ๐ถ๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ช๐ฏ๐จ๐ข๐ต ๐ข๐ญ ๐๐ข๐ต๐ช๐ฉ๐ข๐ฉ ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ข๐ต๐ถ ๐ณ๐ถ๐ฌ๐ถ๐ฏ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ?
๐๐ข๐ต๐ข ๐ถ๐ด๐ต๐ข๐ฅ๐ป ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ฅ๐ช ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ฑ๐ถ๐ฏ๐จ ๐ฉ๐ข๐ณ๐ถ๐ด ๐ฅ๐ช๐ด๐ฆ๐ญ๐ฆ๐ด๐ข๐ช๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ถ๐ญ๐ถ ๐ซ๐ช๐ฌ๐ข ๐ต๐ฆ๐ณ๐ญ๐ข๐ฏ๐ซ๐ถ๐ณ ๐ฅ๐ช๐ฃ๐ข๐ค๐ข, ๐ฌ๐ฆ๐ค๐ถ๐ข๐ญ๐ช ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฌ๐ฐ๐ฏ๐ฅ๐ช๐ด๐ช ๐ฌ๐ช๐ต๐ข ๐ต๐ข๐ฌ๐ฃ๐ช๐ณ๐ข๐ต๐ถ๐ญ ๐๐ฉ๐ณ๐ข๐ฎ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฑ๐ข๐ต๐ช ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ ๐ณ๐ถ๐ฌ๐ถ๐ฌ, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ฃ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข ๐ข๐ญ ๐๐ข๐ต๐ช๐ฉ๐ข๐ฉ ๐ฌ๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ด๐ถ๐ฅ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช๐ต๐ข๐ฏ๐จ๐จ๐ถ๐ฏ๐จ ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ.
๐๐ข๐จ๐ข๐ช๐ฎ๐ข๐ฏ๐ข ๐ฑ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ฑ๐ข๐ณ๐ข ๐ถ๐ญ๐ข๐ฎ๐ข ๐ฌ๐ฉ๐ถ๐ด๐ถ๐ด๐ฏ๐บ๐ข ๐ฌ๐ข๐ญ๐ข๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐๐บ๐ข๐ง๐ช’๐ช๐บ๐บ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฎ๐ข๐ด๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ช๐ฏ๐ช ? ๐๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ด๐ข๐บ๐ข ๐ฉ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฌ๐ฐ๐ฏ๐ด๐ฆ๐ฏ ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ด๐ข๐ต๐ถ ๐ฎ๐ข๐ฅ๐ป๐ฉ๐ข๐ฃ ๐ข๐จ๐ข๐ณ ๐ค๐ข๐ณ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ข๐จ๐ข๐ฎ๐ข ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ฃ๐ช๐ด๐ข ๐ต๐ฆ๐ณ๐ต๐ข๐ต๐ข ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ. ๐๐ข๐ฌ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ต๐ข๐ฉ๐ถ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ช๐ญ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฃ๐ช๐ด๐ข ๐ฃ๐ข๐ค๐ข ๐ฌ๐ช๐ต๐ข๐ฃ. ๐๐บ๐ถ๐ฌ๐ฐ๐ฏ ๐ซ๐ข๐ธ๐ข๐ฃ๐ข๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข.
๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ป
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Sebelum menjawab, saya hendak menyampaikan apresiasi kepada anda yang memiliki pandangan yang baik kaitannya dengan ilmu agama. Keinginan untuk mengikuti satu madzhab dahulu agar tidak campur aduk sehingga terkadang malah membingungkan merupakan pilihan yang baik dan terhormat dalam beragama.
Kadang banyak orang awam, pemula dan tidak tahu cara berdalil tapi belum-belum semangatnya hendak membandingkan pendapat lintas madzhab untuk dipilih yang paling rajih menurut dia dan kelompoknya. Seharusnya yang tepat, jika sadar diri tak pandai baca kitab misalnya, bukan memposisikan diri sebagai “juri” bagi pendapat-pendapat ulama, tapi duduk belajar dari satu madrasah keilmuan secara bertahap, terukur dan teratur.
๐๐๐ธ๐๐บ ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฎ๐ฐ๐ฎ ๐ฎ๐น ๐๐ฎ๐๐ถ๐ต๐ฎ๐ต ๐ฏ๐ฎ๐ด๐ถ ๐บ๐ฎ๐ธ๐บ๐๐บ
Sebelumnya perlu kita ketahui juga bahwa hukum membaca al fatihah bagi makmum tidaklah wajib menurut jumhur ulama, jika imam telah membacanya. Bahkan dalam pandangan yang kuat dari madzhab Hanafiyah, Malikiyah dan Hanabilah termasuk dalam shalat sirriyah makmum tidak diwajibkan untuk membacanya, namun hanya sunnah saja.[1]
Sedangkan kalangan Syafi’iyyah tetap berpendapat wajib baik dalam shalat sirriyah maupun jahriyah.[2] Dan masalah ini telah kami bahas di bab tersendiri, dan tidak akan kita bahas lagi di sini untuk meringankan bahasan agar tidak terlalu panjang.
๐๐บ๐ฎ๐บ ๐ธ๐ฒ๐ฏ๐๐ฟ๐ ๐ฟ๐๐ธ๐๐ธ ๐๐ฒ๐ฑ๐ฎ๐ป๐ด๐ธ๐ฎ๐ป ๐บ๐ฎ๐ธ๐บ๐๐บ ๐ฏ๐ฒ๐น๐๐บ ๐๐ฒ๐น๐ฒ๐๐ฎ๐ถ ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฎ๐ฐ๐ฎ ๐ฎ๐น ๐๐ฎ๐๐ถ๐ต๐ฎ๐ต
Dalam pandangan Syafi’iyyah, jika makmum belum selesai membaca al Fatihah sedangkan imam telah rukuk, ada dua pendapat, pendapat pertama langsung ikut rukuk dan pendapat yang kedua menyelesaikan dahulu surah al Fatihahnya lalu segera menyusul untuk rukuk.
๐ญ. ๐๐ฎ๐ป๐ด๐๐๐ป๐ด ๐ถ๐ธ๐๐ ๐ฟ๐๐ธ๐๐ธ
Menurut sebagian ulama Syafi’iyyah jika makmum mendapati imam telah membaca ayat setelah al fatihah dan saat ia bergabung dalam shalat berjama’ah imam tak lama kemudian rukuk yang menyebabkan ia tidak selesai membaca al Fatihah, maka yang tepat adalah ia langsung ikut rukuk. Statusnya adalah sama dengan masbuk yang lain di mana bacaannya menjadi tanggungan imam.
Demikian juga bila yang dimaksud imam keburu rukuk ini adalah imam memang mempercepat bacaannya dari biasanya, menurut kelompok pendapat ini sang makmum tetap disunnahkan untuk ikut rukuk.
Syaikh Abu Bakar Syatha ad Dimyathi rahimahullah berkata :
ูุฅุณุฑุงุน ุฅู ุงู ูุฑุงุกุฉ ุชู ุซูู ููุนุฐุฑ.ูุงูู ุฑุงุฏ ุจุงูุฅุณุฑุงุน: ุงูุงุนุชุฏุงู، ูุฅุทูุงู ุงูุฅุณุฑุงุน ุนููู ูุฃูู ูู ู ูุงุจูุฉ ุงูุจุทุก ุงูุญุงุตู ููู ุฃู ูู .ูุฃู ุง ูู ุฃุณุฑุน ุงูุฅู ุงู ุญูููุฉ ุจุฃู ูู ูุฏุฑู ู ุนู ุงูู ุฃู ูู ุฒู ูุง ูุณุน ุงููุงุชุญุฉ ููู ุนุชุฏู ูุฅูู ูุฌุจ ุนูู ุงูู ุฃู ูู ุฃู ูุฑูุน ู ุน ุงูุฅู ุงู ููุชุฑููุง ูุชุญู ู ุงูุฅู ุงู ููุง، ููู ูู ุฌู ูุน ุงูุฑูุนุงุช
“Seperti mempercepat imam dalam membaca adalah contoh untuk udzur (yang membolehkan makmum tidak membaca al Fatihah). Yang dimaksud dengan mempercepat di sini adalah keseimbangan (membaca dengan cara yang moderat), maka istilah 'mempercepat' digunakan karena berlawanan dengan kelambatan yang terjadi pada makmum.
Namun, jika imam benar-benar mempercepat sehingga makmum tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk membaca al Fatihah dengan cara yang moderat, maka wajib bagi makmum untuk ruku’ bersama imam dan meninggalkan bacaan al Fatihah, karena imam menanggungnya, bahkan jika ini terjadi pada semua rakaat."[3]
Al imam Ibnu Hajar al Haitami rahimahullah juga berkata :
ูู ู ุฐูู ู ุง ููุน ููุซูุฑ ู ู ุงูุฃุฆู ุฉ ุฃููู ูุณุฑุนูู ุงููุฑุงุกุฉ ููุง ูู ูู ุงูู ุฃู ูู ุจุนุฏ ููุงู ู ู ู ุงูุณุฌูุฏ ูุฑุงุกุฉ ุงููุงุชุญุฉ ุจุชู ุงู ูุง ูุจู ุฑููุน ุงูุฅู ุงู ููุฑูุน ู ุนู ูุชุญุณุจ ูู ุงูุฑูุนุฉ ููู ููุน ูู ุฐูู ูู ุฌู ูุน ุงูุฑูุนุงุช
“Di antara contohnya adalah apa yang terjadi pada banyak imam yang mempercepat bacaan, sehingga makmum tidak sempat membaca al-Fatihah dengan sempurna setelah berdiri dari sujud sebelum imam ruku’. Maka ia harus ruku’ bersama imam dan rakaat tersebut tetap dihitung baginya, meskipun hal itu terjadi di semua rakaat.”[4]
๐ฎ. ๐ ๐ฒ๐ป๐๐ฒ๐น๐ฒ๐๐ฎ๐ถ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐๐น๐
Sedangkan sebagian Syafi’iyah yang lain menyatakan bahwa makmum tetap diharuskan untuk membaca al Fatihah. Berkata al imam Nawawi rahimahullah :
ูุฅู ูุงู ุจุฃู ุฃุณุฑุน ูุฑุงุกุชู ูุฑูุน ูุจู ุฅุชู ุงู ุงูู ุฃู ูู ุงููุงุชุญุฉ ูููู ูุชุจุนู ูุชุณูุท ุงูุจููุฉ ูุงูุตุญูุญ ูุชู ูุง ููุณุนู ุฎููู ู ุง ูู ูุณุจู ุจุฃูุซุฑ ู ู ุซูุงุซุฉ ุฃุฑูุงู ู ูุตูุฏุฉ ููู ุงูุทูููุฉ
“Dan jika imam mempercepat bacaannya lalu ruku’ sebelum makmum menyelesaikan al Fatihah, maka ada yang berpendapat bahwa makmum harus mengikutinya dan sisa bacaan al Fatihah telah gugur. Namun pendapat yang shahih (dalam madzhab Syafi’iyyah) adalah makmum harus menyelesaikan terlebih dahulu bacaan al Fatihahnya kemudian menyusul imam, selama ia tidak tertinggal lebih dari tiga rukun yang utama, yaitu rukun-rukun yang panjang.”[5]
๐๐ฒ๐๐ถ๐บ๐ฝ๐๐น๐ฎ๐ป
Ulama Syafi’iyyah berbeda pendapat tentang masalah ini. Sebagian berpendapat langsung ikut rukuk bersama imam, sedangkan yang lain berpendapat harus menyelesaikan bacaan selama ia tidak khawatir terlewat tiga rukun shalat. Pendapat pertengahan tentunya kita membaca al fatihah secapat mungkin lalu menyusul imam. Cepat di sini bisa dengan satu nafas dan cara baca hadr ( yaitu cara baca dengen tempo yang cepat namun dengan tetap memperhatikan hukum bacaan tajwid).
๐Wallahu a’lam.
_________
[1] Hasyiah ad Dusuqi (1/236), Kasyf al Qina (1/386), al Iqna’ fi Masail al Ijma (1/152)
[2] Mughni al Muhtaj (1/156)
[3] I’anah ath Thalibin (2/40)
[4] Tuhfatul Muhtaj (2/348)
[5] Minhaj ath Thalibin hal. 42
Dapatkan tulisan yang lebih lengkap dan Update di group Fiqih Madzhab, daftar : 0821-5267-3583 Admin.
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq