Pembagian Bid'ah Menurut Jumhur Ulama

Pembagian Bidah Menurut Jumhur Ulama

๐—ฃ๐—˜๐— ๐—•๐—”๐—š๐—œ๐—”๐—ก ๐—•๐—œ๐——’๐—”๐—› ๐— ๐—˜๐—ก๐—จ๐—ฅ๐—จ๐—ง ๐—๐—จ๐— ๐—›๐—จ๐—ฅ ๐—จ๐—Ÿ๐—”๐— ๐—”

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Diantara hal yang tidak diketahui oleh kebanyakan mereka yang mudah menuduh bid’ah amalan orang lain adalah bahwa pada kenyataanya mayoritas ulama justru masih mengklasifikasikan bid’ah itu menjadi beberapa bagian.

Selama ini mereka menganggap bahwa pernyataan bahwa tidak semua perkara bid’ah itu berarti sesat, sebagai pendapat yang didasari hawa nafsu dan tanpa landasan ilmu. 

Padahal, jika mereka ini mau sedikit serius mengkaji masalah ini, mereka tidak akan mudah menuduh dan melontarkan vonis keji terhadap pendapat orang lain yang berseberangan dengan mereka.

Karena istilah bid’ah Hasanah itu hal yang sangat lazim dan banyak digunakan oleh para ahli ilmu dalam menjelaskan sebagian status perkara dalam kitab-kitab mereka.

Berikut ini kami himpunkan beberapa pendapat para imam kaum muslimin dari lintas madzhab yang empat yang mana tidaklah diragukan lagi kedudukan mereka di tengah-tengah umat, selamat menyimak.

๐Ÿญ. ๐—จ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ๐˜‡๐—ต๐—ฎ๐—ฏ ๐—›๐—ฎ๐—ป๐—ฎ๐—ณ๐—ถ๐˜†๐—ฎ๐—ต

Al imam Ibnu Abidin rahimahullah berkata :

ู‡ุฐุง ู„ุง ุจุฃุณ ุจูƒุชุงุจุฉ ุฃุณุงู…ูŠ ุงู„ุณูˆุฑ ูˆุนุฏ ุงู„ุขูŠ ูˆุนู„ุงู…ุงุช ุงู„ูˆู‚ู ูˆู†ุญูˆู‡ุง ูู‡ูŠ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

“Maka hal ini tidak mengapa seperti menulis nama-nama surah al Qur’an, menyebutkan nomor ayatnya, tanda waqaf dan hal semisal karena termasuk perkara bid’ah hasanah.”[1]

Al Imam Badrudin al ‘Aini rahimahullah berkata :

ูˆุงู„ุจุฏุนุฉ ู„ุบุฉ ูƒู„ ุดَุฆ ุนู…ู„ ุนู„ู‰ ุบูŠุฑ ู…ุซุงู„ ุณุงุจู‚، ูˆุดุฑุนًุง ุฅุญุฏุงุซ ู…ุง ู„ู… ูŠูƒู† ู„ู‡ ุฃุตู„ ููŠ ุนู‡ุฏ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ - ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… - ูˆู‡ู‰ ุนู„ู‰ ู‚ุณู…ูŠู†: ุจุฏุนุฉ ุถู„ุงู„ุฉ، ูˆุจุฏุนุฉ ุญุณู†ุฉ، ูˆู‡ู‰ ู…ุง ุฑุขู‡ ุงู„ู…ุณู„ู…ูˆู† ุญุณู†ًุง، ูˆู„ุง ูŠูƒูˆู† ู…ุฎุงู„ูًุง ู„ู„ูƒุชุงุจ ุฃูˆ ุงู„ุณู†ุฉ ุฃูˆ ุงู„ุฅุฌู…ุงุน

“Bid’ah secara bahasa adalah segala sesuatu dari pekerjaan yang tidak ada pendahulunya sebelumnya. Sedangkan secara istilah syar’i adalah hal baru yang tidak ada sumbernya di masa Nabi shalallahu’alaihi wassalam.

 Dan itu terbagi menjadi dua : Bid’ah yang sesat dan bid’ah yang baik. Bid’ah yang baik adalah apa yang dinilai baik oleh muslimin yang keadaannya tidak menyelisihi al Kitab, as Sunnah, dan Ijma’.”

Syaikh Nuruddin Abul Hasan al Qari rahimahullah berkata :

ูˆุงู„ู‚ุตุฏ ู…ุน ุงู„ุชู„ูุธ ุจู…ุง ูŠุฏู„ ุนู„ูŠู‡ ุฃูุถู„ ู…ู†ู‡ ุจู„ุง ุชู„ูุธ، ู„ุฃู† ุงู„ู„ุณุงู† ุชุฑุฌู…ุงู† ุงู„ุฌู†ุงู†، ูˆู‡ุฐุง ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ ุงุณุชุญุณู†ู‡ุง ุงู„ู…ุดุงูŠุฎ ู„ู„ุชู‚ูˆูŠุฉ، ุฃูˆ ู„ุฏูุน ุงู„ูˆุณูˆุณุฉ

“Adapun tujuan melafadzkan niat dengan tujuan tersebut, maka ia lebih baik dari tidak melafadzkan. Karena lisan itu akan menuntun hati. Dan ini termasuk perkara bid’ah yang baik, para ulama menganggapnya sebagai hal baik karena bisa menguatkan hati dan menghilangkan keraguan.”[2]

Syaikh Muhammad bin Ali al Askafi rahimahullah berkata :

ุฅุธู‡ุงุฑ ุฅุนุฑุงุจู‡، ุจู‡ ูŠุญุตู„ ุงู„ุฑูู‚ ุฌุฏุง ุฎุตูˆุตุง ู„ู„ุนุฌู… ููŠุณุชุญุณู† ูˆุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ู„ุง ุจุฃุณ ุจูƒุชุงุจุฉ ุฃุณุงู…ูŠ ุงู„ุณูˆุฑ ูˆุนุฏ ุงู„ุขูŠ ูˆุนู„ุงู…ุงุช ุงู„ูˆู‚ู ูˆู†ุญูˆู‡ุง ูู‡ูŠ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

 “Menyebutkan I’rabnya (dengan memberikan titik dan baris pada mushaf al Qur’an), atau menguraikan hal -hal yang tidak dipahami oleh orang-orang selain Arab, maka ini adalah hal yang baik. Dan juga tidak mengapa menuliskan nama-nama surah, jumlah ayat, tanda waqaf dan hal semisalnya karena ini termasuk perbuatan bid’ah yang baik.”[3]

Syaikh Husain bin Ali as Saghnafi rahimahullah berkata :

ูู‡ูˆ ูˆุฅู† ูƒุงู† ุฅุญุฏุงุซًุง ูู‡ูˆ ุจุฏุนุฉ ุญุณู†ุฉ، ูˆูƒู… ู…ู† ุดูŠุก ูŠุฎุชู„ู ุจุงุฎุชู„ุงู ุงู„ุฒู…ุงู† ูˆุงู„ู…ูƒุงู†

 “...Maka perkara ini jika ia dianggap sebagai hal baru, dia adalah bid’ah hasanah. Dan berapa banyak perkara yang hukumnya berbeda karena perbedaan waktu dan tempat.”[4]

Syaikh Ibnu Najim al Mishri rahimahullah berkata :

ูˆุฒุงุฏ ููŠ ุดุฑุญ ุงู„ู…ู†ูŠุฉ ุฃู†ู‡ ู„ู… ูŠู†ู‚ู„ ุนู† ุงู„ุฃุฆู…ุฉ ุงู„ุฃุฑุจุนุฉ ุฃูŠุถุง ูุชุญุฑุฑ ู…ู† ู‡ุฐุง ุฃู†ู‡ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ ุนู†ุฏ ู‚ุตุฏ ุฌู…ุน ุงู„ุนุฒูŠู…ุฉ

“...Dan ada keterangan tambahan dalam kitab Syarh al Maniyah bahwa perkara ini juga tidak dinukil dari satu pun ulama madzhab yang empat, maka kesimpulan tentang hal ini ia termasuk bid’ah hasanah karena membantu untuk menguatkan tekad di dalam hati.”[5]

Beliau juga berkata :

ูƒุงู† ููŠ ุฃูŠุงู… ุงู„ุณู„ุทุงู† ุงู„ู†ุงุตุฑ ุตู„ุงุญ ุงู„ุฏูŠู† ...ูˆุงู„ุตูˆุงุจ ู…ู† ุงู„ุฃู‚ูˆุงู„ ุฃู†ู‡ุง ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

 “Hal tersebut (adanya muadzin yang membangunkan untuk shalat malam) terjadi di masa sultan Shalahuddin... Dan yang benar menurut ini adalah termasuk bid’ah hasanah.”[6]

Al imam Hasan Sindi rahimahullah :

‌ุฃุฑูŠุฏ ‌ุจู‡ุง ‌ู…ุง ‌ู„ูŠุณ ‌ู„ู‡ ‌ุฃุตู„ ‌ููŠ ‌ุงู„ุฏูŠู† ‌ูˆุฃู…ุง ‌ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ‌ุงู„ู…ูˆุงูู‚ุฉ ‌ู„ุฃุตูˆู„ ‌ุงู„ุฏูŠู† ูุบูŠุฑ ุฏุงุฎู„ุฉ ููŠู‡ุง ูˆุฅู† ุฃุญุฏุซุช ุจุนุฏู‡

“Yang dimaksudkan (bid’ah) adalah perkara yang tidak memiliki asal dalam agama. Adapun perkara yang masih bersesuaian dengan asal agama dan kaidah-kaidanya maka itu tidak masuk ke dalam perkara bid’ah meskipun itu perkara baru yang dikerjakan setelah beliau shalallahu’alaihi wassalam.”[7]

๐Ÿฎ. ๐—จ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ๐˜‡๐—ต๐—ฎ๐—ฏ ๐— ๐—ฎ๐—น๐—ถ๐—ธ๐—ถ๐˜†๐—ฎ๐—ต

Al Imam az Zarqani rahimahullah berkata :

ูุณู…ุงู‡ุง ุจุฏุนุฉ...  ‌ูˆู‡ูŠ ‌ู„ุบุฉ: ‌ู…ุง ‌ุฃุญุฏุซ ‌ุนู„ู‰ ‌ุบูŠุฑ ‌ู…ุซุงู„ ‌ุณุจู‚، ูˆุชุทู„ู‚ ุดุฑุนًุง ุนู„ู‰ ู…ู‚ุงุจู„ ุงู„ุณู†ุฉ، ูˆู‡ูŠ ู…ุง ู„ู… ูŠูƒู† ููŠ ุนู‡ุฏู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุซู… ุชู†ู‚ุณู… ุฅู„ู‰ ุงู„ุฃุญูƒุงู… ุงู„ุฎู…ุณุฉ

“Itu dinamakan Bid’ah .. Secara bahasa bid’ah adalah perkara yang tidak ada contoh sebelumnya. Dan secara istilah syar’i yaitu perkara yang bertentangan dengan sunnah.  Yaitu yang tidak ada di masa Nabi shalallahu’alaihhi wassalam. Dan hukum bid’ah terbagi menjadi lima hukum...”[8]

Al imam ad Dusuqi rahimahullah berkata :

ูƒู…ุง ุฃู† ู…ุง ูŠูุนู„ ู„ูŠู„ุง ู…ู† ุงู„ุงุณุชุบูุงุฑุงุช ูˆุงู„ุชุณุงุจูŠุญ ูˆุงู„ุชูˆุณู„ุงุช ูู‡ูˆ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

“..Sebagaimana yang dilakukan di malam hari (yang dibaca oleh muadzin) berupa istighfar, tasbih dan doa-doa ini adalah bid’ah yang baik.”[9]

Al imam ar Ru’aini rahimahullah berkata :

ูˆุงู„ุญุงุตู„ ุฃู† ุงู„ุชุณุจูŠุญ ูˆุงู„ุชุฐูƒูŠุฑ ู…ุญุฏุซ ู‚ุทุนุง ูˆุฅู†ู…ุง ุงู„ุฎู„ุงู ู‡ู„ ู‡ูˆ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ ุฃูˆ ู…ูƒุฑูˆู‡ุฉ؟ ูู‚ุงู„ ูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก: ุฅู†ู‡ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

“Kesimpulannya bacaan tasbih dan pengingat (yang dikumandangkan oleh muadzin di akhir malam)  yang merupakan hal baru, apakah ia termasuk bid’ah hasanah atau bid’ah yang dimakruhkan ? Dan berkata kebanyakan ulama : ia adalah termasuk bid’ah hasanah.”[10]

Al imam Shawi rahimahullah berkata :

ุฅุฐุง ูƒุงู†ุช ู†ููˆุณ ุงู„ุญุงุถุฑูŠู† ุชุฃู†ู ู…ู† ุชุฑูƒ ุงู„ุบุณู„، ุฃูˆ ูŠูƒูˆู† ู…ู† ููŠ ุงู„ู…ุฌู„ุณ ูŠุฏู‡ ุชุญุชุงุฌ ู„ู„ุบุณู„ ูˆูŠู‚ุชุฏูŠ ุจู‡، ูˆุจุงู„ุฌู…ู„ุฉ ุบุณู„ ุงู„ูŠุฏ ู‚ุจู„ ุงู„ุทุนุงู… ูˆุฅู† ู„ู… ูŠูƒู† ุณู†ุฉ ุนู†ุฏู†ุง ูู‡ูˆ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

“Jika jama’ah yang hadir di sebuah majelis tidak hendak mencuci tangan, atau ada yang di majelis tersebut hendak mencucinya, dan diikuti oleh yang lain (ini tidak mengapa). Meskipun mencuci tangan sebelum makan itu bukan termasuk perkara sunnah, tapi menurut kami ini adalah perkara bid’ah yang baik.”[11]

Beliau juga berkata :

ุฅู† ู…ุง ูŠูุนู„ ู„ูŠู„ุงً ู…ู† ุงู„ุงุณุชุบูุงุฑุงุช ูˆุงู„ุชุณุงุจูŠุญ ูˆุงู„ุชูˆุณู„ุงุช ู‡ูˆ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

“Apa yang dilakukan di malam hari (oleh muadzin) dengan membaca istighfar, tasbih atau doa-doa ini adalah perkara baru yang baik.”[12]

Al Imam Ibnu Hajj rahimahullah berkata :

ูˆูƒู… ู…ู† ุตู„ุงุฉ ู…ู‚ุจูˆู„ุฉ ู…ุดุชู…ู„ุฉ ุนู„ู‰ ูˆุตู ุฎุงุต ู„ู… ูŠุฑุฏ ุจูˆุตูู‡ุง ุฐู„ูƒ ู†ุต ุฎุงุต ู…ู† ูƒุชุงุจ ูˆู„ุง ุณู†ุฉ ุซู… ู„ุง ูŠู‚ุงู„ ุฅู†ู‡ุง ุจุฏุนุฉ ูˆู„ูˆ ู‚ุงู„ ู‚ุงุฆู„ ุฅู†ู‡ุง ุจุฏุนุฉ ู„ู‚ุงู„ ู…ุน ุฐู„ูƒ ุฅู†ู‡ุง ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ ู„ูƒูˆู†ู‡ุง ุฑุงุฌุนุฉ ุฅู„ู‰ ุฃุตู„ ู…ู† ุงู„ูƒุชุงุจ ูˆุงู„ุณู†ุฉ

“Dan berapa banyak jenis shalat sunnah yang diterima yang ia meliputi jenis-jenis shalat yang tidak diriwayatkan secara khusus dalam al Kitab dan as Sunnah (seperti shalat sunnah hingga 300 raka’at) tapi ia tidak dikatakan bid’ah. 

Seandainya ia disebut bid’ah maka ia termasuk jenis bid’ah Hasanah. Karena yang disebut bid’ah hasanah itu adalah setiap perkara yang sebenarnya secara asalnya ada dasar dari al Kitab dan juga as Sunnah.”[13]

Al imam Ibnu Mawaz rahimahullah :

ูˆู‚ูŠุงู… ุฑู…ุถุงู† ู†ุงูู„ุฉ، ูˆู„ู„ุฎูˆุงุต ุงูƒุชุณุงุจ، ูˆุงู„ุฌู…ุน ููŠู‡ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

 “Shalat sebulan penuh Ramadhan dan mengkhususkan mencari ganjaran serta berkumpul dalam ibadah padanya adalah termasuk perbuatan bid’ah yang baik.”[14]

Syaikh Muhammad bin Muhammad asy Syinqithiy rahimahullah berkata :

ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนู‚ุจ ุงู„ุฃุฐุงู† ุจุฏุน  ุฃูˆู„ ุญุฏูˆุซู‡ุง ุฒู…ู† ุงู„ู†ุงุตุฑ ุตู„ุงุญ ุงู„ุฏูŠู† ูŠูˆุณู ุจู† ุฃุจูŠ ุฃูŠูˆุจ ููŠ ุฃุฐุงู† ุงู„ุนุดุงุก ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฌู…ุนุฉ... ูˆุงุณุชู…ุฑ ุฅู„ู‰ ูŠูˆู…ู†ุง ูˆุงู„ุตูˆุงุจ ุฃู†َّู‡ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

“Pembacaan shalawat kepada Nabi shalallahu’alaihi wassalam sesudah adzan adalah bid’ah. Orang yang pertama kali melakukan perkara baru ini adalah an Nashir Shalahuddin al Ayubi di waktu shalat Isya di malam Jum’at... lalu berlanjut hingga zaman kita ini. Dan yang benar ini hukumnya bid’ah hasanah.”[15]

Al imam Ibnu Abdil Barr rahimahullah berkata :

... ูˆุฅุจุชุฏุงุคู‡ ูู…ุง ูƒุงู† ู…ู† ุฐุงู„ูƒ ููŠ ุงู„ุฏูŠู† ุฎู„ุงูุง ู„ู„ุณู†ุฉ ุงู„ุชู‰ ู…ุถู‰ ุนู„ูŠู‡ุง ุงู„ุนู…ู„ ูุชู„ูƒ ุจุฏุนุฉ ู„ุง ุฎูŠุฑ ููŠู‡ุง ูˆูˆุงุฌุจ ุฐู…ู‡ุง ูˆุงู„ู†ู‡ูŠ ุนู†ู‡ุง ูˆุงู„ุฃู…ุฑ ุจุฌุชู†ุงุจู‡ุง ูˆู‡ุฌุฑุงู† ู…ุจุชุฏุนู‡ุง ุฅุฐุง ุชุจูŠู† ู„ู‡ ุณุค ู…ุฐู‡ุจู‡ ูˆู…ุง ูƒุงู† ู…ู† ุจุฏุนุฉ ู„ุงุชุฎุงู„ู ุฃุตู„ ุงู„ุดุฑูŠุนุฉ ูˆุงู„ุณู†ุฉ ูุชู„ูƒ ู†ุนู…ุช ุงู„ุจุฏุนุฉ.

“…Makanya jika bid’ah itu terjadi di dalam perkara agama yang menyalahi sunnah yang telah berlaku, maka bid’ah itu tidak baik dan wajib mencela dan melarangnya dan wajib pula menyuruh menjauhi dan meninggalkan pelakunya, jika sudah jelas keburukan alirannya. Sedangkan perkara bid’ah yang tidak menyalahi dasar syariah dan sunnah, maka itulah sebaik-baik bid’ah.”[16]

๐Ÿฏ. ๐—จ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ๐˜‡๐—ต๐—ฎ๐—ฏ ๐—ฆ๐˜†๐—ฎ๐—ณ๐—ถ'๐—ถ๐˜†๐—ฎ๐—ต

Al imam Syafi’i rahimahullah Berkata :

ุงู„ุจุฏุนุฉ ‌ุจุฏุนุชุงู† ู…ุญู…ูˆุฏุฉ ูˆู…ุฐู…ูˆู…ุฉ ูู…ุง ูˆุงูู‚ ุงู„ุณู†ุฉ ูู‡ูˆ ู…ุญู…ูˆุฏ ูˆู…ุง ุฎุงู„ูู‡ุง ูู‡ูˆ ู…ุฐู…ูˆู…

 “Bid’ah ada dua, bid'ah yang terpuji dan yang tercela. Bid'ah yang sesuai dengan sunnah (syariat) adalah bid'ah yang terpuji. Sedangkan yang menyelisihi sunnah adalah bid'ah tercela.”[17]

ุงู„ู…ุญุฏุซุงุช ู…ู† ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุถุฑุจุงู† ุฃุญุฏู‡ู…ุง ู…ุง ุฃุญุฏุซ ูŠุฎุงู„ู ูƒุชุงุจًุง ุฃูˆ ุณู†ุฉ ุฃูˆ ุฃุซุฑًุง ูˆุฅุฌู…ุงุนุง ูู‡ุฐู‡ ุงู„ุจุฏุนุฉ ุงู„ุถู„ุงู„ุฉ.

ูˆุงู„ุซุงู†ูŠ: ู…ุง ุฃุญุฏุซ ู…ู† ุงู„ุฎูŠุฑ ู„ุง ุฎู„ุงู ููŠู‡ ู„ูˆ ุฃุญุฏุซ ู…ู† ู‡ุฐุง ูู‡ูŠ ู…ุญุฏุซุฉ ุบูŠุฑ ู…ุฐู…ูˆู…ุฉ

 “Perkara-perkara baru itu terbagi menjadi dua, yang pertama yang menyelisihi kitab dan sunnah atau atsar atau Ijma’ maka ini adalah bid’ah yang sesat. 

Sedangkan yang kedua adalah perkara-perkara baru yang baik yang tidak menyelisihi hal yang telah disebutkan. Seandainya seseorang melakukan perkara baru seperti ini maka ini adalah perkara baru yang tidak tercela.”[18]

Al imam Izz bin Abdussalam rahimahullah berkata :

‌ุงู„ุจุฏุนุฉ ‌ูุนู„ ‌ู…ุง ‌ู„ู… ‌ูŠุนู‡ุฏ ‌ููŠ ‌ุนุตุฑ ‌ุฑุณูˆู„ ‌ุงู„ู„ู‡ ‌ุตู„ู‰ ‌ุงู„ู„ู‡ ‌ุนู„ูŠู‡ ‌ูˆุณู„ู… ูˆู‡ูŠ ู…ู†ู‚ุณู…ุฉ ุฅู„ู‰: ุจุฏุนุฉ ูˆุงุฌุจุฉ، ูˆุจุฏุนุฉ ู…ุญุฑู…ุฉ، ูˆุจุฏุนุฉ ู…ู†ุฏูˆุจุฉ، ูˆุจุฏุนุฉ ู…ูƒุฑูˆู‡ุฉ، ูˆุจุฏุนุฉ ู…ุจุงุญุฉ، ูˆุงู„ุทุฑูŠู‚ ููŠ ู…ุนุฑูุฉ ุฐู„ูƒ ุฃู† ุชุนุฑุถ ุงู„ุจุฏุนุฉ ุนู„ู‰ ู‚ูˆุงุนุฏ ุงู„ุดุฑูŠุนุฉ: ูุฅู† ุฏุฎู„ุช ููŠ ู‚ูˆุงุนุฏ ุงู„ุฅูŠุฌุงุจ ูู‡ูŠ ูˆุงุฌุจุฉ، ูˆุฅู† ุฏุฎู„ุช ููŠ ู‚ูˆุงุนุฏ ุงู„ุชุญุฑูŠู… ูู‡ูŠ ู…ุญุฑู…ุฉ، ูˆุฅู† ุฏุฎู„ุช ููŠ ู‚ูˆุงุนุฏ ุงู„ู…ู†ุฏูˆุจ ูู‡ูŠ ู…ู†ุฏูˆุจุฉ، ูˆุฅู† ุฏุฎู„ุช ููŠ ู‚ูˆุงุนุฏ ุงู„ู…ูƒุฑูˆู‡ ูู‡ูŠ ู…ูƒุฑูˆู‡ุฉ، ูˆุฅู† ุฏุฎู„ุช ููŠ ู‚ูˆุงุนุฏ ุงู„ู…ุจุงุญ ูู‡ูŠ ู…ุจุงุญุฉ

“Bid’ah adalah perkara yang tidak dilakukan di masa Nabi shalallahu’alaihi wassalam, yang ia terbagi menjadi beberapa ragam, yaitu : Bid’ah yang wajib, bid’ah yang haram, bid’ah yang sunnah, bid’ah yang makruh dan bid’ah yang mubah.

Jalan untuk mengetahui jenis-jenisnya adalah dengan melihat keselarasannya dengan kaidah-kaidah syariat. Kalau ia masuk ke dalam kaidah wajib, maka ia wajib, jika masuk ke dalam kaidah yang haram maka ia hukumnya haram. 

Kalau ia masuk ke dalam kaidah yang sunnah hukumnya ikut sunnah, jika ia masuk ke kaidah yang makruh hukumnya makruh, dan jika ia masuk ke dalam kaidah yang mubah hukumnya juga ikut mubah.”[19]

Al imam Baihaqi rahimahullah berkata :

ุญุฏุซู†ุง ุงู„ุดุงูุนูŠ ู‚ุงู„: ‌ุงู„ู…ุญุฏุซุงุช ‌ู…ู† ‌ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ‌ุถุฑุจุงู†. ุฃุญุฏู‡ู…ุง: ‌ู…ุง ‌ุฃุญุฏุซ ‌ูŠุฎุงู„ู ‌ูƒุชุงุจุงً ‌ุฃูˆ ‌ุณู†ุฉ ‌ุฃูˆ ‌ุฃุซุฑุงً ‌ุฃูˆ ‌ุฅุฌู…ุงุนุงً. ‌ูู‡ุฐู‡ ‌ุงู„ุจุฏุนุฉ ‌ุงู„ุถู„ุงู„ุฉ

“Telah menyampaikan kepada kami Asy Syafi’i : perkara baru itu terbagi menjadi dua : Salah satunya adalah yang menyelisihi al Kitab atau as Sunnah atau Atsar atau Ijma’ maka ini disebut dengan bid’ah yang sesat.”[20]

Al imam Ghazali rahimahullah berkata :

ูู‡ุฐู‡ ุจุฏุนุฉ ุฅู„ุง ุฃู†ู‡ุง ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ ูˆุฅู†ู…ุง ุงู„ุจุฏุนุฉ ุงู„ู…ุฐู…ูˆู…ุฉ ู…ุง ุชุถุงุฏ ุงู„ุณู†ู† ุงู„ุซุงุจุชุฉ ูˆุฃู…ุง ู…ุง ูŠุนูŠู† ุนู„ู‰ ุงู„ุฅุญุชูŠุงุท ููŠ ุงู„ุฏูŠู† ูู…ุณุชุญุณู†

 “... Semua hal baru ini bid’ah, hanya saja ini termasuk bid’ah yang baik. Sedangkan bid’ah yang tercela adalah apa yang bertentangan dengan as Sunnah yang telah shahih. Adapun perkara yang membantu tertunaikannya agama maka itu hal yang baik.”[21]

Al imam Nawawi rahimahullah berkata :

ูˆููŠ ู‡ุฐุง ุงู„ุญุฏูŠุซ ุชุฎุตูŠุต ู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูƒู„ ู…ุญุฏุซุฉ ุจุฏุนุฉ ูˆูƒู„ ุจุฏุนุฉ ุถู„ุงู„ุฉ ูˆุฃู† ุงู„ู…ุฑุงุฏ ุจู‡ ุงู„ู…ุญุฏุซุงุช ‌ุงู„ุจุงุทู„ุฉ ‌ูˆุงู„ุจุฏุน ‌ุงู„ู…ุฐู…ูˆู…ุฉ ‌ูˆู‚ุฏ ‌ุณุจู‚ ‌ุจูŠุงู† ‌ู‡ุฐุง

 “Dalam hadits ini  ada pengkhususan untuk hadits “semua hal baru adalah bid’ah dan semua bid’ah adalah sesat”. Maksud hadits tersebut adalah bid’ah yang bathil dan bid’ah yang tercela. Dan telah kami jelaskan masalah ini di bahasan sebelumnya...”[22]

Al imam Ibnu Hajar al Asqalani rahimahullah berkata :

...ูˆุชุทู„ู‚ ููŠ ุงู„ุดุฑุน ู‚ู‰ ู…ู‚ุงุจู„ุฉ ุงู„ุณู†ุฉ ูุชูƒูˆู† ู…ุฐู…ูˆู…ุฉ ูˆุงู„ุชุญู‚ูŠู‚ ุฃู†ู‡ุง ุฅู†ูƒุงู†ุช ู…ู…ุง ุชู†ุฏุฑุฌ ุชุญุช ู…ุณุชุญุณู† ูู‰ ุงู„ุดุฑุน ูู‡ูŠ ุญุณู†ุฉ ูˆุฅู†ูƒุงู†ุช ู…ู…ุง ุชู†ุฏุฑุฌ ุชุญุช ู…ุณุชู‚ุจุญ ูู‡ูŠ ู…ุณุชู‚ุจุญุฉ ูˆุฅู„ุง ูู‡ูŠ ู…ู† ู‚ุณู… ุงู„ู…ุจุงุญ.

“Dalam istilah syar’i bid’ah itu lawan kata dari istilah as Sunnah, bid’ah itu adalah sesuatu tercela. Dan bila diperinci, jika bid’ah itu masuk ke dalam naungan sesuatu yang dianggap baik menurut syara’, maka ia termasuk bid’ah hasanah. 

Jika masuk ke dalam naungan sesuatu yang dianggap buruk menurut syara’, maka ia termasuk kelompok bid’ah tercela. Dan jika tidak termasuk ke dalam naungan keduanya, maka ia bisa menjadi salah satu bagian bid’ah yang berstatus mubah.”[23]

Al imam Jalaluddin as Suyuthi rahimahullah berkata :

ูˆู‚ุฏ ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…ุง ุฑุขู‡ ุงู„ู…ุณู„ู…ูˆู† ุญุณู†ًุง ูู‡ูˆ ุนู†ุฏ ุงู„ู„ู‡ ุญุณู† ูˆู…ุง ุฑุขู‡ ุงู„ู…ุณู„ู…ูˆู† ู‚ุจูŠุญًุง ูู‡ูˆ ุนู†ุฏ ุงู„ู„ู‡ ู‚ุจูŠุญ. ูˆู‡ุฐุง ู…ู…ุง ุฑุขู‡ ุงู„ู…ุณู„ู…ูˆู† ุญุณู†ًุง ูู‡ูˆ ู…ุณุชุญุณู† ุนู†ุฏ ุงู„ู„ู‡. ูˆุงู„ุจุฏุนุฉ ุนู„ู‰ ูˆุฌู‡ูŠู†: ุจุฏุนุฉ ู‚ุจูŠุญุฉ، ‌ูˆุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ

“Telah bersabda Nabi shalallahu’alaihi wassalam : ‘Apa yang dipandang baik oleh umumnya orang Islam maka itu baik di sisi Allah, dan apa yang dipandang buruk oleh orang Islam maka itu juga keburukan di sisi Allah.’

Karena itulah apa yang dipandang baik oleh kaum muslimin dari (hal-hal baru) maka itu akan dinilai baik pula oleh Allah.  Sehingga bid’ah itu terbagi menjadi dua : Bid’ah yang buruk dan bid’ah yang baik.”[24]

Al imam Qurthubi rahimahullah berkata :

ู…ู† ุณู† ููŠ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุณู†ุฉ ุญุณู†ุฉ ูƒุงู† ู„ู‡ ุฃุฌุฑู‡ุง ูˆุฃุฌุฑ ู…ู† ุนู…ู„ ุจู‡ุง ู…ู† ุจุนุฏู‡ ู…ู† ุบูŠุฑ ุฃู† ูŠู†ู‚ุต ู…ู† ุฃุฌูˆุฑู‡ู… ุดูŠ ูˆู…ู† ุณู† ููŠ ุงู„ุฅุณู„ุงู… ุณู†ุฉ ุณูŠุฆุฉ ูƒุงู† ุนู„ูŠู‡ ูˆุฒุฑู‡ุง ูˆูˆุฒุฑ ู…ู† ุนู…ู„ ุจู‡ุง ู…ู† ุจุนุฏู‡ ู…ู† ุบูŠุฑ ุฃู† ูŠู†ู‚ุต ู…ู† ุฃูˆุฒุงุฑู‡ู… ุดูŠ  ‌ูˆู‡ุฐุง ‌ุฅุดุงุฑุฉ ‌ุฅู„ู‰ ‌ู…ุง ‌ุงุจุชุฏุน ‌ู…ู† ‌ู‚ุจูŠุญ ‌ูˆุญุณู†، ูˆู‡ูˆ ุฃุตู„ ู‡ุฐุง ุงู„ุจุงุจ

“Dan siapa dalam Islam membuat sunnah yang baik, maka ia akan mendapatkan pahalanya dan juga pahala dari orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala orang-orang yang mengikuti tersebut sedikitpun.

Dan siapa yang membuat sunnah yang buruk di dalam Islam, maka ia akan mendapatkan dosanya dan dosa dari orang-orang yang mengikutinya tanpa megurangi dosa orang-orang yang mengikutinya tersebut sedikitpun.

(hadist) ini menjelaskan bahwa perkara-perkara baru itu ada yang baik dan ada pula yang buruk. Dan ini merupakan akar permasalahan dalam bab ini.”[25]

๐Ÿฐ. ๐—จ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—บ๐—ฎ๐—ฑ๐˜‡๐—ต๐—ฎ๐—ฏ ๐—›๐—ฎ๐—ป๐—ฎ๐—ฏ๐—ถ๐—น๐—ฎ๐—ต

Al imam Ibnu Jauzi rahimahullah berkata :

ูˆู‚ุฏ ุฌุฑุช ู…ุญุฏุซุงุช ู„ุง ุชุตุงุฏู… ุงู„ุดุฑูŠุนุฉ ูˆู„ุง ูŠุชุนุงุทู‰ ุนู„ูŠู‡ุง ูู„ู… ูŠุฑูˆุง ุจูุนู„ู‡ุง ุจุฃุณุง

 “Dan telah terjadi hal-hal baru yang ia tidaklah bertentangan dengan syariat dan tidak juga menjatuhkan syariat maka hal yang demikian itu tidaklah mengapa.”[26]

 Al Imam Ibnu Rajab al Hanbali. Meskipun dalam banyak karyanya Al imam Ibnu Rajab al Hanbali cenderung kepada mendukung pendapat yang tidak menerima adanya bid’ah hasanah, namun beliau rahimahullah juga berkata :

ูˆูƒุซูŠุฑ ู…ู† ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ุชูŠ ุฃุญุฏุซุช ูˆู„ู… ุชูƒู† ู‚ุฏ ุงุฎุชู„ู ุงู„ุนู„ู…ุงุก ููŠ ุฃู†ู‡ุง ู‡ู„ ู‡ูŠ ‌ุจุฏุนุฉ ‌ุญุณู†ุฉ ุชุฑุฌุน ุฅู„ู‰ ุงู„ุณู†ุฉ ุฃู… ู„ุง؟

ูู…ู†ู‡ุง ูƒุชุงุจุฉ ุงู„ุญุฏูŠุซ: ู†ู‡ู‰ ุนู†ู‡ ุนู…ุฑ ูˆุทุงุฆูุฉ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ، ูˆุฑุฎَّุต ููŠู‡ ุงู„ุฃูƒุซุฑูˆู†؛ ูˆุงุณุชุฏู„ูˆุง ู„ู‡ ุจุฃุญุงุฏูŠุซ ู…ู† ุงู„ุณู†ุฉ.

ูˆู…ู†ู‡ุง ูƒุชุงุจุฉ ุชูุณูŠุฑ ุงู„ุญุฏูŠุซ ูˆุงู„ู‚ุฑุขู†، ูƒุฑู‡ู‡ ู‚ูˆู… ู…ู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก، ูˆุฑุฎّุต ููŠู‡ ูƒุซูŠุฑ ู…ู†ู‡ู…ุง ูˆูƒุฐู„ูƒ ุงุฎุชู„ุงูู‡ู…ุง ููŠ ูƒุชุงุจุฉ ุงู„ุฑุฃูŠ ููŠ ุงู„ุญู„ุงู„ ูˆุงู„ุญุฑุงู… ูˆู†ุญูˆู‡. ูˆููŠ ุชูˆุณุนุฉ ุงู„ูƒู„ุงู… ููŠ ุงู„ู…ุนุงู…ู„ุงุช، ูˆุฃุนู…ุงู„ ุงู„ู‚ู„ูˆุจ، ุงู„ุชูŠ ู„ู… ุชู†ู‚ู„ ู…ู† ุงู„ุตุญุงุจุฉ ูˆุงู„ุชุงุจุนูŠู†.

 “Banyak perkara baru yang dulunya tidak ada telah diperbeda pendapatkan oleh para ulama, apakah ia termasuk perkara bid’ah hasanah yang memiliki landasan dari sunnah ataukah tidak. Diantara contohnya adalah penulisan hadits, yang dahulu oleh sayidina Umar melarang beberapa shahabat yang melakukannya. Dan sebagian ulama memberikan keringanan dengan membawakan dalil-dalil hadits yang disebutkan dalam as Sunnah.

Demikian pula contohnya menulis syarah hadits dan tafsir al Qur’an, sebagian ulama membencinya, sedangkan yang lain memberikan keringanan. Demikian juga termasuk dalam masalah penulisan halal dan haram dan perkara sejenisnya. 

Demikian juga beberapa perkara yang meluas dalam masalah mu’amalat dan perkara-perkara hati yang ia tidak dinukilkan sama sekali dari para shahabat dan tabi’in...”[26]

๐Ÿฑ. ๐—จ๐—น๐—ฎ๐—บ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ด๐—ฒ๐—ป๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐˜€๐—ถ ๐˜€๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ณ

Sayidina Umar bin Khattab radhiyallahu’anhu memerintahkan dilaksanakannya Tarawih secara berjamaah yang rutin dikerjakan sebulan penuh di bulan Ramadhan, lalu beliau berkata : 

ู†ِุนْู…َ ุงู„ْุจِุฏْุนَุฉُ ู‡َุฐِู‡ِ

“Sebaik-baik bid’ah adalah ini.” (HR. Bukhari)

Ketika menjelaskan hadits di atas, al imam Zarqani al Maliki rahimahullah berkata :

ูุณู…ุงู‡ุง ุจุฏุนุฉ...  ‌ูˆู‡ูŠ ‌ู„ุบุฉ: ‌ู…ุง ‌ุฃุญุฏุซ ‌ุนู„ู‰ ‌ุบูŠุฑ ‌ู…ุซุงู„ ‌ุณุจู‚، ูˆุชุทู„ู‚ ุดุฑุนًุง ุนู„ู‰ ู…ู‚ุงุจู„ ุงู„ุณู†ุฉ، ูˆู‡ูŠ ู…ุง ู„ู… ูŠูƒู† ููŠ ุนู‡ุฏู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุซู… ุชู†ู‚ุณู… ุฅู„ู‰ ุงู„ุฃุญูƒุงู… ุงู„ุฎู…ุณุฉ

“Itu dinamakan Bid’ah .. Secara bahasa bid’ah adalah perkara yang tidak ada contoh sebelumnya. Dan secara istilah syar’i yaitu perkara yang bertentangan dengan sunnah.  Yaitu yang tidak ada di masa Nabi shalallahu’alaihhi wassalam. Dan hukum bid’ah terbagi menjadi lima hukum...”[27]

Sedangkan al imam Ibnu Atsir rahimahullah berkata :

ู‡ุฐุง ุงู„ู†ูˆุน ู‚ูˆู„ ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡: ู†ุนู…ุช ุงู„ุจุฏุนุฉ ู‡ุฐู‡. ู„ู…ุง ูƒุงู†ุช ู…ู† ุฃูุนุงู„ ุงู„ุฎูŠุฑ ูˆุฏุงุฎู„ุฉ ููŠ ุญูŠุฒ ุงู„ู…ุฏุญ ุณู…ุงู‡ุง ุจุฏุนุฉ ูˆู…ุฏุญู‡ุง؛ ู„ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู„ู… ูŠุณู†ู‡ุง ู„ู‡ู…، ูˆุฅู†ู…ุง ุตู„ุงู‡ุง ู„ูŠุงู„ูŠ ุซู… ุชุฑูƒู‡ุง ูˆู„ู… ูŠุญุงูุธ ุนู„ูŠู‡ุง، ูˆู„ุง ุฌู…ุน ุงู„ู†ุงุณ ู„ู‡ุง، ูˆู„ุง ูƒุงู†ุช ููŠ ุฒู…ู† ุฃุจูŠ ุจูƒุฑ، ‌ูˆุฅู†ู…ุง ‌ุนู…ุฑ ‌ุฑุถูŠ ‌ุงู„ู„ู‡ ‌ุนู†ู‡ ‌ุฌู…ุน ‌ุงู„ู†ุงุณ ‌ุนู„ูŠู‡ุง ‌ูˆู†ุฏุจู‡ู… ‌ุฅู„ูŠู‡ุง، ‌ูุจู‡ุฐุง ‌ุณู…ุงู‡ุง ุจุฏุนุฉ، ูˆู‡ูŠ ุนู„ู‰ ุงู„ุญู‚ูŠู‚ุฉ ุณู†ุฉ، ู„ู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… «ุนู„ูŠูƒู… ุจุณู†ุชูŠ ูˆุณู†ุฉ ุงู„ุฎู„ูุงุก ุงู„ุฑุงุดุฏูŠู† ู…ู† ุจุนุฏูŠ» ูˆู‚ูˆู„ู‡ «ุงู‚ุชุฏูˆุง ุจุงู„ู„ุฐูŠู† ู…ู† ุจุนุฏูŠ ุฃุจูŠ ุจูƒุฑ ูˆุนู…ุฑ» ูˆุนู„ู‰ ู‡ุฐุง ุงู„ุชุฃูˆูŠู„ ูŠุญู…ู„ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุขุฎุฑ «ูƒู„ ู…ุญุฏุซุฉ ุจุฏุนุฉ» ุฅู†ู…ุง ูŠุฑูŠุฏ ู…ุง ุฎุงู„ู ุฃุตูˆู„ ุงู„ุดุฑูŠุนุฉ ูˆู„ู… ูŠูˆุงูู‚ ุงู„ุณู†ุฉ

“Ini adalah diantara ucapan Umar radhiallahu ‘anhu : ‘Sebaik-baik bid’ah adalah ini’ ketika mengerjakan perbuatan baik, dan masuk dalam batas hal yang terpuji maka beliau menyebutnya bid’ah dan memujinya, karena Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam memang tidak pernah mensyariatkannya pada mereka (seperti yang Umar lakukan) beliau melakukannya hanya beberapa malam kemudian meninggalkannya dan tidak merutinkannya, tidak pula mengumpulkan manusia untuk melakukannya, tidak pula ada di masa Abu Bakar as Shiddiq. 

Hanya Umar lah yang mengumpulkan manusia untuk shalat Tarawih dan menganjurkannya, dengan inilah beliau menyebutnya bid’ah, Meskipun pada hakikatnya adalah sunnah juga, karena Nabi shalallahu’alaihi wassalam bersabda “Ikutilah orang yang setelahku yaitu Abu Bakar dan Umar.

Atas dasar ini, maka hadits yang mengakatan: 'Setiap yang baru adalah bid’ah' ditakwilkan makna yang dimaksud adalah perkara baru yang menyalahi asal-asal syari’at dan tidak sesuai sunnah.”[28]

Imam Ghazali ketika menjelaskan hadits Umar di atas juga mengatakan :

ููƒู… ู…ู† ู…ุญุฏุซ ุญุณู† ูƒู…ุง ู‚ูŠู„ ููŠ ุฅู‚ุงู…ุฉ ุงู„ุฌู…ุงุนุงุช ููŠ ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ ุฅู†ู‡ุง ู…ู† ู…ุญุฏุซุงุช ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ูˆุฃู†ู‡ุง ุจุฏุนุฉ ุญุณู†ุฉ

“Berapa banyak perkara baru itu dinilai baik sebagaimana dikatakan tentang mendirikan jama’ah dalam shalat tarawih, karena ia termasuk perkara baru yang dilakukan Umar radhiallahu ‘anhu, dan ia adalah bid’ah hasanah.“[29]

Al imam Hasan Bashri rahimahullah pernah ditanyakan kepada beliau :

ุฃَู†ู‡ ุณُุฆِู„َ ุนَู† ุงู„ุฏُّุนَุงุก ุนِู†ْุฏ ุฎุชู… ุงู„ْู‚ُุฑْุขู† ูƒَู…َุง ูŠَูْุนَู„ู‡ ุงู„ู†َّุงุณ ุงู„ْูŠَูˆْู… ู‚َุงู„َ ุจِุฏุนَุฉ ุญَุณَู†َุฉ

 “Sang imam pernah ditanya tentang doa khatam al Qur’an seperti yang biasa dilakukan oleh sebagian masyarakat pada hari itu, maka beliau menjawab : ‘Ini Bid’ah yang baik.”[30]

๐—ฃ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐˜๐˜‚๐—ฝ

Jika kami tidak khawatir akan membuat para pembaca akan menjadi bosan karena tulisan yang terlalu panjang, pasti tulisan ini akan kami penuhi dengan lebih banyak lagi fatwa-fatwa para ulama dalam masalah ini.

 Namun apa yang kami cantumkan di atas sudah sangat mencukupi bagi siapapun yang mau menerima kebenaran meski datangnya dari pihak yang berseberangan. 

Dan tulisan sebaik dan sepanjang apapun tidak akan berguna untuk mereka yang hatinya telah tertutup dengan kebencian dan penolakan.

Tulisan akan kita lanjutkan dengan mengetengahkan dalil-dalil yang digunakan oleh pendapat-pendapat di atas, insyaallah.

Wallahu a’lam

_____________

[1] Hasyiah Ibnu Abidin (6/386)

[2] Fath al Bab Inayah (1/224)

[3] Ad Dar al Mukhtar  hal. 660

[4] An Nihayah Fi Syarh al Hidayah (23/125)

[5] Bahru ar Raiq (1/293)

[6] Nahru al Faiq (1/172)

[7] Hasyiah as Sindi (1/20)

[8] Al Quratul Ain hal. 315

[9] Syarah al Kabir (1/193)

[10] Mawahib al Jalil (1/430)

[11] Hasyiah Ash Shawi (4/751)

[12] Hasyiah ash Shawi (1/92)

[13] Al Madhal li Ibn Hajj (4/258)

[14] Nawadir wa Ziyadat (1/149)

[15] Lawami’ ad Durar (1/680)

[16] Al Istidkar (5/153)

[17] Fath Bari li Ibn Hajar (13/253)

[18] Lawaihul Anwar (1/175)

[19] Qawaid al Ahkam (2/204)

[20] Manaqib Asy Syafi’i (1/469)

[21] Ihya al ulumuddin (2/256)

[22] Syarah shahih Muslim (7/104)

[23] Fath al Bari (4/253)

[24] Shaunul Manthiq al Kalam hal. 209

[25] Tafsir al Qurthubi (2/87)

[26] Mahbatur Rasul hal 216

[27] Jami’ al Ulum wal Hikam  (2/272)

[28] Al Quratul Ain hal. 315

[29] An Nihayah fi al Gharib al Hadits  (1/107)

[30] Ihya ‘Ulumuddin (1/276)

[31] Al Intishar li Ahlil Hadits hal. 28

Baca juga kajian Ustadz AST tentang Bid'ah : 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pembagian Bid'ah Menurut Jumhur Ulama". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait