๐ฌ๐๐ก๐ ๐๐๐ฅ๐๐๐ ๐๐๐ฃ๐๐๐๐ ๐ ๐๐ก๐๐๐๐ ๐๐ ๐๐
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Kita tidak boleh sembarangan dalam memilih imam shalat. Selain dari sekedar syarat sah untuk menjadi imam, hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah sisi keutamaan yang ada pada diri seseorang untuk dikedepankan memimpin shalat berjama’ah.
Apalagi jika imam tersebut akan kita jadikan sebagai pemimpin rutin shalat atau imam Rawatib, tentu harus lebih kita perhatikan. Karena baik tidaknya imam, akan sangat berdampak pada kualitas ibadah terpenting dalam kehidupan kita yakni shalat lima waktu.
Berikut ini kami awali bab ini dengan menyebutkan dulu beberapa hadits-hadits Nabi shalallahu’alaihi wassalam tentang siapa saja yang harus diutamakan untuk memimpin shalat berjama’ah. Setelah itu kita hadirkan pendapat ulama yang meramu dalil-dalilnya agar kita tidak salah menyimpulkan dalil tersebut.
Terlebih jika kemudian kita dihadapkan kepada pilihan yang mengharuskan untuk memilih salah satu yang terbaik semisal : Antara orang yang bacaannya tidak terlalu merdu namun ahli fiqih, dengan orang yang tidak ahli fiqih namun hafalannya lebih banyak dan suaranya merdu.
Hadits tentang kriteria imam yang harus diunggulkan
๐ฌ๐ฎ๐ป๐ด ๐ฝ๐ฎ๐น๐ถ๐ป๐ด ๐ฝ๐ฎ๐ป๐ฑ๐ฎ๐ถ ๐บ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฎ๐ฐ๐ฎ ๐ฎ๐น ๐ค๐๐ฟ’๐ฎ๐ป
َูุคُู ُّ ุงูููู ุฃูุฑุคูู ููุชุงุจ ุงููู، ูุฅู ูุงููุง ูู ุงููุฑุงุกุฉ ุณูุงุก ูุฃุนูู ูู ุจุงูุณูุฉ، ูุฅู ูุงููุง ูู ุงูุณูุฉ ุณูุงุก ูุฃูุฏู ูู ูุฌุฑุฉ، ูุฅู ูุงููุง ูู ุงููุฌุฑุฉ ุณูุงุก ูุฃูุฏู ูู ุณِْูู ًุง
"๐๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ข๐ญ๐ช๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฉ๐ข๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ฅ๐ช ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ ๐ฃ๐ข๐จ๐ช ๐ด๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐ฌ๐ข๐ถ๐ฎ ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ข๐ญ๐ช๐ฏ๐จ ๐ง๐ข๐ด๐ช๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข ๐๐ช๐ต๐ข๐ฃ๐ถ๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ. ๐๐ช๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ด๐ข๐ฎ๐ข ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฉ๐ข๐ญ ๐ฃ๐ข๐ค๐ข๐ข๐ฏ, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ข๐ญ๐ช๐ฏ๐จ ๐ต๐ข๐ฉ๐ถ ๐ต๐ฆ๐ฏ๐ต๐ข๐ฏ๐จ ๐ด๐ถ๐ฏ๐ฏ๐ข๐ฉ. ๐๐ช๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ด๐ข๐ฎ๐ข ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ด๐ถ๐ฏ๐ฏ๐ข๐ฉ, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ข๐ญ๐ช๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ข๐ฉ๐ถ๐ญ๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฉ๐ช๐ซ๐ณ๐ข๐ฉ. ๐๐ช๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ด๐ข๐ฎ๐ข ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฉ๐ช๐ซ๐ณ๐ข๐ฉ, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ข๐ญ๐ช๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ข๐ฉ๐ถ๐ญ๐ถ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ." (HR. Muslim)
1. Yang paling tua
َِููุคُู َُّูู ุฃَْูุจَุฑُُูู
“๐๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฌ๐ฏ๐บ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ฅ๐ช ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ข๐ญ๐ช๐ฏ๐จ ๐ต๐ถ๐ข ๐ฅ๐ช ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ." (HR. Bukhari dan Muslim)
2. Pemilik wilayah
Rasulullah ๏ทบ bersabda :
ูุง َูุคู ََّّู ุงูุฑَّุฌُُู ุงูุฑَّุฌَُู ูู ุฃِِููู ููุง ูู ุณُูุทุงِِูู
"๐๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฃ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ด๐ฆ๐ด๐ฆ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ฅ๐ช ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ ๐ข๐ต๐ข๐ด ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ญ๐ข๐ช๐ฏ ๐ฅ๐ช ๐ต๐ฆ๐ฎ๐ฑ๐ข๐ต๐ฏ๐บ๐ข ๐ข๐ต๐ข๐ถ ๐ฅ๐ช ๐ธ๐ช๐ญ๐ข๐บ๐ข๐ฉ ๐ฌ๐ฆ๐ฌ๐ถ๐ข๐ด๐ข๐ข๐ฏ๐ฏ๐บ๐ข.” (HR. Muslim)
3. Ulama
Rasulullah ๏ทบ bersabda :
ุฅْู ุณَุฑَّูู ْ ุฃْู ุชُْูุจََู ุตَูุงุชُูู ْ َْูููุคُู َّูู ْ ุนَُูู ุงุคُูู ْ ูุฅُّููู ْ َْููุฏُูู ْ ِููู ุง ุจََُْูููู ْ ูุจََْูู ุฑَุจُِّูู ْ
"๐๐ช๐ฌ๐ข ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ด๐ถ๐ฌ๐ข ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ช๐ต๐ฆ๐ณ๐ช๐ฎ๐ข, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ฉ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฌ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ ๐ฅ๐ช ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ฅ๐ช ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ, ๐ฌ๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ธ๐ข๐ฌ๐ช๐ญ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ช ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐๐ถ๐ฉ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ." (HR. Thabrani)
4. Orang terbaik
Rasulullah ๏ทบ bersabda :
ุฅِْู ุณَุฑَُّูู ْ ุฃَْู ุชُْูุจََู ุตََูุงุชُُูู ْ، ََْูููุคُู َُّูู ْ ุฎَِูุงุฑُُูู ْ، َูุฅَُِّููู ْ َْููุฏُُูู ْ ِููู َุง ุจََُْูููู ْ َูุจََْูู ุฑَุจُِّูู ْ
"๐๐ช๐ฌ๐ข ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ด๐ถ๐ฌ๐ข ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ช๐ต๐ฆ๐ณ๐ช๐ฎ๐ข, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ฉ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฌ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ ๐ฅ๐ช ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ฅ๐ช ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ, ๐ฌ๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ธ๐ข๐ฌ๐ช๐ญ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ช ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐๐ถ๐ฉ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ." (HR. Thabrani)
๐ฃ๐ฒ๐ป๐ท๐ฒ๐น๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐๐น๐ฎ๐บ๐ฎ
Selanjutnya mari kita simak penjelasan para ulama yang tentu lebih memahami dalam mengkompromikan dalil-dalil di atas tentang siapa yang paling berhak untuk dijadikan imam dalam shalat berjama’ah.
๐๐ฒ๐ฝ๐ฒ๐บ๐ถ๐บ๐ฝ๐ถ๐ป๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ต๐๐น๐๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฑ๐ฎ๐ฟ๐ถ ๐๐๐ฎ๐ฟ๐ฎ๐ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐น๐ฎ๐ถ๐ป
Para ulama menyatakan bahwa orang yang paling berhak mengimami shalat berjama’ah adalah seseorang yang memiliki kekuasaan tertinggi di tempat tersebut. Khalifah lebih berhak dari seorang sultan atau malik, sultan lebh berhak dari seorang amir dan demikian seterusnya.
Para penguasa ini didahulukan untuk menjadi imam shalat atas siapa pun, bahkan termasuk atas ulama imam setempat dan ahli-ahli qiraat. Yang tentu ini dengan syarat bahwa penguasa tersebut memenuhi syarat sah untuk menjadi imam shalat.
Disebutkan dalam al Mausu’ah :
ุงุชูู ุงููููุงุก ุนูู ุฃูู ุฅุฐุง ุงุฌุชู ุน ููู ููุงู ูููู ุฐู ุณูุทุงู، ูุฃู ูุฑ ููุงู ููุงุถ ููู ุฃููู ุจุงูุฅู ุงู ุฉ ู ู ุงูุฌู ูุน ุญุชู ู ู ุตุงุญุจ ุงูู ูุฒู ูุฅู ุงู ุงูุญู، ููุฐุง ุฅุฐุง ูุงู ู ุณุชุฌู ุนุง ูุดุฑูุท ุตุญุฉ ุงูุตูุงุฉ ูุญูุธ ู ูุฏุงุฑ ุงููุฑุถ ู ู ุงููุฑุงุกุฉ ูุงูุนูู ุจุฃุฑูุงู ุงูุตูุงุฉ، ุญุชู ููู ูุงู ุจูู ุงูููู ู ู ูู ุฃููู ุฃู ุฃูุฑุฃ ู ูู، ูุฃู ููุงูุชู ุนุงู ุฉ، ููุฃู ุงุจู ุนู ุฑ ูุงู ูุตูู ุฎูู ุงูุญุฌุงุฌ
“Para fuqaha sepakat bahwa apabila suatu kaum berkumpul dan di antara mereka ada seseorang yang memiliki otoritas, seperti seorang amir, wali kota, atau qadhi, maka ia lebih berhak menjadi imam shalat dari pada yang lainnya, bahkan dibandingkan dengan tuan rumah atau imam masjid setempat.
Ini berlaku jika ia memenuhi syarat-syarat sahnya shalat, seperti hafal bacaan wajib dan mengetahui rukun-rukun shalat. Meskipun di antara mereka ada yang lebih faqih atau lebih baik bacaannya darinya, karena kekuasaannya bersifat umum. Sebagaimana Abdullah bin Umar pernah shalat di belakang Al Hajjaj.”[1]
Dari sini kita memahami bahwa dalam Islam antara kekuasaan (keimaman) dalam urusan “dunia” dengan agama tidaklah bisa dipisahkan.
๐๐ฎ๐น ๐๐๐ฎ๐บ๐ฎ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐บ๐ฒ๐ป๐ท๐ฎ๐ฑ๐ถ๐ธ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐๐ฒ๐ผ๐ฟ๐ฎ๐ป๐ด ๐น๐ฒ๐ฏ๐ถ๐ต ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐ต๐ฎ๐ธ ๐ฑ๐ถ๐ท๐ฎ๐ฑ๐ถ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ถ๐บ๐ฎ๐บ
Kondisi kedua, para ulama menyatakan bahwa yang diutamakan dari yang lain untuk menjadi imam shalat itu adalah orang yang memiliki beberapa hal berikut ini yang terkumpul padanya. Yakni, kefaqihan, bacaan yang bagus, wara’, usia, nasab dan hijrah. Berkata al imam Nawawi rahimahullah
ุงูุฃุณุจุงุจ ุงูุชู ูุชุฑุฌุญ ุจูุง ุงูุฅู ุงู ุณุชุฉ: ุงูููู، ูุงููุฑุงุกุฉ، ูุงููุฑุน، ูุงูุณู، ูุงููุณุจ، ูุงููุฌุฑุฉ
“Sebab-sebab yang membuat imam lebih diutamakan ada enam yaitu kefakihan, kefasihan/qiraat, kewara'an, usia, nasab dan hijrah.”[2]
Dalam al Mausu’ah dinyatakan :
ููุง ุฎูุงู ูู ุชูุฏูู ุงูุฃุนูู ูุงูุฃูุฑุฃ ุนูู ุณุงุฆุฑ ุงููุงุณ، ููู ูุงู ูู ุงูููู ู ู ูู ุฃูุถู ู ูู ูู ุงููุฑุน ูุงูุณู ูุณุงุฆุฑ ุงูุฃูุตุงู
“Tidak ada perbedaan pendapat di antara ulama dalam mendahulukan orang yang paling berilmu dan paling baik bacaannya atas orang-orang lainnya, meskipun di antara mereka ada yang lebih utama dalam hal wara', usia, dan sifat-sifat lainnya.”[3]
๐๐ถ๐ธ๐ฎ ๐ฎ๐ฑ๐ฎ ๐ฝ๐ฒ๐ฟ๐ฏ๐ฒ๐ฑ๐ฎ๐ฎ๐ป ๐ธ๐ฟ๐ถ๐๐ฒ๐ฟ๐ถ๐ฎ
Namun bagaimanakah masalahnya bila kondisi ideal itu tidak berkumpul dalam diri seseorang ? Atau ada beberapa orang yang saling memiliki kelebihan berbeda dalam hal di atas ? Semisal antara yang faqih atau ahli agama tapi secara hafalan masih kalah dengan orang yang kedua. Yang mana orang kedua ini hafalannya sempurna namun secara kefaqihan kalah oleh orang yang pertama.
Di sini ulama berbeda pendapat. Ada yang mengunggulkan qari atas faqih. Namun mayoritas ulama berpendapat bahwa ahli fiqih lebih didahulukan dari orang yang qari atau yang baik bacaannya.[4]
Al imam Ibnu Batthal rahimahullah berkata :
ุงุฎุชูู ุงูุนูู ุงุก ูู ู ู ุฃููู ุจุงูุฅู ุงู ุฉ، ููุงูุช ุทุงุฆูุฉ: ูุคู ุงูููู ุฃุนูู ูู ูุฃูุถููู ، ูุงู ุนุทุงุก: ูุคู ุงูููู ุฃููููู ، ูุฅู ูุงููุง ูู ุงูููู ุณูุงุก ูุฃูุฑุคูู ، ูุฅู ูุงููุง ูู ุงูููู ูุงููุฑุงุกุฉ ุณูุงุก َูุฃَุณَُّููู . ูุงู ู ุงูู، ูุงูุฃุฒูุงุนู، ูุงูุดุงูุนู: ูุคู ุงูููู ุฃููููู ، ููู ููู ุฃุจู ุซูุฑ. ููุงู ุงูููุซ: ูุคู ูู ุฃูุถููู ูุฎูุฑูู . ููุงูุช ุทุงุฆูุฉ: ุงููุงุฑุฆ ุฃููู ู ู ุงููููู، ูุฐุง ููู ุงูุซูุฑู، ูุฃุจู ุญูููุฉ، ูุฃุญู ุฏ، ูุฅุณุญุงู. ูุงุญุชุฌูุง ุจู ุง ุฑูุงู ุงูุฃุนู ุด، ูุดุนุจุฉ، ุนู ุฅุณู ุงุนูู ุจู ุฑุฌุงุก
“Para ulama berbeda pendapat tentang siapa yang lebih berhak menjadi imam dalam shalat. Sebagian ulama mengatakan: Yang menjadi imam adalah orang yang paling berilmu dan paling utama di antara mereka. Atha’ mengatakan: Yang menjadi imam adalah orang yang paling faqih, jika mereka sama dalam hal kefaqihan, maka yang lebih berhak adalah yang paling baik bacaannya, dan jika mereka sama dalam hal kefaqihan dan bacaan, maka yang lebih berhak adalah yang lebih tua usianya.
Malik, al Auza’i, dan Asy Syafi'i mengatakan : Yang menjadi imam adalah orang yang paling faqih di antara mereka, dan ini adalah pendapat Abu Tsaur. Al Laits mengatakan: Yang menjadi imam adalah yang paling utama dan paling baik di antara mereka (yang paling shalih).
Sebagian ulama lain mengatakan: Orang yang paling ahli dalam membaca al Qur'an lebih berhak menjadi imam dibandingkan yang faqih, dan ini adalah pendapat Ats-Tsauri, Abu Hanifah, Ahmad, dan Ishaq.”[5]
Al imam Nawawi juga turut menjelaskan tentang masalah ini, beliau berkata :
ูููู ุจุชูุฏูู ุงูุฃูุฑุฃ ุนูู ุงูุฃููู ููู ู ุฐูุจ ุฃุจู ุญูููุฉ ูุฃุญู ุฏ ูุจุนุถ ุฃุตุญุงุจูุง ููุงู ู ุงูู ูุงูุดุงูุนู ูุฃุตุญุงุจูู ุง ุงูุฃููู ู ูุฏู ุนูู ุงูุฃูุฑุฃ ูุฃู ุงูุฐู ูุญุชุงุฌ ุฅููู ู ู ุงููุฑุงุกุฉ ู ุถุจูุท ูุงูุฐู ูุญุชุงุฌ ุฅููู ู ู ุงูููู ุบูุฑ ู ุถุจูุท ููุฏ ูุนุฑุถ ูู ุงูุตูุงุฉ ุฃู ุฑ ูุง ููุฏุฑ ุนูู ู ุฑุงุนุงุฉ ุงูุตูุงุจ ููู ุฅูุง ูุงู ู ุงูููู ูุงููุง ูููุฐุง ูุฏู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ุฃุจุง ุจูุฑ ุฑุถู ุงููู ุนูู ูู ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูุจุงููู
"Pendapat yang mengedepankan orang yang lebih baik bacaannya atas orang yang lebih faqih adalah madzhab Abu Hanifah, Ahmad, dan sebagian ulama kami. Sedangkan Malik, Asy Syafi'i, dan para pengikut mereka mengatakan bahwa orang yang lebih faqih didahulukan atas orang yang lebih baik bacaannya.
Sebab, bacaan yang dibutuhkan sudah terukur, sementara kefaqihan yang dibutuhkan tidak terukur. Mungkin saja terjadi dalam shalat suatu perkara yang tidak dapat diputuskan dengan tepat kecuali oleh orang yang sempurna kefaqihannya. Mereka juga berkata: Oleh karena itulah Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mendahulukan Abu Bakar radhiyallahu 'anhu sebagai imam shalat di atas yang lainnya.”[6]
Syaikh Wahbah Zuhaili meski menyebutkan pendapat yang berbeda dari para ulama madzhab, beliau memberikan tarjihnya dengan mengatakan :
ุงูุฃุญู ุจุงูุฅู ุงู ุฉ: ุฃุญู ุงููุงุณ ุจุงูุฅู ุงู ุฉ ูู ุธุฑูููุง ุงูุญุงุถุฑุฉ: ูู ุงูุฃููู ุงูุฃุนูู ุจุฃุญูุงู ุงูุตูุงุฉ، ููุฐุง ูู ุงูู ูููู ูููุง
“Orang yang paling berhak menjadi imam dalam kondisi kita saat ini adalah yang paling faqih dan yang paling mengetahui hukum-hukum shalat. Inilah yang dipahami secara fiqh.”[7]
๐๐ฎ๐ด๐ฎ๐ถ๐บ๐ฎ๐ป๐ฎ ๐ฑ๐ฒ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐๐๐ถ๐ฎ ๐๐ ๐ณ๐ฎ๐พ๐ถ๐ต ๐ฎ๐๐ฎ๐ ๐ฎ๐ต๐น๐ถ ๐พ๐ถ๐ฟ๐ฎ๐ฎ๐ ?
Mayoritas ulama berpendapat seorang faqih atau ahli qiraat didahulukan atas orang yang usianya lebih tua namun secara kefaqihan atau kemampuan bacaannya lebih rendah.[8] Berkata al imam Nawawi rahimahullah :
ุฃู ุงูุณู ู ูุฏู ุนูู ุงูููู ูุบูุฑู ุญูุงู ุงูุฑุงูุนู ููู ุบูุท ู ูุงุจุฐ ููุณูุฉ ุงูุตุญูุญุฉ ูููุต ุงูุดุงูุนู ูุงูุฃุตุญุงุจ ูุงูุฏููู
“Ada yang berpendapat usia didahulukan atas fiqh dan lainnya. Ini diriwayatkan oleh ar Rafi'i, namun pendapat ini salah karena bertentangan dengan sunnah yang shahih, dan bertentangan dengan pendapat yang kuat dari asy Syafi'i serta para sahabatnya, dan bertentangan dengan dalil.”[9]
๐๐ฝ๐ฎ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ฑ๐ถ๐บ๐ฎ๐ธ๐๐๐ฑ ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐บ ๐ต๐ฎ๐ฑ๐ถ๐๐ ๐ฑ๐ฒ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐ฎ๐พ๐ฟ๐ฎ ?
Dalam hadits dikatakan bahwa di antara orang yang harus diutamakan untuk menjadi imam shalat adalah yang aqra terhadap kitabnya Allah. Apa yang dimaksud dengan yang paling baik bacaannya di antara mereka (aqra) di sini, apakah bacaannya bagus meski tidak hafal atau yang hafalannya banyak ?
Nah di sini ulama berberbeda pendapat. Mari kita simak penjelasan al imam Syaukani rahimahullah berikut ini :
ููุฏ ุงุฎุชูู ูู ุงูู ุฑุงุฏ ู ู ูููู: ูุคู ุงูููู ุฃูุฑุคูู ูููู ุงูู ุฑุงุฏ ุฃุญุณููู ูุฑุงุกุฉ ูุฅู ูุงู ุฃูููู ุญูุธุง، ูููู: ุฃูุซุฑูู ุญูุธุง ูููุฑุขู. ููุฏู ุนูู ุฐูู ู ุง ุฑูุงู ุงูุทุจุฑุงูู ูู ุงููุจูุฑ ูุฑุฌุงูู ุฑุฌุงู ุงูุตุญูุญ ุนู ุนู ุฑู ุจู ุณูู ุฉ ุฃูู ูุงู: ุงูุทููุช ู ุน ุฃุจู ุฅูู ุงููุจู - ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู - ุจุฅุณูุงู ููู ู، ููุงู ููู ุง ุฃูุตุงูุง: ููุคู ูู ุฃูุซุฑูู ูุฑุขูุง، ูููุช ุฃูุซุฑูู ูุฑุขูุง ููุฏู ููู
"Para ulama berbeda pendapat tentang maksud dari sabda Nabi: 'Yang menjadi imam adalah yang paling baik bacaannya di antara mereka.' Sebagian mengatakan bahwa yang dimaksud adalah orang yang paling baik bacaannya, meskipun hafalannya lebih sedikit. Sebagian lagi mengatakan bahwa yang dimaksud adalah orang yang paling banyak hafalannya.
Hal ini didukung oleh riwayat yang dikeluarkan oleh Ath-Thabarani dalam Al-Kabir dengan para perawinya dari kalangan perawi hadits yang sahih, dari Amr bin Salamah, bahwa ia berkata: 'Aku pergi bersama ayahku kepada Nabi shallallahu
'alaihi wasallam setelah kaumnya masuk Islam. Di antara wasiat Nabi adalah: Hendaknya yang menjadi imam adalah orang yang paling banyak hafalannya dari kalian. Dan aku adalah yang paling banyak hafalannya di antara mereka, maka mereka mendahulukan aku.”[10]
Sedangkan al imam Ash Shan’ani rahimahullah berkata :
ููู ุงูููู ุฃูุฑุคูู ููุชุงุจ ุงููู ุงูุธุงูุฑ ุฃู ุงูู ุฑุงุฏ: ุฃูุซุฑูู ูู ุญูุธุง. ูููู: ุฃุนูู ูู ุจุฃุญูุงู ู، ูุงูุญุฏูุซ ุงูุฃูู ููุงุณุจ ุงูููู ุงูุฃูู
"Yang menjadi imam suatu kaum adalah orang yang paling baik bacaannya terhadap Kitab Allah." Yang kuat maksudnya adalah orang yang paling banyak hafalannya. Ada juga yang mengatakan: orang yang paling mengetahui hukumnya. Namun hadits pertama ini lebih cocok dengan pendapat yang pertama.”[11]
๐๐ฒ๐๐ถ๐บ๐ฝ๐๐น๐ฎ๐ป
Yang paling berhak dijadikan imam dalam sebuah moment shalat berjama’ah adalah penguasa setempat yang mengetahui tata cara shalat dengan baik. Dan bila hendak memilih imam rawatib hendaknya memperioritaskan seorang ulama yang baik bacaan shalatnya, senior dan dikenal keshalihannya.
Dan bila dihadapkan kepada pilihan, hendaknya mengutamakan yang lebih alim dalam agama asalkan bacaannya tidak buruk.
๐Wallahu a’lam.
________________
[1] Al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyah (6/207)
[2] Raudhatut Thalibin (1/354)
[3] Al Mausu’ah al Fiqhiyyah al Kuwaitiyah (6/207)
[4] Al Mausu’ah al Fiqihiyyah al Kuwaitiyah (6/207)
[5] Syarah Shahih al Bukhari (2/298)
[6] Syarah Shahih Muslim (5/172)
[7] Fiqh al Islami wa Adillatuhu (2/1201)
[8] Fath al Bari (2/171)
[9] Majmu’ Syarah al Muhadzdzab (4/282)
[10] Nailul Authar (3/188)
[11] Subulussalam (3/78)
Paling tidak ada 8 keadaan yang menyebabkan seseorang makruh untuk dijadikan imam shalat, diantaranya adalah : orang yang tidak disukai oleh jama'ahnya.
Namun tidak disukai di sini dijelaskan oleh para ulama adalah apabila mayoritas atau minimalnya separuh jama'ah tidak menyukainya, bukan hanya segelintir orang. Karena mustahil ada manusia yang bisa disukai oleh semua orang.
Menurut jumhur ulama seseorang tidak boleh bermakmum kepada imam yang berbeda niat shalat, semisal ada yang shalat ba'diyah lalu dijadikan sebagai imam shalat wajib karena ia terlambat masuk masjid.
Sedangkan Syafi'iyyah membolehkan hal tersebut. Yang tidak boleh itu jika sampai berbeda sifat shalatnya. Contoh : Ada yang masuk masjid untuk shalat Dzuhur dia bergabung ke sebuah jama'ah yang shalatnya cuma takbir 4 kali lalu salamnya pun sambil berdiri.
Tahukah anda yang paling berhak untuk menjadi imam shalat adalah orang yang paling punya otoritas di tempat tersebut. Sultan, atau amir atau qadhi. Bahkan ada pernyataan ulama telah sepakat akan hal ini.
Asalkan pemimpin itu memenuhi syarat sah jadi imam, siapapun termasuk ulama harus minggir untuknya. Dari sini kita memahami bahwa antara keimaman politik dan agama tidaklah bisa dipisahkan begitu saja.
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq