Lima Pembagian Bid'ah

Lima Pembagian Bidah

๐—Ÿ๐—œ๐— ๐—” ๐—ฃ๐—˜๐— ๐—•๐—”๐—š๐—œ๐—”๐—ก ๐—•๐—œ๐——'๐—”๐—›

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Seorang ulama besar yang digelari dengan julukan sultanul Ulama, al imam Izz bin Abdussalam rahimahullah bahkan membagi bid'ah bukan menjadi dua, tapi ada lima bagian.

Yakni menurut beliau ada bid'ah yang hukumnya wajib, ada yang sunnah, ada yang mubah, ada yang makruh dan ada bid'ah yang hukumnya haram.

ูˆุถุฑุจูˆุง ู„ุฐู„ูƒ ุฃู…ุซู„ุฉ:

Di antara contoh masing-masing adalah :

ูุงู„ุจุฏุนุฉ ุงู„ูˆุงุฌุจุฉ: ูƒุงู„ุงุดุชุบุงู„ ุจุนู„ู… ุงู„ู†ุญูˆ ุงู„ุฐูŠ ูŠูู‡ู… ุจู‡ ูƒู„ุงู… ุงู„ู„ู‡ ูˆุฑุณูˆู„ู‡، ูˆุฐู„ูƒ ูˆุงุฌุจ؛ ู„ุฃู†ู‡ ู„ุง ุจุฏ ู…ู†ู‡ ู„ุญูุธ ุงู„ุดุฑูŠุนุฉ، ูˆู…ุง ู„ุง ูŠุชู… ุงู„ูˆุงุฌุจ ุฅู„ุง ุจู‡ ูู‡ูˆ ูˆุงุฌุจ. 

Bid'ah yang wajib yakni contohnya menyibukkan dengan kajian ilmu Nahwu untuk bisa memahami firman Allah dan sabda NabiNya dengan baik.

Perkara ini wajib, karena digunakan untuk menjaga syariat, apa yang tidak bisa terlaksana sebuah kewajiban kecuali dengannya, maka ia menjadi wajib.

ูˆุงู„ุจุฏุนุฉ ุงู„ู…ุญุฑู…ุฉ ู…ู† ุฃู…ุซู„ุชู‡ุง: ู…ุฐู‡ุจ ุงู„ู‚ุฏุฑูŠุฉ، ูˆุงู„ุฌุจุฑูŠุฉ، ูˆุงู„ู…ุฑุฌุฆุฉ، ูˆุงู„ุฎูˆุงุฑุฌ. 

Sedangkan di antara contoh bid'ah yang haram adalah apa yang diperbuat oleh kelompok - kelompok menyimpang seperti Qadariyah, Jabariyah, Murjiah dan Khawarij.

ูˆุงู„ุจุฏุนุฉ ุงู„ู…ู†ุฏูˆุจุฉ: ู…ุซู„ ุฅุญุฏุงุซ ุงู„ู…ุฏุงุฑุณ، ูˆุจู†ุงุก ุงู„ู‚ู†ุงุทุฑ، ูˆู…ู†ู‡ุง ุตู„ุงุฉ ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ ุฌู…ุงุนุฉ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุจุฅู…ุงู… ูˆุงุญุฏ.

Bid'ah yang disunnahkan adalah semisal membangun madrasah dan sarana-sarana keilmuan, juga contohnya adalah shalat Tarawih berjamaah yang dikerjakan secara rutin dengan satu imam.

ูˆุงู„ุจุฏุนุฉ ุงู„ู…ูƒุฑูˆู‡ุฉ: ู…ุซู„ ุฒุฎุฑูุฉ ุงู„ู…ุณุงุฌุฏ، ูˆุชุฒูˆูŠู‚ ุงู„ู…ุตุงุญู.

Sedangkan bid'ah yang hukumnya dimakruhkan misalnya menghias masjid dan mendekor mushaf al Qur'an.

ูˆุงู„ุจุฏุนุฉ ุงู„ู…ุจุงุญุฉ: ู…ุซู„ ุงู„ู…ุตุงูุญุฉ ุนู‚ุจ ุงู„ุตู„ูˆุงุช، ูˆู…ู†ู‡ุง ุงู„ุชูˆุณุน ููŠ ุงู„ู„ุฐูŠุฐ ู…ู† ุงู„ู…ุขูƒู„ ูˆุงู„ู…ุดุงุฑุจ ูˆุงู„ู…ู„ุงุจุณ

Adapun bid'ah yang sifatnya mubah adalah bersalaman selesai shalat lima waktu, menambah aneka ragam makanan minuman dan pakaian.

ูˆุงุณุชุฏู„ูˆุง ู„ุฑุฃูŠู‡ู… ููŠ ุชู‚ุณูŠู… ุงู„ุจุฏุนุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุฃุญูƒุงู… ุงู„ุฎู…ุณุฉ ุจุฃุฏู„ุฉ ู…ู†ู‡ุง

Dan para ulama termasuk beliau ini membagi bid'ah menjadi lima hukum dengan dalil-dalil sebagai berikut :

(ุฃ) ู‚ูˆู„ ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ููŠ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุชุฑุงูˆูŠุญ ุฌู…ุงุนุฉ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ู†ุนู…ุชุงู„ุจุฏุนุฉ ู‡ุฐู‡ . ูู‚ุฏ ุฑูˆูŠ ุนู† ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู‚ุงุฑูŠ ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ุฎุฑุฌุช ู…ุน ุนู…ุฑ ุจู† ุงู„ุฎุทุงุจ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู„ูŠู„ุฉ ููŠ ุฑู…ุถุงู† ุฅู„ู‰ ุงู„ู…ุณุฌุฏ، ูุฅุฐุง ุงู„ู†ุงุณ ุฃูˆุฒุงุน ู…ุชูุฑู‚ูˆู†، ูŠุตู„ูŠ ุงู„ุฑุฌู„ ู„ู†ูุณู‡، ูˆูŠุตู„ูŠ ุงู„ุฑุฌู„ ููŠุตู„ูŠ ุจุตู„ุงุชู‡ ุงู„ุฑู‡ุท. ูู‚ุงู„ ุนู…ุฑ: ุฅู†ูŠ ุฃุฑู‰ ู„ูˆ ุฌู…ุนุช ู‡ุคู„ุงุก ุนู„ู‰ ู‚ุงุฑุฆ ูˆุงุญุฏ ู„ูƒุงู† ุฃู…ุซู„، ุซู… ุนุฒู…، ูุฌู…ุนู‡ู… ุนู„ู‰ ุฃุจูŠ ุจู† ูƒุนุจ، ุซู… ุฎุฑุฌุช ู…ุนู‡ ู„ูŠู„ุฉ ุฃุฎุฑู‰، ูˆุงู„ู†ุงุณ ูŠุตู„ูˆู† ุจุตู„ุงุฉ ู‚ุงุฑุฆู‡ู…، ู‚ุงู„ ุนู…ุฑ: ู†ุนู… ุงู„ุจุฏุนุฉ ู‡ุฐู‡، ูˆุงู„ุชูŠ ูŠู†ุงู…ูˆู† ุนู†ู‡ุง ุฃูุถู„ ู…ู† ุงู„ุชูŠ ูŠู‚ูˆู…ูˆู†. ูŠุฑูŠุฏ ุขุฎุฑ ุงู„ู„ูŠู„. ูˆูƒุงู† ุงู„ู†ุงุณ ูŠู‚ูˆู…ูˆู† ุฃูˆู„ู‡.

(ุจ) ุชุณู…ูŠุฉ ุงุจู† ุนู…ุฑ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุถุญู‰ ุฌู…ุงุนุฉ ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุจุฏุนุฉ، ูˆู‡ูŠ ู…ู† ุงู„ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ุญุณู†ุฉ. ุฑูˆูŠ ุนู† ู…ุฌุงู‡ุฏ ู‚ุงู„: ุฏุฎู„ุช ุฃู†ุง ูˆุนุฑูˆุฉ ุจู† ุงู„ุฒุจูŠุฑ ุงู„ู…ุณุฌุฏ، ูุฅุฐุง ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุจู† ุนู…ุฑ ุฌุงู„ุณ ุฅู„ู‰ ุญุฌุฑุฉ ุนุงุฆุดุฉ، ูˆุฅุฐุง ู†ุงุณ ูŠุตู„ูˆู† ููŠ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุถุญู‰، ูุณุฃู„ู†ุงู‡ ุนู† ุตู„ุงุชู‡ู… - ูู‚ุงู„: ุจุฏุนุฉ

(ุฌ) ุงู„ุฃุญุงุฏูŠุซ ุงู„ุชูŠ ุชููŠุฏ ุงู†ู‚ุณุงู… ุงู„ุจุฏุนุฉ ุฅู„ู‰ ุงู„ุญุณู†ุฉ ูˆุงู„ุณูŠุฆุฉ، ูˆู…ู†ู‡ุง ู…ุง ุฑูˆูŠ ู…ุฑููˆุนุง: ู…ู† ุณู† ุณู†ุฉ ุญุณู†ุฉ، ูู„ู‡ ุฃุฌุฑู‡ุง ูˆุฃุฌุฑ ู…ู† ุนู…ู„ ุจู‡ุง ุฅู„ู‰ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ، ูˆู…ู† ุณู† ุณู†ุฉ ุณูŠุฆุฉ، ูุนู„ูŠู‡ ูˆุฒุฑู‡ุง ูˆูˆุฒุฑ ู…ู† ุนู…ู„ ุจู‡ุง ุฅู„ู‰ ูŠูˆู… ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉ

Dengan mengikuti kaidah beliau ini, coba sebutkan contoh-contoh lima jenis hukum bid'ah yang yang ada hari ini ! 

๐Ÿ“œRef : Qawaid al Ahkam li Izz bin Abdissalam (2/172) 

Baca juga kajian Ustadz AST tentang Bid'ah

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Lima Pembagian Bid'ah". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait