๐ฃ๐๐ก๐ง๐๐ก๐๐ก๐ฌ๐ ๐ ๐๐ก๐๐๐ง๐๐๐จ๐ ๐๐๐ค๐๐ ๐ฃ๐๐ฅ๐๐๐๐๐๐ก
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
ุฅِุฐَุง َุงุฌْุชََูุฏَ ุงْูุญَุงِูู ُ َูุฃَุตَุงุจَ ََُููู ุฃَุฌْุฑَุงِู َูุฅِุฐَุง ุงุฌْุชََูุฏَ ุซُู َّ ุฃَุฎْุทَุฃَ ََُููู ุฃَุฌْุฑٌ
“Jika seorang ulama berijtihad lalu benar, maka ia berhak mendapat dua pahala, namun jika ia berijtihad lalu salah, maka ia mendapat satu pahala.” (HR. Bukhari)
Al Imam Qatadah rahimahullah berkata :
ู ู ูู ูุนุฑู ุงูุงุฎุชูุงู ูู ูุดู ุฑุงุฆุญุฉ ุงูููู ุจุฃููู
“Orang yang tidak mengetahui perbedaan pendapat ulama, maka hidungnya belum mencium baunya fiqih.”[1]
Imam Sa'id bin Abu 'Arubah rahimahullah Berkata :
ู ู ูู ูุณู ุน ุงูุงุฎุชูุงู ููุง ุชุนุฏูู ุนุงูู ุง
"Orang yang belum biasa mendengarkan perbedaan ulama, maka jangan kalian anggap ia orang alim.”[2]
Al imam Hisyam bin Ubaidillah Ar Razi rahimahullah berkata :
ู ู ูู ูุนุฑู ุงุฎุชูุงู ุงููุฑุงุก، ูููุณ ุจูุงุฑูุก، ูู ู ูู ูุนุฑู ุงุฎุชูุงู ุงููููุงุก، ูููุณ ุจูููู
"Orang yang belum tahu perbedaan antara ulama' ahli al Qur'an, maka belum dianggap sebagai qari (ahli bacaan al qur'an), begitu juga orang yang belum mengetahui perbedaan diantara para fuqaha' tidak dikatakan sebagai seorang ahli fiqih.”[3]
Al Imam Atha’ bin Abi rabbah rahimahullah berkata :
ูุง ููุจุบู ูุฃุญุฏ ุฃู ููุชู ุงููุงุณ ุญุชู ูููู ุนุงูู ุงً ุจุงุฎุชูุงู ุงููุงุณ، ูุฅูู ุฅู ูู ููู ูุฐูู، ุฑุฏّ ู ู ุงูุนูู ู ุง ูู ุฃูุซู ู ู ุงูุฐู ูู ูุฏูู
"Tidak sepatutnya seseorang memberikan fatwa kepada orang lain sampai ia mengetahui perbedaan pendapat di antara manusia. Jika tidak demikian, bisa saja ia menolak dari ilmu apa yang lebih kuat daripada yang ada padanya."[4]
Al imam Sufyan bin Uyainah rahimahullah berkata :
ุฃุฌุณุฑ ุงููุงุณ ุนูู ุงููุชูุง ุฃูููู ุนูู ุง ุจุงุฎุชูุงู ุงูุนูู ุงุก
"Orang yang paling berani memberikan fatwa adalah orang yg paling sedikit pengetahuannya mengenai perbedaan pendapat ulama.”[5]
Al imam Malik rahimahullah berkata :
ุฅَّู ุงุฎุชูุงู ุงูุนูู ุงุก ุฑุญู ุฉ ู ู ุงููู ุชุนุงูู ุนูู ูุฐู ุงูุฃู ุฉ، ٌّูู ูุชุจุน ู ุง ุตุญَّ ุนูุฏู، ููููู ุนูู ุงููุฏู، ٌّููู ูุฑูุฏ ุงููู ุชุนุงู.
"Sesungguhnya perbedaan pendapat di kalangan para ulama adalah rahmat dari Allah kepada umat ini. Masing-masing mengikuti apa yang dianggap benar menurutnya, dan semua berada di atas petunjuk, serta masing-masing ingin meraih keridhaan Allah."[6]
Beliau juga pernah ditanya :
ุณุฆู ู ุงูู، ููู ูู: ูู ู ุชุฌูุฒ ุงููุชูู ูุงู ูุง ุชุฌูุฒ ุงููุชูู ุฅูุง ูู ู ุนูู ู ุง ุงุฎุชูู ุงููุงุณ ููู
"Siapakah orang yang berhak berfatwa ?' Beliau menjawab : "Memberikan fatwa hanya diperbolehkan bagi orang yang telah mengetahui perbedaan ulama' dalam suatu permasalahan.”[7]
Al imam Ayyub Asy Syikhtiyani rahimahullah berkata :
ุฃุฌุณุฑ ุงููุงุณ ุนูู ุงููุชูุง ุฃูููู ุนูู ًุง ุจุงุฎุชูุงู ุงูุนูู ุงุก، ูุฃู ุณู ุงููุงุณ ุนู ุงููุชูุง ุฃุนูู ูู ุจุงุฎุชูุงู ุงูุนูู ุงุก
"Orang yang paling berani dalam memberikan fatwa adalah orang yang paling sedikit ilmunya tentang perbedaan pendapat di kalangan ulama, sedangkan orang yang paling berhati-hati dalam memberikan fatwa adalah orang yang paling tahu tentang perbedaan pendapat di kalangan ulama."[8]
Beliau juga berkata :
ูุง ููุจุบู ูู ู ูุง ูุนุฑู ุงูุงุฎุชูุงู ุฃู ููุชู، ููุง ูุฌูุฒ ูู ู ูุง ูุนูู ุงูุฃููุงู ุฃู ูููู: ูุฐุง ุฃุญุจ ุฅูู
"Tidak sepatutnya bagi seseorang yang tidak mengetahui perbedaan pendapat untuk memberikan fatwa, dan tidak boleh bagi seseorang yang tidak mengetahui berbagai pendapat untuk mengatakan: ini lebih saya sukai."[9]
Al imam Qabishah bin Uqbah rahimahullah berkata :
ูุง ูููุญ ู ู ูุง ูุนุฑู ุงุฎุชูุงู ุงููุงุณ
"Tidak akan beruntung orang yang tidak mengetahui perbedaan pendapat di antara manusia."[10]
Al imam Suyuthi rahimahullah berkata :
ุงุนูู ุฃู ุงุฎุชูุงู ุงูู ุฐุงูุจ ูู ุงููู ูุฉ ูุนู ุฉ ูุจูุฑุฉ ููุถููุฉ ุนุธูู ุฉ، ููู ุณุฑ ูุทูู ุฃุฏุฑูู ุงูุนุงููู ูู ูุนู ู ุนูู ุงูุฌุงูููู
“Ketahuilah, sesungguhnya perbedaan pandangan antar madzhab dalam agama adalah nikmat yang besar dan keutamaan yang agung. Di dalamnya terdapat rahasia yang halus, yang diketahui oleh orang-orang berilmu tapi biasanya tidak oleh orang - orang bodoh." [11]
Wallahu a’lam.
___________
[1] Jami’ Bayan Ilmuw a Fadhlihi (2/814)
[2] Jami’ Bayan Ilmuw a Fadhlihi (2/815)
[3] Nihayah al Mathlab hal. 201
[4] Nihayah al Mathlab hal. 201
[5] Al Muawafaqat (5/123)
[6] Hasyiah Ibnu Abidin (1/68)
[7] Jami’ Bayanul Ilmi wa Fadhlihi (2/817)
[8] Zuhud wa Ar Raqaid hal. 125
[9] Al Muafaqat (5/123)
[10] Tarikh bin Ma’in (4/217)
[11] Jazil al Mawahib hal. 20
Baca juga kajian tentang ikhtilaf berikut :
- Guru dan Murid Berbeda Pendapat
- Perbedaan Antara Ushul Fiqh dan Fiqih
- Mengapa Berat Menerima Perbedaan?
- Beda Pendapat Antar Umat
- Perbedaan Tentang Batasan Bidah
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq