Yang Berhak Dipilih Menjadi Imam

Yang Berhak Dipilih Menjadi Imam

๐—ฌ๐—”๐—ก๐—š ๐—•๐—˜๐—ฅ๐—›๐—”๐—ž ๐——๐—œ๐—ฃ๐—œ๐—Ÿ๐—œ๐—› ๐— ๐—˜๐—ก๐—๐—”๐——๐—œ ๐—œ๐— ๐—”๐— 

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Kita tidak boleh sembarangan dalam memilih imam shalat. Selain dari sekedar syarat sah untuk menjadi imam,  hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah sisi keutamaan yang ada pada diri seseorang untuk dikedepankan memimpin shalat berjama’ah. 

Apalagi jika imam tersebut akan kita jadikan sebagai pemimpin rutin shalat atau imam Rawatib, tentu harus lebih kita perhatikan. Karena baik tidaknya imam, akan sangat berdampak pada kualitas ibadah terpenting dalam kehidupan kita yakni shalat lima waktu.

Berikut ini kami awali bab ini dengan menyebutkan dulu beberapa hadits-hadits Nabi shalallahu’alaihi wassalam tentang siapa saja yang harus diutamakan untuk memimpin shalat berjama’ah. Setelah itu kita hadirkan pendapat ulama yang meramu dalil-dalilnya agar kita tidak salah menyimpulkan dalil tersebut. 

Terlebih jika kemudian kita dihadapkan kepada pilihan yang mengharuskan untuk memilih salah satu yang terbaik semisal : Antara orang yang bacaannya tidak terlalu merdu namun ahli fiqih, dengan orang yang tidak ahli fiqih namun hafalannya lebih banyak dan suaranya merdu.

Hadits tentang kriteria imam yang harus diunggulkan

๐—ฌ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฝ๐—ฎ๐—น๐—ถ๐—ป๐—ด ๐—ฝ๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ฎ๐—ถ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฎ๐—ฐ๐—ฎ ๐—ฎ๐—น ๐—ค๐˜‚๐—ฟ’๐—ฎ๐—ป

ูŠَุคُู…ُّ ุงู„ู‚ูˆู… ุฃู‚ุฑุคู‡ู… ู„ูƒุชุงุจ ุงู„ู„ู‡، ูุฅู† ูƒุงู†ูˆุง ููŠ ุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ุณูˆุงุก ูุฃุนู„ู…ู‡ู… ุจุงู„ุณู†ุฉ، ูุฅู† ูƒุงู†ูˆุง ููŠ ุงู„ุณู†ุฉ ุณูˆุงุก ูุฃู‚ุฏู…ู‡ู… ู‡ุฌุฑุฉ، ูุฅู† ูƒุงู†ูˆุง ููŠ ุงู„ู‡ุฌุฑุฉ ุณูˆุงุก ูุฃู‚ุฏู…ู‡ู… ุณِู„ْู…ًุง

"๐˜–๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜จ๐˜ช ๐˜ด๐˜ถ๐˜ข๐˜ต๐˜ถ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ถ๐˜ฎ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ง๐˜ข๐˜ด๐˜ช๐˜ฉ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ข ๐˜’๐˜ช๐˜ต๐˜ข๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ. ๐˜‘๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ด๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ค๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฉ. ๐˜‘๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ด๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜ข๐˜ฉ, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ถ ๐˜ฃ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ซ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฉ. ๐˜‘๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ด๐˜ข๐˜ฎ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฉ๐˜ช๐˜ซ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฉ, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ถ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ ๐˜๐˜ด๐˜ญ๐˜ข๐˜ฎ." (HR. Muslim)

1. Yang paling tua 

ู„ِูŠَุคُู…َّูƒُู… ุฃَูƒْุจَุฑُูƒُู…

“๐˜๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ถ๐˜ข ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Pemilik wilayah

Rasulullah ๏ทบ bersabda :

ู„ุง ‌ูŠَุคู…َّู†َّ ‌ุงู„ุฑَّุฌُู„ُ ‌ุงู„ุฑَّุฌُู„َ ‌ููŠ ‌ุฃู‡ู„ِู‡ِ ูˆู„ุง ููŠ ุณُู„ุทุงู†ِู‡ِ

"๐˜›๐˜ช๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ ๐˜ฃ๐˜ฐ๐˜ญ๐˜ฆ๐˜ฉ ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ด๐˜ฆ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฎ ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ด ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ญ๐˜ข๐˜ช๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ฎ๐˜ฑ๐˜ข๐˜ต๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข ๐˜ข๐˜ต๐˜ข๐˜ถ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ธ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜บ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฌ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ถ๐˜ข๐˜ด๐˜ข๐˜ข๐˜ฏ๐˜ฏ๐˜บ๐˜ข.” (HR. Muslim)

3. Ulama

Rasulullah ๏ทบ bersabda :

ุฅู†ْ ‌ุณَุฑَّูƒู…ْ ‌ุฃู†ْ ‌ุชُู‚ْุจَู„َ ‌ุตَู„ุงุชُูƒู…ْ ‌ูู„ْูŠَุคُู…َّูƒู…ْ ‌ุนُู„َู…ุงุคُูƒู…ْ ูุฅู†ّู‡ُู…ْ ูˆَูْุฏُูƒู…ْ ูِูŠู…ุง ุจَูŠْู†َูƒُู…ْ ูˆุจَูŠْู†َ ุฑَุจِّูƒُู…ْ

"๐˜‘๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฎ, ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ธ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜›๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ." (HR. Thabrani)

4. Orang terbaik

Rasulullah ๏ทบ bersabda :

ุฅِู†ْ ‌ุณَุฑَّูƒُู…ْ ‌ุฃَู†ْ ‌ุชُู‚ْุจَู„َ ‌ุตَู„َุงุชُูƒُู…ْ، ูَู„ْูŠَุคُู…َّูƒُู…ْ ุฎِูŠَุงุฑُูƒُู…ْ، ูَุฅِู†َّู‡ُู…ْ ูˆَูْุฏُูƒُู…ْ ูِูŠู…َุง ุจَูŠْู†َูƒُู…ْ ูˆَุจَูŠْู†َ ุฑَุจِّูƒُู…ْ

"๐˜‘๐˜ช๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ด๐˜ถ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ด๐˜ฉ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ต ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข, ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ฉ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ-๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ต๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฃ๐˜ข๐˜ช๐˜ฌ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ซ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ช๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฎ, ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ข ๐˜ฎ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฌ๐˜ข ๐˜ข๐˜ฅ๐˜ข๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜ฑ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ธ๐˜ข๐˜ฌ๐˜ช๐˜ญ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ช ๐˜ข๐˜ฏ๐˜ต๐˜ข๐˜ณ๐˜ข ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฅ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜›๐˜ถ๐˜ฉ๐˜ข๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ข๐˜ญ๐˜ช๐˜ข๐˜ฏ." (HR. Thabrani)

๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐—ท๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ

Selanjutnya mari kita simak penjelasan para ulama yang tentu lebih memahami dalam mengkompromikan dalil-dalil di atas tentang siapa yang paling berhak untuk dijadikan imam dalam shalat berjama’ah.

๐—ž๐—ฒ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—บ๐—ฝ๐—ถ๐—ป๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ต๐˜‚๐—น๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐˜€๐˜†๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐˜ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—น๐—ฎ๐—ถ๐—ป

Para ulama menyatakan bahwa  orang yang paling berhak mengimami shalat berjama’ah adalah seseorang yang memiliki kekuasaan tertinggi di tempat tersebut.  Khalifah lebih berhak dari seorang sultan atau malik, sultan lebh berhak dari seorang amir dan demikian seterusnya.

 Para penguasa ini didahulukan untuk menjadi imam shalat atas siapa pun, bahkan termasuk atas ulama imam setempat dan ahli-ahli qiraat. Yang tentu ini dengan syarat bahwa penguasa tersebut memenuhi syarat sah untuk menjadi imam shalat.

Disebutkan dalam al Mausu’ah :

ุงุชูู‚ ุงู„ูู‚ู‡ุงุก ุนู„ู‰ ุฃู†ู‡ ุฅุฐุง ุงุฌุชู…ุน ู‚ูˆู… ูˆูƒุงู† ููŠู‡ู… ุฐูˆ ุณู„ุทุงู†، ูƒุฃู…ูŠุฑ ูˆูˆุงู„ ูˆู‚ุงุถ ูู‡ูˆ ุฃูˆู„ู‰ ุจุงู„ุฅู…ุงู…ุฉ ู…ู† ุงู„ุฌู…ูŠุน ุญุชู‰ ู…ู† ุตุงุญุจ ุงู„ู…ู†ุฒู„ ูˆุฅู…ุงู… ุงู„ุญูŠ، ูˆู‡ุฐุง ุฅุฐุง ูƒุงู† ู…ุณุชุฌู…ุนุง ู„ุดุฑูˆุท ุตุญุฉ ุงู„ุตู„ุงุฉ ูƒุญูุธ ู…ู‚ุฏุงุฑ ุงู„ูุฑุถ ู…ู† ุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ูˆุงู„ุนู„ู… ุจุฃุฑูƒุงู† ุงู„ุตู„ุงุฉ، ุญุชู‰ ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ุจูŠู† ุงู„ู‚ูˆู… ู…ู† ู‡ูˆ ุฃูู‚ู‡ ุฃูˆ ุฃู‚ุฑุฃ ู…ู†ู‡، ู„ุฃู† ูˆู„ุงูŠุชู‡ ุนุงู…ุฉ، ูˆู„ุฃู† ุงุจู† ุนู…ุฑ ูƒุงู† ูŠุตู„ูŠ ุฎู„ู ุงู„ุญุฌุงุฌ

“Para fuqaha sepakat bahwa apabila suatu kaum berkumpul dan di antara mereka ada seseorang yang memiliki otoritas, seperti seorang amir, wali kota, atau qadhi, maka ia lebih berhak menjadi imam shalat dari pada yang lainnya, bahkan dibandingkan dengan tuan rumah atau imam masjid setempat.

 Ini berlaku jika ia memenuhi syarat-syarat sahnya shalat, seperti hafal bacaan wajib dan mengetahui rukun-rukun shalat. Meskipun di antara mereka ada yang lebih faqih atau lebih baik bacaannya darinya, karena kekuasaannya bersifat umum. Sebagaimana Abdullah bin Umar pernah shalat di belakang Al Hajjaj.”[1]

Dari sini kita memahami bahwa dalam Islam antara kekuasaan (keimaman) dalam urusan “dunia” dengan agama tidaklah bisa dipisahkan.

๐—›๐—ฎ๐—น ๐˜‚๐˜๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐˜€๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—ผ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—น๐—ฒ๐—ฏ๐—ถ๐—ต ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฎ๐—ธ ๐—ฑ๐—ถ๐—ท๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—บ

Kondisi kedua, para ulama menyatakan bahwa yang diutamakan dari yang lain untuk menjadi imam shalat itu adalah orang yang memiliki beberapa hal berikut ini yang terkumpul padanya. Yakni, kefaqihan, bacaan yang bagus, wara’, usia, nasab dan hijrah. Berkata al imam Nawawi rahimahullah 

ุงู„ุฃุณุจุงุจ ‌ุงู„ุชูŠ ‌ูŠุชุฑุฌุญ ‌ุจู‡ุง ‌ุงู„ุฅู…ุงู… ‌ุณุชุฉ: ‌ุงู„ูู‚ู‡، ‌ูˆุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ، ‌ูˆุงู„ูˆุฑุน، ‌ูˆุงู„ุณู†، ูˆุงู„ู†ุณุจ، ูˆุงู„ู‡ุฌุฑุฉ

“Sebab-sebab yang membuat imam lebih diutamakan ada enam yaitu kefakihan, kefasihan/qiraat, kewara'an, usia, nasab dan hijrah.”[2]

Dalam al Mausu’ah dinyatakan :

ูˆู„ุง ุฎู„ุงู ููŠ ุชู‚ุฏูŠู… ุงู„ุฃุนู„ู… ูˆุงู„ุฃู‚ุฑุฃ ุนู„ู‰ ุณุงุฆุฑ ุงู„ู†ุงุณ، ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ููŠ ุงู„ู‚ูˆู… ู…ู† ู‡ูˆ ุฃูุถู„ ู…ู†ู‡ ููŠ ุงู„ูˆุฑุน ูˆุงู„ุณู† ูˆุณุงุฆุฑ ุงู„ุฃูˆุตุงู

“Tidak ada perbedaan pendapat di antara ulama dalam mendahulukan orang yang paling berilmu dan paling baik bacaannya atas orang-orang lainnya, meskipun di antara mereka ada yang lebih utama dalam hal wara', usia, dan sifat-sifat lainnya.”[3]

๐—๐—ถ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฟ๐—ถ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—ถ๐—ฎ

Namun bagaimanakah masalahnya bila kondisi ideal itu tidak berkumpul dalam diri seseorang ? Atau ada beberapa orang yang saling memiliki kelebihan berbeda dalam hal di atas ? Semisal antara yang faqih atau ahli agama tapi secara hafalan masih kalah dengan orang yang kedua. Yang mana orang kedua ini hafalannya sempurna namun secara kefaqihan kalah oleh orang yang pertama.

Di sini ulama berbeda pendapat. Ada yang mengunggulkan qari atas faqih. Namun mayoritas ulama berpendapat bahwa ahli fiqih lebih didahulukan dari orang yang qari atau yang baik bacaannya.[4]

Al imam Ibnu Batthal rahimahullah berkata :

ุงุฎุชู„ู ุงู„ุนู„ู…ุงุก ูู‰ ู…ู† ุฃูˆู„ู‰ ุจุงู„ุฅู…ุงู…ุฉ، ูู‚ุงู„ุช ุทุงุฆูุฉ: ูŠุคู… ุงู„ู‚ูˆู… ุฃุนู„ู…ู‡ู… ูˆุฃูุถู„ู‡ู…، ู‚ุงู„ ุนุทุงุก: ูŠุคู… ุงู„ู‚ูˆู… ุฃูู‚ู‡ู‡ู…، ูุฅู† ูƒุงู†ูˆุง ูู‰ ุงู„ูู‚ู‡ ุณูˆุงุก ูุฃู‚ุฑุคู‡ู…، ูุฅู† ูƒุงู†ูˆุง ูู‰ ุงู„ูู‚ู‡ ูˆุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ุณูˆุงุก ูَุฃَุณَู†ُّู‡ู…. ู‚ุงู„ ู…ุงู„ูƒ، ูˆุงู„ุฃุฒูˆุงุนู‰، ูˆุงู„ุดุงูุนู‰: ูŠุคู… ุงู„ู‚ูˆู… ุฃูู‚ู‡ู‡ู…، ูˆู‡ูˆ ู‚ูˆู„ ุฃุจู‰ ุซูˆุฑ. ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู„ูŠุซ: ูŠุคู…ู‡ู… ุฃูุถู„ู‡ู… ูˆุฎูŠุฑู‡ู…. ูˆู‚ุงู„ุช ุทุงุฆูุฉ: ุงู„ู‚ุงุฑุฆ ุฃูˆู„ู‰ ู…ู† ุงู„ูู‚ูŠู‡، ู‡ุฐุง ู‚ูˆู„ ุงู„ุซูˆุฑู‰، ูˆุฃุจู‰ ุญู†ูŠูุฉ، ูˆุฃุญู…ุฏ، ูˆุฅุณุญุงู‚. ูˆุงุญุชุฌูˆุง ุจู…ุง ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุฃุนู…ุด، ูˆุดุนุจุฉ، ุนู† ุฅุณู…ุงุนูŠู„ ุจู† ุฑุฌุงุก

“Para ulama berbeda pendapat tentang siapa yang lebih berhak menjadi imam dalam shalat. Sebagian ulama mengatakan: Yang menjadi imam adalah orang yang paling berilmu dan paling utama di antara mereka. Atha’ mengatakan: Yang menjadi imam adalah orang yang paling faqih, jika mereka sama dalam hal kefaqihan, maka yang lebih berhak adalah yang paling baik bacaannya, dan jika mereka sama dalam hal kefaqihan dan bacaan, maka yang lebih berhak adalah yang lebih tua usianya.

Malik, al Auza’i, dan Asy Syafi'i mengatakan : Yang menjadi imam adalah orang yang paling faqih di antara mereka, dan ini adalah pendapat Abu Tsaur. Al Laits mengatakan: Yang menjadi imam adalah yang paling utama dan paling baik di antara mereka (yang paling shalih).

Sebagian ulama lain mengatakan: Orang yang paling ahli dalam membaca al Qur'an lebih berhak menjadi imam dibandingkan yang faqih, dan ini adalah pendapat Ats-Tsauri, Abu Hanifah, Ahmad, dan Ishaq.”[5]

Al imam Nawawi juga turut menjelaskan tentang masalah ini, beliau berkata :

ูŠู‚ูˆู„ ุจุชู‚ุฏูŠู… ุงู„ุฃู‚ุฑุฃ ุนู„ู‰ ุงู„ุฃูู‚ู‡ ูˆู‡ูˆ ู…ุฐู‡ุจ ุฃุจูŠ ุญู†ูŠูุฉ ูˆุฃุญู…ุฏ ูˆุจุนุถ ุฃุตุญุงุจู†ุง ูˆู‚ุงู„ ู…ุงู„ูƒ ูˆุงู„ุดุงูุนูŠ ูˆุฃุตุญุงุจู‡ู…ุง ‌ุงู„ุฃูู‚ู‡ ‌ู…ู‚ุฏู… ‌ุนู„ู‰ ‌ุงู„ุฃู‚ุฑุฃ ‌ู„ุฃู† ‌ุงู„ุฐูŠ ‌ูŠุญุชุงุฌ ‌ุฅู„ูŠู‡ ‌ู…ู† ‌ุงู„ู‚ุฑุงุกุฉ ‌ู…ุถุจูˆุท ูˆุงู„ุฐูŠ ูŠุญุชุงุฌ ุฅู„ูŠู‡ ู…ู† ุงู„ูู‚ู‡ ุบูŠุฑ ู…ุถุจูˆุท ูˆู‚ุฏ ูŠุนุฑุถ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุฃู…ุฑ ู„ุง ูŠู‚ุฏุฑ ุนู„ู‰ ู…ุฑุงุนุงุฉ ุงู„ุตูˆุงุจ ููŠู‡ ุฅู„ุง ูƒุงู…ู„ ุงู„ูู‚ู‡ ู‚ุงู„ูˆุง ูˆู„ู‡ุฐุง ู‚ุฏู… ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃุจุง ุจูƒุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ุจุงู‚ูŠู†

"Pendapat yang mengedepankan orang yang lebih baik bacaannya atas orang yang lebih faqih adalah madzhab Abu Hanifah, Ahmad, dan sebagian ulama kami. Sedangkan Malik, Asy Syafi'i, dan para pengikut mereka mengatakan bahwa orang yang lebih faqih didahulukan atas orang yang lebih baik bacaannya. 

Sebab, bacaan yang dibutuhkan sudah terukur, sementara kefaqihan yang dibutuhkan tidak terukur. Mungkin saja terjadi dalam shalat suatu perkara yang tidak dapat diputuskan dengan tepat kecuali oleh orang yang sempurna kefaqihannya. Mereka juga berkata: Oleh karena itulah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mendahulukan Abu Bakar radhiyallahu 'anhu sebagai imam shalat di atas yang lainnya.”[6]

Syaikh Wahbah Zuhaili meski menyebutkan pendapat yang berbeda dari para ulama madzhab, beliau memberikan tarjihnya dengan mengatakan :

ุงู„ุฃุญู‚ ุจุงู„ุฅู…ุงู…ุฉ: ‌‌ุฃุญู‚ ุงู„ู†ุงุณ ุจุงู„ุฅู…ุงู…ุฉ ููŠ ุธุฑูˆูู†ุง ุงู„ุญุงุถุฑุฉ: ู‡ูˆ ุงู„ุฃูู‚ู‡ ุงู„ุฃุนู„ู… ุจุฃุญูƒุงู… ุงู„ุตู„ุงุฉ، ูˆู‡ุฐุง ู‡ูˆ ุงู„ู…ูู‡ูˆู… ูู‚ู‡ุง

“Orang yang paling berhak menjadi imam dalam kondisi kita saat ini adalah yang paling faqih dan yang paling mengetahui hukum-hukum shalat. Inilah yang dipahami secara fiqh.”[7]

๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ฎ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ป๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐˜‚๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐˜ƒ๐˜€ ๐—ณ๐—ฎ๐—พ๐—ถ๐—ต  ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜‚ ๐—ฎ๐—ต๐—น๐—ถ ๐—พ๐—ถ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฎ๐˜ ?

Mayoritas ulama berpendapat seorang faqih atau ahli qiraat didahulukan atas orang yang usianya lebih tua namun secara kefaqihan atau kemampuan bacaannya lebih rendah.[8]  Berkata al imam Nawawi rahimahullah :

ุฃู† ุงู„ุณู† ู…ู‚ุฏู… ุนู„ู‰ ุงู„ูู‚ู‡ ูˆุบูŠุฑู‡ ุญูƒุงู‡ ุงู„ุฑุงูุนูŠ ูˆู‡ูˆ ุบู„ุท ู…ู†ุงุจุฐ ู„ู„ุณู†ุฉ ุงู„ุตุญูŠุญุฉ ูˆู„ู†ุต ุงู„ุดุงูุนูŠ ูˆุงู„ุฃุตุญุงุจ ูˆุงู„ุฏู„ูŠู„

“Ada yang berpendapat usia didahulukan atas fiqh dan lainnya. Ini diriwayatkan oleh ar Rafi'i, namun pendapat ini salah karena bertentangan dengan sunnah yang shahih, dan bertentangan dengan pendapat yang kuat dari asy Syafi'i serta para sahabatnya, dan bertentangan dengan dalil.”[9]

๐—”๐—ฝ๐—ฎ ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐—ฑ๐—ถ๐—บ๐—ฎ๐—ธ๐˜€๐˜‚๐—ฑ ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ต๐—ฎ๐—ฑ๐—ถ๐˜๐˜€ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐—พ๐—ฟ๐—ฎ ?

Dalam hadits dikatakan bahwa di antara orang yang harus diutamakan untuk menjadi imam shalat adalah yang aqra terhadap kitabnya Allah. Apa yang dimaksud dengan yang paling baik bacaannya di antara mereka (aqra) di sini, apakah  bacaannya bagus meski tidak hafal atau yang hafalannya banyak ?

Nah di sini ulama berberbeda pendapat. Mari kita simak penjelasan al imam Syaukani rahimahullah berikut ini :

ูˆู‚ุฏ ุงุฎุชู„ู ููŠ ุงู„ู…ุฑุงุฏ ู…ู† ู‚ูˆู„ู‡:  ูŠุคู… ุงู„ู‚ูˆู… ุฃู‚ุฑุคู‡ู… ูู‚ูŠู„ ุงู„ู…ุฑุงุฏ ุฃุญุณู†ู‡ู… ู‚ุฑุงุกุฉ ูˆุฅู† ูƒุงู† ุฃู‚ู„ู‡ู… ุญูุธุง، ูˆู‚ูŠู„: ุฃูƒุซุฑู‡ู… ุญูุธุง ู„ู„ู‚ุฑุขู†. ูˆูŠุฏู„ ุนู„ู‰ ุฐู„ูƒ ู…ุง ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ูƒุจูŠุฑ ูˆุฑุฌุงู„ู‡ ุฑุฌุงู„ ุงู„ุตุญูŠุญ ุนู† ุนู…ุฑูˆ ุจู† ุณู„ู…ุฉ ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ุงู†ุทู„ู‚ุช ู…ุน ุฃุจูŠ ุฅู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ - ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… - ุจุฅุณู„ุงู… ู‚ูˆู…ู‡، ููƒุงู† ููŠู…ุง ุฃูˆุตุงู†ุง: ู„ูŠุคู…ูƒู… ุฃูƒุซุฑูƒู… ู‚ุฑุขู†ุง، ููƒู†ุช ุฃูƒุซุฑู‡ู… ู‚ุฑุขู†ุง ูู‚ุฏู…ูˆู†ูŠ

"Para ulama berbeda pendapat tentang maksud dari sabda Nabi: 'Yang menjadi imam adalah yang paling baik bacaannya di antara mereka.' Sebagian mengatakan bahwa yang dimaksud adalah orang yang paling baik bacaannya, meskipun hafalannya lebih sedikit. Sebagian lagi mengatakan bahwa yang dimaksud adalah orang yang paling banyak hafalannya.

 Hal ini didukung oleh riwayat yang dikeluarkan oleh Ath-Thabarani dalam Al-Kabir dengan para perawinya dari kalangan perawi hadits yang sahih, dari Amr bin Salamah, bahwa ia berkata: 'Aku pergi bersama ayahku kepada Nabi shallallahu 

'alaihi wasallam setelah kaumnya masuk Islam. Di antara wasiat Nabi adalah: Hendaknya yang menjadi imam adalah orang yang paling banyak hafalannya dari kalian. Dan aku adalah yang paling banyak hafalannya di antara mereka, maka mereka mendahulukan aku.”[10]

Sedangkan al imam Ash Shan’ani rahimahullah berkata :

ูŠูˆู… ‌ุงู„ู‚ูˆู… ‌ุฃู‚ุฑุคู‡ู… ู„ูƒุชุงุจ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุธุงู‡ุฑ ุฃู† ‌ุงู„ู…ุฑุงุฏ: ุฃูƒุซุฑู‡ู… ู„ู‡ ‌ุญูุธุง. ูˆู‚ูŠู„: ุฃุนู„ู…ู‡ู… ุจุฃุญูƒุงู…ู‡، ูˆุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุฃูˆู„ ูŠู†ุงุณุจ ุงู„ู‚ูˆู„ ุงู„ุฃูˆู„

"Yang menjadi imam suatu kaum adalah orang yang paling baik bacaannya terhadap Kitab Allah." Yang kuat maksudnya adalah orang yang paling banyak hafalannya. Ada juga yang mengatakan: orang yang paling mengetahui hukumnya. Namun hadits pertama ini lebih cocok dengan pendapat yang pertama.”[11]

๐—ž๐—ฒ๐˜€๐—ถ๐—บ๐—ฝ๐˜‚๐—น๐—ฎ๐—ป

Yang paling berhak dijadikan imam dalam sebuah moment shalat berjama’ah adalah penguasa setempat yang mengetahui tata cara shalat dengan baik. Dan bila hendak memilih imam rawatib hendaknya memperioritaskan seorang ulama yang baik bacaan shalatnya, senior dan dikenal keshalihannya.

Dan bila dihadapkan kepada pilihan, hendaknya mengutamakan yang lebih alim dalam agama asalkan bacaannya tidak buruk.

๐Ÿ“šWallahu a’lam.

________________

[1] Al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyah (6/207)

[2] Raudhatut Thalibin (1/354)

[3] Al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyah (6/207)

[4] Al Mausu’ah al Fiqihiyyah al Kuwaitiyah (6/207)

[5] Syarah Shahih al Bukhari (2/298)

[6] Syarah Shahih Muslim (5/172)

[7] Fiqh al Islami wa Adillatuhu (2/1201)

[8] Fath al Bari (2/171)

[9] Majmu’ Syarah al Muhadzdzab (4/282)

[10] Nailul Authar (3/188)

[11] Subulussalam (3/78)

Paling tidak ada 8 keadaan yang menyebabkan seseorang makruh untuk dijadikan imam shalat, diantaranya adalah : orang yang tidak disukai oleh jama'ahnya.

Namun tidak disukai di sini dijelaskan oleh para ulama adalah apabila mayoritas atau minimalnya separuh jama'ah tidak menyukainya, bukan hanya segelintir orang. Karena mustahil ada manusia yang bisa disukai oleh semua orang.

Menurut jumhur ulama seseorang tidak boleh bermakmum kepada imam yang berbeda niat shalat, semisal ada yang shalat ba'diyah lalu dijadikan sebagai imam shalat wajib karena ia terlambat masuk masjid.

Sedangkan Syafi'iyyah membolehkan hal tersebut. Yang tidak boleh itu jika sampai berbeda sifat shalatnya. Contoh : Ada yang masuk masjid untuk shalat Dzuhur dia bergabung ke sebuah jama'ah yang shalatnya cuma takbir 4 kali lalu salamnya  pun sambil berdiri. 

Tahukah anda yang paling berhak untuk menjadi imam shalat adalah orang yang paling punya otoritas di tempat tersebut. Sultan, atau amir atau qadhi. Bahkan ada pernyataan ulama telah sepakat akan hal ini. 

Asalkan pemimpin itu memenuhi syarat sah jadi imam, siapapun termasuk ulama harus minggir untuknya. Dari sini kita memahami bahwa antara keimaman politik dan agama tidaklah bisa dipisahkan begitu saja.

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Yang Berhak Dipilih Menjadi Imam". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait