๐๐๐ง๐ ๐๐จ๐๐๐จ ๐ ๐๐ก๐จ๐ฅ๐จ๐ง ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐จ ๐ฝ๐ฎ๐ฟ๐ ๐๐๐
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
๐ฃ๐ฒ๐ป๐ฑ๐ฎ๐ฝ๐ฎ๐ ๐ธ๐ฒ๐ฑ๐๐ฎ : ๐๐๐น๐น๐ ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐บ๐ฎ๐ธ๐ป๐ฎ ๐๐ฒ๐ฏ๐ฎ๐ด๐ถ๐ฎ๐ป
Yang selanjutnya adalah pendapat dari mayoritas ulama yang menyatakan bahwa lafadz kata kullu dalam hadits tersebut adalah bermakna semua yang tidak mutlak alias sebagian saja.
Al imam Nawawi rahimahullah berkarkata :
ููู ุจุฏุนุฉ ุถูุงูุฉ ูุฐุง ุนุงู ู ุฎุตูุต ูุงูู ุฑุงุฏ ุบุงูุจ ุงูุจุฏุน ูุงู ุฃูู ุงููุบุฉ ูู ูู ุดูุก ุนู ู ุนูู ุบูุฑ ู ุซุงู ุณุงุจู ูุงู ุงูุนูู ุงุก ุงูุจุฏุนุฉ ุฎู ุณุฉ ุฃูุณุงู ูุงุฌุจุฉ ูู ูุฏูุจุฉ ูู ุญุฑู ุฉ ูู ูุฑููุฉ ูู ุจุงุญุฉ
“Setiap bid’ah adalah kesesatan, lafazh semua (kullu) di sini adalah lafazh umum yang bermaksud khusus, yaitu maksudnya sebagian besar bid’ah. Telah berkata sebagian ahli bahasa pengertian bid’ah adalah setiap perbuatan yang tidak ada contoh sebelumnya. Dan ulama telah berfatwa hukum bid’ah itu terbagi menjadi lima : Wajib, sunnah, haram, makruh dan mubah.”[1]
Beliau juga berkata :
ููู ูุฐุง ุงูุญุฏูุซ ุชุฎุตูุต ูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูู ู ุญุฏุซุฉ ุจุฏุนุฉ ููู ุจุฏุนุฉ ุถูุงูุฉ ูุฃู ุงูู ุฑุงุฏ ุจู ุงูู ุญุฏุซุงุช ุงูุจุงุทูุฉ ูุงูุจุฏุน ุงูู ุฐู ูู ุฉ ููุฏ ุณุจู ุจูุงู ูุฐุง
“Dalam hadits ini ada pengkhususan untuk hadits “semua hal baru adalah bid’ah dan semua bid’ah adalah sesat”. Maksud hadits tersebut adalah bid’ah yang bathil dan bid’ah yang tercela. Dan telah kami jelaskan masalah ini di bahasan sebelumnya...”[2]
Al imam Syaukani rahimahullah berkata :
ูุซูุฑ ู ู ุฃูู ุงูุนูู ู ู ุชุฎุตูุต ุงูุจุฏุนุฉ ุงููุจูุญุฉ ุจู ุง ูุงู ู ู ุงูุงุจุชุฏุงุน ูู ุงูุฏูู
“Banyak dari ahli ilmu yang mengkhususkan bid’ah yang buruk adalah sesuatu dari hal baru dalam perkara agama...”[3]
Al imam Ibnu Hajar al Asqalani rahimahullah berkata :
ูุงูู ุฑุงุฏ ุจูููู ูู ุจุฏุนุฉ ุถูุงูุฉ ู ุง ุฃุญุฏุซ ููุง ุฏููู ูู ู ู ุงูุดุฑุน ุจุทุฑูู ุฎุงุต ููุง ุนุงู
“Yang dimaksud dengan ucapan Nabi shalallahu’alaihi wassallam bahwa setiap bid’ah adalah sesat yaitu sesuatu yang baru yang tidak memiliki landasan dalil dari syari’at, baik dalil itu bersifat umum atau pun khusus.”[4]
Syaikh Muhammad bin Ali Asy Syafi’i berkata :
ููู ูุฐุง: ุฃู: ู ู ุณู ุณูุฉ ุญุณูุฉ ุงูุฎ ุชุฎุตูุต ูููู: ูู ู ุญุฏุซุฉ ุจุฏุนุฉ، ููู ุจุฏุนุฉ ุถูุงูุฉ ููุฏ ุชูุฏู ุงููุณุงู ุงูุจุฏุนุฉ ุฅูู ุฎู ุณุฉ ุฃูุณุงู
“Hadits ini : ‘Siapa yang membuat sunnah yang baik hingga akhir lafadz...’ adalah hadits yang mentakhshis (mengkhususkan) hadits : ‘Setiap hal baru adalah bid’ah, dan setiap bid’ah adalah sesat’. Dan telah terdahulu penjelasan tentang bid’ah yang hukumnya terbagi menjadi lima...”[5]
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น๐ป๐๐ฎ
Kalangan yang menyatakan bahwa kata kullu dalam hadits bid’ah tersebut bermakna sebagian, menyandarkan pendapat mereka terhadap dalil-dalil berikut ini :
1️⃣. ๐๐ฅ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ข๐ฑ๐ข ๐ฉ๐ข๐ฅ๐ช๐ต๐ด ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ต๐ข๐ฌ๐ฉ๐ด๐ฉ๐ช๐ด (๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ฌ๐ฉ๐ถ๐ด๐ถ๐ด๐ฌ๐ข๐ฏ)
Hadits yang menyebutkan bahwa semua bid’ah adalah sesat ditakhshis oleh beberapa hadits diantaranya :
ู َْู ุณََّู ِูู ุงْูุฅِุณْูุงَู ِ ุณَُّูุฉً ุญَุณََูุฉً ََُููู ุฃَุฌْุฑَُูุง َูุฃَุฌْุฑُ ู َْู ุนَู َِู ุจَِูุง ุจَุนْุฏَُู ู ِْู ุบَْูุฑِ ุฃَْู َُْูููุตَ ู ِْู ุฃُุฌُْูุฑِِูู ْ ุดَْูุกٌ َูู َْู ุณََّู ِูู ุงْูุฅِุณْูุงَู ِ ุณَُّูุฉً ุณَِّูุฆَุฉً َูุงَู ุนََِْููู ِูุฒْุฑَُูุง َِููุฒْุฑُ ู َْู ุนَู َِู ุจَِูุง ู َْู ุจَุนْุฏَُู ู ِْู ุบَْูุฑِ ุฃَْู َُْูููุตَ ู ِْู ุฃَْูุฒَุงุฑِِูู ْ ุดَْูุกٌ
“๐๐ข๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ด๐ช๐ข๐ฑ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ญ๐ข๐ช ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ถ๐ข๐ต๐ข๐ฏ ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ช๐ข ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ฑ๐ข๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ด๐ฆ๐ณ๐ต๐ข ๐ฑ๐ข๐ฉ๐ข๐ญ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ญ๐ข๐ฌ๐ถ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ฅ๐ข๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ต๐ข๐ฏ๐ฑ๐ข ๐ฅ๐ช๐ฌ๐ถ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ๐ช ๐ด๐ฆ๐ฅ๐ช๐ฌ๐ช๐ต๐ฑ๐ถ๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ณ๐ช ๐ฑ๐ข๐ฉ๐ข๐ญ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข. ๐๐ข๐ฏ ๐ฃ๐ข๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ด๐ช๐ข๐ฑ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ญ๐ข๐ช ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ถ๐ข๐ต๐ข๐ฏ ๐ซ๐ฆ๐ญ๐ฆ๐ฌ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐๐ด๐ญ๐ข๐ฎ, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ช๐ข ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ฅ๐ฐ๐ด๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ฐ๐ด๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ญ๐ข๐ฌ๐ถ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ฅ๐ข๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ต๐ข๐ฏ๐ฑ๐ข ๐ฅ๐ช๐ฌ๐ถ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ๐ช ๐ด๐ฆ๐ฅ๐ช๐ฌ๐ช๐ต๐ฑ๐ถ๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ณ๐ช ๐ฅ๐ฐ๐ด๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข.” (HR. Muslim)
Dalam Mu’jam al Washit dikatakan :
ููู ู ู ุงุจْุชَุฏَุฃَ ุฃู ุฑุง ุนู ู ุจِِู ููู ู ู ุจุนุฏู ََُููู ุงَّูุฐِู ุณูู
“Setiap orang yang memulai suatu hal yang belum ada sebelumnya, kemudian diikuti oleh orang lain maka dia sudah membuat sunnah.”[6]
Dan al imam Nawawi rahimahullah menjelaskan : “๐๐ข๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ด๐ช๐ข๐ฑ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ญ๐ข๐ช ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ถ๐ข๐ต๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ”, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ด๐ถ๐ฅ๐ฏ๐บ๐ข ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ถ๐ข๐ต๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ช๐ฎ๐ถ๐ญ๐ข๐ช ๐ต๐ฆ๐ณ๐ด๐ฆ๐ฃ๐ถ๐ต ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช๐ค๐ฐ๐ฏ๐ต๐ฐ๐ฉ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ฉ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ข ๐๐ข๐ฃ๐ช ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ, ๐ข๐ต๐ข๐ถ๐ฑ๐ถ๐ฏ ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช๐ค๐ฐ๐ฏ๐ต๐ฐ๐ฉ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ฉ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ข ๐๐ข๐ฃ๐ช ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฏ๐ข๐ฎ๐ถ๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ช๐ญ๐ช๐ฌ๐ช ๐ฅ๐ข๐ญ๐ช๐ญ ๐ถ๐ฎ๐ถ๐ฎ.
๐๐ช ๐ด๐ช๐ด๐ช ๐ญ๐ข๐ช๐ฏ, ๐๐ข๐ด๐ถ๐ญ๐ถ๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ’๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ ๐ด๐ฆ๐ณ๐ช๐ฏ๐จ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช ๐ฎ๐ฆ๐ญ๐ฆ๐จ๐ช๐ต๐ช๐ฎ๐ข๐ด๐ช ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ข๐จ๐ข๐ฎ ๐ฃ๐ฆ๐ฏ๐ต๐ถ๐ฌ ๐ช๐ฏ๐ฐ๐ท๐ข๐ด๐ช ๐ข๐ฎ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฉ ๐ฑ๐ข๐ณ๐ข ๐ด๐ข๐ฉ๐ข๐ฃ๐ข๐ต ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช๐ข๐ซ๐ข๐ณ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ. ๐๐ช๐ด๐ข๐ญ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ช๐ต๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ต๐ข๐ต๐ข ๐ค๐ข๐ณ๐ข ๐ฎ๐ข’๐ฎ๐ถ๐ฎ ๐ฎ๐ข๐ด๐ฃ๐ถ๐ฒ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ซ๐ข๐ฎ๐ข๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฉ๐ข๐ฅ๐ช๐ต๐ด ๐ด๐ฉ๐ข๐ฉ๐ช๐ฉ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฌ๐ถ๐ต ๐ช๐ฏ๐ช: “๐๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ข ๐๐ข๐ด๐ถ๐ญ๐ถ๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ, ๐ฃ๐ช๐ญ๐ข ๐ด๐ฆ๐ด๐ฆ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ข๐ต๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ญ๐ข๐ฎ๐ฃ๐ข๐ต ๐ฃ๐ฆ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ข๐ฑ๐ข ๐ณ๐ข๐ฌ๐ข๐ข๐ต ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ช๐ฌ๐ถ๐ต๐ช ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ซ๐ข๐ฎ๐ข๐ข๐ฉ, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ญ๐ฆ๐ฃ๐ช๐ฉ ๐ฅ๐ถ๐ญ๐ถ ๐ฅ๐ข๐ต๐ข๐ฏ๐จ ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช ๐ช๐ด๐บ๐ข๐ณ๐ข๐ต ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ต๐ฆ๐ฏ๐ต๐ข๐ฏ๐จ ๐ณ๐ข๐ฌ๐ข๐ข๐ต ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช๐ซ๐ข๐ญ๐ข๐ฏ๐ช, ๐ด๐ฆ๐ฉ๐ช๐ฏ๐จ๐จ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ช๐ต๐ถ ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ฆ๐ณ๐ซ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ณ๐ข๐ฌ๐ข๐ข๐ต ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ต๐ช๐ฏ๐จ๐จ๐ข๐ญ ๐ช๐ต๐ถ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ญ๐ฆ๐ฃ๐ช๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ฉ๐ถ๐ญ๐ถ, ๐ฌ๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ฅ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฌ๐ฆ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ซ๐ข๐ฎ๐ข๐ข๐ฉ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ด๐ข๐ฎ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข.
๐๐ข๐ฅ๐ข ๐ด๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐ฉ๐ข๐ณ๐ช ๐๐ถ’๐ข๐ฅ๐ป ๐ฃ๐ช๐ฏ ๐๐ข๐ฃ๐ข๐ญ ๐ฅ๐ข๐ต๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ญ๐ข๐ฎ๐ฃ๐ข๐ต, ๐ญ๐ข๐ญ๐ถ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ช๐ด๐บ๐ข๐ณ๐ข๐ต๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข๐ฏ๐บ๐ข ๐ต๐ฆ๐ฏ๐ต๐ข๐ฏ๐จ ๐ซ๐ถ๐ฎ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ณ๐ข๐ฌ๐ข๐ข๐ต ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช๐ญ๐ข๐ฌ๐ด๐ข๐ฏ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ, ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ต๐ฆ๐ต๐ข๐ฑ๐ช ๐๐ถ’๐ข๐ฅ๐ป ๐ญ๐ข๐ฏ๐จ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ข๐ด๐ถ๐ฌ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ซ๐ข๐ฎ๐ข๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ฉ๐ช๐ณ๐ข๐ถ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ช๐ด๐บ๐ข๐ณ๐ข๐ต ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข, ๐ฏ๐ข๐ฎ๐ถ๐ฏ ๐ด๐ฆ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐๐ข๐ด๐ถ๐ญ๐ถ๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ ๐ด๐ฆ๐ญ๐ฆ๐ด๐ข๐ช ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐๐ถ’๐ข๐ฅ๐ป ๐ด๐ฆ๐จ๐ฆ๐ณ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐จ๐ข๐ฏ๐ต๐ช ๐ณ๐ข๐ฌ๐ข๐ข๐ต ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ต๐ช๐ฏ๐จ๐จ๐ข๐ญ ๐ช๐ต๐ถ.
๐๐ฆ๐ณ๐ฏ๐บ๐ข๐ต๐ข ๐ด๐ฆ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐๐ข๐ด๐ถ๐ญ๐ถ๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ'๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ ๐ด๐ฆ๐ญ๐ฆ๐ด๐ข๐ช ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต, ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ญ๐ข๐ฑ๐ฐ๐ณ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ถ๐ข๐ต๐ข๐ฏ ๐๐ถ’๐ข๐ฅ๐ป ๐ฃ๐ช๐ฏ ๐๐ข๐ฃ๐ข๐ญ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฃ๐ฆ๐ฅ๐ข ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ฃ๐ช๐ข๐ด๐ข๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข. ๐๐ข๐ญ๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ธ๐ข๐ฃ: “๐๐ถ’๐ข๐ฅ๐ป ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ญ๐ข๐ช ๐ค๐ข๐ณ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ ๐ฃ๐ถ๐ข๐ต ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ.” ๐๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ณ๐ช๐ธ๐ข๐บ๐ข๐ต ๐๐ถ’๐ข๐ฅ๐ป ๐ฃ๐ช๐ฏ ๐๐ข๐ฃ๐ข๐ญ, ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ'๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ด๐ข๐ฃ๐ฅ๐ข; “๐๐ถ’๐ข๐ฅ๐ป ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ญ๐ข๐ช ๐ค๐ข๐ณ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ ๐ฃ๐ถ๐ข๐ต ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ. ๐๐ฆ๐จ๐ช๐ต๐ถ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ค๐ข๐ณ๐ข ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฉ๐ข๐ณ๐ถ๐ด ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ณ๐ซ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ”. (HR. Ahmad)”
๐๐ฎ๐น๐ฎ๐บ ๐ต๐ฎ๐ฑ๐ถ๐๐ ๐น๐ฎ๐ถ๐ป ๐ฑ๐ถ๐ฟ๐ถ๐๐ฎ๐๐ฎ๐๐ธ๐ฎ๐ป :
َูุนَْู ุณَِّูุฏَِูุง ุฑَِูุงุนَุฉَ ุจِْู ุฑَุงِูุนٍ ุฑุถู ุงููู ุนูู َูุงَู : َُّููุง ُูุตَِّْูู َูุฑَุงุกَ ุงَّููุจِِّู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ََููู َّุง ุฑََูุนَ ุฑَุฃْุณَُู ู َِู ุงูุฑَّْูุนَ
ุฉِ َูุงَู (ุณَู ِุนَ ุงُููู ِูู َْู ุญَู ِุฏَُู) َูุงَู ุฑَุฌٌُู َูุฑَุงุกَُู ุฑَุจََّูุง َََููู ุงْูุญَู ْุฏُ ุญَู ْุฏًุง َูุซِْูุฑًุง ุทَِّูุจًุง ู ُุจَุงุฑًَูุง ِِْููู ََููู َّุง ุงْูุตَุฑََู ูุงََู (ู َِู ุงْูู ُุชََِّููู ُ؟) َูุงَู : ุฃََูุง ูุงََู: «ุฑَุฃَْูุชُ ุจِุถْุนَุฉً َูุซَูุงَุซَِْูู ู ًََููุง َูุจْุชَุฏِุฑََُْูููุง ุฃَُُّููู ْ َْููุชُุจَُูุง
๐๐ข๐ณ๐ช ๐๐ช๐ง๐ข’๐ข๐ฉ ๐ฃ๐ช๐ฏ ๐๐ข๐ง๐ช’ ๐ณ๐ข๐ฅ๐ฉ๐ช๐บ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ข๐ฏ๐ฉ๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ต๐ข: “๐๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐ฌ๐ฆ๐ต๐ช๐ฌ๐ข ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ด๐ข๐ฎ๐ข ๐๐ข๐ฃ๐ช ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ'๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ. ๐๐ฆ๐ต๐ช๐ฌ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ฃ๐ข๐ฏ๐จ๐ถ๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ณ๐ช ๐ณ๐ถ๐ฌ๐ถ’, ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ต๐ข: “๐ด๐ข๐ฎ๐ช’๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ญ๐ช๐ฎ๐ข๐ฏ ๐ฉ๐ข๐ฎ๐ช๐ฅ๐ข๐ฉ”. ๐๐ข๐ญ๐ถ ๐ด๐ฆ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ญ๐ข๐ฌ๐ช-๐ญ๐ข๐ฌ๐ช ๐ฅ๐ช ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ๐จ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ต๐ข: “๐ณ๐ข๐ฃ๐ฃ๐ข๐ฏ๐ข ๐ธ๐ข๐ญ๐ข๐ฌ๐ข๐ญ๐ฉ๐ข๐ฎ๐ฅ๐ถ ๐ฉ๐ข๐ฎ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ข๐ต๐ด๐ช๐ณ๐ข๐ฏ ๐ต๐ฉ๐ข๐บ๐บ๐ช๐ฃ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ถ๐ฃ๐ข๐ณ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ง๐ช๐ช๐ฉ”. ๐๐ฆ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฆ๐ญ๐ฆ๐ด๐ข๐ช ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต, ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ต๐ข๐ฏ๐บ๐ข: “๐๐ช๐ข๐ฑ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข ๐ฌ๐ข๐ญ๐ช๐ฎ๐ข๐ต ๐ต๐ข๐ฅ๐ช?” ๐๐ข๐ฌ๐ช-๐ญ๐ข๐ฌ๐ช ๐ช๐ต๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ธ๐ข๐ฃ: “๐๐ข๐บ๐ข”. ๐๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ด๐ข๐ฃ๐ฅ๐ข: “๐๐ฌ๐ถ ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฎ๐ฆ๐ญ๐ช๐ฉ๐ข๐ต ๐ญ๐ฆ๐ฃ๐ช๐ฉ 30 ๐ฎ๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฌ๐ข๐ต ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฃ๐ถ๐ต๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ถ๐ญ๐ช๐ด ๐ฑ๐ข๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ฏ๐บ๐ข”. (HR. Bukhari)[7]
Dua hadits yang seolah bertentangan ini dikompromi dengan cara takhshis al-‘am alias mengkhususkan yang umum, hasilnya adalah sebuah kesimpulan, bahwa tidak setiap hal baru (bid’ah) bersifat sesat, karena Nabi shallallahu’alaihi wasallam mengatakan ada hal baru (sunnah) yang bersifat baik.
Jadi, mengartikan lafazh kullu dengan “setiap” atau “sebagian” itu berdasarkan adanya dalil yang mentakhshisnya. Jika tidak, maka ia kembali kepada keumumannya seperti pada lafadz kullu yang kedua “kullu dhalalatin fi an-nar” (setiap kesesatan akan masuk neraka), lafazh kullu disini tidak ada dalil lain untuk men-takhshisnya (mengkhsusukan maksudnya) sehingga maknanya “semua” atau “setiap”.
2️⃣. ๐ฅ๐ฒ๐ฎ๐น๐ถ๐๐ฎ ๐บ๐ฒ๐ป๐ด๐ต๐ฎ๐ฟ๐๐๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐ป๐๐ฎ ๐ฝ๐ฒ๐บ๐ฏ๐ฎ๐ด๐ถ๐ฎ๐ป
Secara realita fakta dan logika apabila mengartikan kullu dalam hadits tersebut dengan semua secara mutlak, maka akan berakibat semua hal baik bersifat keduniaan atau bersifat keagamaan, akan mendapat stempel bid’ah dan akan masuk neraka. Karena redaksi hadits jelas menegaskan : “setiap hal baru adalah bid’ah” tanpa membedakan antara masalah duniawi atau masalah agama.
Maka sudah menjadi konsekuensi logis adanya pembagian bid’ah, bahkan termasuk yang menyatakan bahwa kata kullu dalam hadits berarti semua tanpa kecuali. Pada akhirnya mereka juga mentakhsis hadits tersebut dengan hadits lain yang berbunyi : “Siapa yang membuat perkara baru dalam urusan kami ini.” Yang dengan itu kemudian mereka juga membagi bid’ah atau hal baru menjadi urusan dunia dan agama.
3️⃣. ๐ฆ๐ฎ๐ต๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ ๐ท๐๐ด๐ฎ ๐บ๐ฒ๐น๐ฎ๐ธ๐๐ธ๐ฎ๐ป ๐ฏ๐ฒ๐ฏ๐ฒ๐ฟ๐ฎ๐ฝ๐ฎ ๐ฝ๐ฒ๐ฟ๐ธ๐ฎ๐ฟ๐ฎ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ธ ๐ฎ๐ฑ๐ฎ ๐ฑ๐ถ ๐๐ฎ๐บ๐ฎ๐ป ๐ก๐ฎ๐ฏ๐ถ
Telah kita ketahui adanya beberapa riwayat yang menyebutkan akan hal ini, diantaranya yakni :
ุนَْู ุนَุจْุฏِ ุงูุฑَّุญْู َِู ุจِْู ุนَุจْุฏٍ ุงَْููุงุฑِِّู ุฃََُّูู َูุงَู: ุฎَุฑَุฌْุชُ ู َุนَ ุนُู َุฑَ ุจِْู ุงْูุฎَุทَّุงุจِ ุฑุถู ุงููู ุนูู ََْูููุฉً ِْูู ุฑَู َุถَุงَู ุฅูู ุงْูู َุณْุฌِุฏِ َูุฅِุฐًุง ุงَّููุงุณُ ุฃَْูุฒَุงุนٌ ู ُุชََูุฑَُِّْููู ُูุตَِّูู ุงูุฑَّุฌُُู َِْูููุณِِู َُููุตَِّูู ุงูุฑَّุฌُُู َُููุตَِّْูู ุจِุตَูุงَุชِِู ุงูุฑَّْูุทُ ََููุงَู ุนُู َุฑُ t: ุฅِِّْูู ุฃَุฑَู َْูู ุฌَู َุนْุชُ َูุคُูุงَุกِ ุนََูู َูุงุฑِุฆٍ َูุงุญِุฏٍ ََููุงَู ุฃَู ْุซََู ุซُู َّ ุนَุฒَู َ َูุฌَู َุนَُูู ْ ุนََูู ุฃُุจَِّู ุจِْู َูุนْุจٍ ุซُู َّ ุฎَุฑَุฌْุชُ ู َุนَُู ََْูููุฉً ุฃُุฎْุฑَู َูุงَّููุงุณُ ُูุตََُّْููู ุจِุตَูุงุฉِ َูุงุฑِุฆِِูู ْ َูุงَู ุนُู َุฑُ: ِูุนْู َุชِ ุงْูุจِุฏْุนَุฉُ َูุฐِِู َูุงَّูุชِْู َูุงู ُْูุง ุนََْููุง ุฃَْูุถَُู ู َِู ุงَّูุชِْู َُْูููู َُْูู ُูุฑِْูุฏُ ุขุฎِุฑَ ุงَِّْูููู ََููุงَู ุงَّููุงุณُ َُْูููู َُْูู ุฃَََُّููู
“๐๐ฃ๐ฅ๐ถ๐ณ๐ณ๐ข๐ฉ๐ฎ๐ข๐ฏ ๐ฃ๐ช๐ฏ ๐๐ฃ๐ฅ ๐ข๐ญ-๐๐ข๐ณ๐ช ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ต๐ข: “๐๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐ฎ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฅ๐ช ๐ฃ๐ถ๐ญ๐ข๐ฏ ๐๐ข๐ฎ๐ข๐ฅ๐ฉ๐ข๐ฏ ๐ข๐ฌ๐ถ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐จ๐ช ๐ฌ๐ฆ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ด๐ข๐ฎ๐ข ๐๐ฎ๐ข๐ณ ๐ฃ๐ช๐ฏ ๐ข๐ญ-๐๐ฉ๐ข๐ต๐ฉ๐ต๐ฉ๐ข๐ฃ. ๐๐ฆ๐ณ๐ฏ๐บ๐ข๐ต๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฅ๐ช ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฑ๐ฆ๐ฏ๐ค๐ข๐ณ-๐ฑ๐ฆ๐ฏ๐ค๐ข๐ณ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ด๐ฆ๐ฌ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ญ๐ฐ๐ฎ๐ฑ๐ฐ๐ฌ. ๐๐ฅ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ด๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ช๐ณ๐ช๐ข๐ฏ. ๐๐ฅ๐ข ๐ซ๐ถ๐จ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ฅ๐ช ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ ๐ฃ๐ฆ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ข๐ฑ๐ข ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ. ๐๐ข๐ญ๐ถ ๐๐ฎ๐ข๐ณ ๐ณ๐ข๐ฅ๐ฉ๐ช๐บ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ’๐ข๐ฏ๐ฉ๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ต๐ข: “๐๐ฌ๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฑ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ข๐ฑ๐ข๐ต, ๐ข๐ฏ๐ฅ๐ข๐ช๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ข๐ฌ๐ถ ๐ฌ๐ถ๐ฎ๐ฑ๐ถ๐ญ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ด๐ข๐ต๐ถ ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ, ๐ต๐ฆ๐ฏ๐ต๐ถ ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ญ๐ฆ๐ฃ๐ช๐ฉ ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ”. ๐๐ข๐ญ๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ถ๐ฎ๐ฑ๐ถ๐ญ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐๐ฃ๐ข๐บ ๐ฃ๐ช๐ฏ ๐๐ข’๐ข๐ฃ.
๐๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฌ๐ถ๐ต๐ฏ๐บ๐ข, ๐ข๐ฌ๐ถ ๐ฌ๐ฆ ๐ฎ๐ข๐ด๐ซ๐ช๐ฅ ๐ญ๐ข๐จ๐ช ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ด๐ข๐ฎ๐ข ๐๐ฎ๐ข๐ณ ๐ฃ๐ช๐ฏ ๐๐ฉ๐ข๐ต๐ฉ๐ต๐ฉ๐ข๐ฃ, ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ญ๐ข๐ฌ๐ด๐ข๐ฏ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ฎ๐ถ๐ฎ ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ด๐ฆ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ. ๐๐ฆ๐ฏ๐บ๐ข๐ฌ๐ด๐ช๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฉ๐ข๐ญ ๐ช๐ต๐ถ, ๐๐ฎ๐ข๐ณ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ต๐ข: “๐๐ฆ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ-๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ ๐ฃ๐ช๐ฅ’๐ข๐ฉ ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ช๐ฏ๐ช. ๐๐ฆ๐ต๐ข๐ฑ๐ช ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ข๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ถ๐ฏ๐ข๐ช๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ต ๐ฅ๐ช ๐ข๐ฌ๐ฉ๐ช๐ณ ๐ฎ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ, ๐ญ๐ฆ๐ฃ๐ช๐ฉ ๐ฃ๐ข๐ช๐ฌ ๐ฅ๐ข๐ณ๐ช ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฅ๐ช ๐ข๐ธ๐ข๐ญ ๐ฎ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ”. ๐๐ข๐ฅ๐ข ๐ธ๐ข๐ฌ๐ต๐ถ ๐ช๐ต๐ถ, ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ถ๐ฏ๐ข๐ช๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ต๐ข๐ณ๐ข๐ธ๐ช๐ฉ ๐ฅ๐ช ๐ข๐ธ๐ข๐ญ ๐ฎ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ.” (HR. Bukhari)
Meski kemudian ada yang membantah ucapan Umar di atas dengan mengatakan : (1) Itu bid’ah secara bahasa (2) Shalat Tarawih bukan bid’ah. Tetapi sebagai jawabannya bahwa ulama dalam hal ini tidak hendak mempersoalkan apakah kata bid’ah yang diucapkan Umar itu secara bahasa atau istilahi, tapi faktanya Umar mengatakan hal itu sebagai bid’ah tetapi bid’ah yang baik.
Yang kedua, faktanya memang shalat Tarawih meski telah dikerjakan di masa Nabi namun tidak pernah dilaksanakan seperti formula yang diperintahkan oleh Umar, yakni secara berjama’ah selama sebulan penuh. Dan Umar melihat bahwa itu adalah lebih baik dari pada orang-orang mengerjakan sendiri-sendiri di awal waktu. Meski beliau mengakui yang tidak mau mengikuti “bid’ahnya” dengan memilih mengerjakan Tarawih di akhir malam seperti contoh di masa Nabi adalah yang lebih baik.
๐ฅ๐ถ๐๐ฎ๐๐ฎ๐ ๐๐ฒ๐น๐ฎ๐ป๐ท๐๐๐ป๐๐ฎ,
َูุนَِู ุงูุณَّุงุฆِุจِ ุจِْู َูุฒِْูุฏَ ุฑุถู ุงููู ุนูู َูุงَู: َูุงَู ุงِّููุฏَุงุกُ َْููู َ ุงْูุฌُู ُุนَุฉِ ุฃََُّููู ุฅِุฐَุง ุฌََูุณَ ุงูุฅِู َุงู ُ ุนََูู ุงْูู ِْูุจَุฑِ ุนََูู ุนَْูุฏِ ุงَّููุจِِّู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู َูุฃَุจِْู ุจَْูุฑٍ َูุนُู َุฑَ ุฑَุถَِู ุงُููู ุนَُْููู َุง ََููู َّุง َูุงَู ุนُุซْู َุงُู ุฑุถู ุงููู ุนูู ََููุซُุฑَ ุงَّููุงุณُ ุฒَุงุฏَ ุงِّููุฏَุงุกَ ุงูุซَّุงِูุซَ ุนََูู ุงูุฒَّْูุฑَุงุกِ ََِููู ุฏَุงุฑٌ ِْูู ุณُِْูู ุงْูู َุฏَِْููุฉِ
๐๐ข๐ช๐ฃ ๐ฃ๐ช๐ฏ ๐ ๐ข๐ป๐ช๐ฅ ๐ณ๐ข๐ฅ๐ฉ๐ช๐บ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ข๐ฏ๐ฉ๐ถ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ฌ๐ข๐ต๐ข: “๐๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ข ๐๐ข๐ด๐ถ๐ญ๐ถ๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ'๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ, ๐๐ฃ๐ถ ๐๐ข๐ฌ๐ข๐ณ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐๐ฎ๐ข๐ณ ๐ข๐ฅ๐ป๐ข๐ฏ ๐๐ถ๐ฎ’๐ข๐ต ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ต๐ข๐ฎ๐ข ๐ฅ๐ช๐ญ๐ข๐ฌ๐ถ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ด๐ฆ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ช๐ฎ๐ข๐ฎ ๐ฅ๐ถ๐ฅ๐ถ๐ฌ ๐ฅ๐ช ๐ข๐ต๐ข๐ด ๐ฎ๐ช๐ฎ๐ฃ๐ข๐ณ. ๐๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ฅ๐ช๐ข๐ฏ ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ข ๐๐ต๐ด๐ฎ๐ข๐ฏ, ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ข๐ด๐บ๐ข๐ณ๐ข๐ฌ๐ข๐ต ๐ด๐ฆ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ช๐ฏ ๐ฃ๐ข๐ฏ๐บ๐ข๐ฌ, ๐ฎ๐ข๐ฌ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ช๐ข๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ข๐ฎ๐ฃ๐ข๐ฉ ๐ข๐ฅ๐ป๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ต๐ช๐จ๐ข ๐ฅ๐ช ๐ข๐ต๐ข๐ด ๐ก๐ข๐ถ๐ณ๐ข’, ๐บ๐ข๐ช๐ต๐ถ ๐ฏ๐ข๐ฎ๐ข ๐ต๐ฆ๐ฎ๐ฑ๐ข๐ต ๐ฅ๐ช ๐๐ข๐ด๐ข๐ณ ๐๐ข๐ฅ๐ช๐ฏ๐ข๐ฉ.” (HR. Bukhari)
Demikian selanjutnya kita dapati adanya beberapa riwayat yang beragam berupa inovasi dalam amaliah yang dipraktekkan oleh para sahabat secara individu. Neberapa sahabat seperti Umar bin Khaththab, Abdullah bin Umar, Anas bin Malik, Hasan bin Ali dan lain-lain menyusun doa talbiyah ketika menunaikan ibadah haji berbeda dengan redaksi talbiyah yang diajarkan oleh Nabi shallallahu'alaihi wasallam.
Artinya, apa yang dilakukan oleh para sahabat bahkan ulama setelahnya berupa beberapa hal baru dalam dzikir dan ibadah, bukan termasuk bid’ah meski tidak dicontohkan langsung oleh Nabi, karena ada dalil umum yang melandasinya.
4️⃣. ๐ฃ๐ฎ๐ฑ๐ฎ ๐ธ๐ฒ๐ป๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฎ๐ป๐ป๐๐ฎ ๐๐ถ๐ฑ๐ฎ๐ธ ๐บ๐๐ฑ๐ฎ๐ต ๐บ๐ฒ๐บ๐ถ๐๐ฎ๐ต๐ธ๐ฎ๐ป ๐๐ฟ๐๐๐ฎ๐ป ๐ฑ๐๐ป๐ถ๐ฎ ๐ฑ๐ฎ๐ป ๐ฎ๐ด๐ฎ๐บ๐ฎ
Teorinya memang mudah, persoalan hukum bisa dibagi menjadi dua masalah, yakni bab muamalah atau keduniaan dan masalah dalam agama. Tapi dalam prakteknya tidak semudah itu, karena banyak hal yang hukumnya saling beririsan antara perkara agama dan dunia yang tidak bisa diselesaikan hanya dengan rumus sederhana : Ini perkara dunia nggak papa, itu perkara agama tinggalkan.
Hal ini karena pertama pada kenyataannya, banyak urusan dunia yang menjadi alat atau fasilitas untuk ibadah. Dan kedua, ajaran Islam itu datang untuk mengatur segala aspek kehidupan. Sehingga kemudian banyak masalah yang memang harus dihukumi dengan kaidah yang digunakan oleh jumhur ulama, yakni apakah sarana tersebut bertentangan dengan dalil atau tidak.
Artinya apakah hal baru ini perkara bid’ah yang ia bertentangan dengan dalil agama sehingga dihukumi bid’ah sayyi’ah ataukah ada dalil yang selaras dengannya sehingga bisa dihukumi sebagai hal baru yang merupakan bid’ah hasanah.
Bahkan ada sebagian perkara yang sulit untuk ditentukan apakah ia murni urusan agama ataukah perkara dunia, sebut contohnya mushaf al Quran. Yang jelas Qur’an seperti yang kita pegang hari ini bukanlah Qur’an yang ada di masa Nabi dan bahkan beberapa generasi setelahnya.
Itu mengapa sayyidina Abu Bakar megeluarkan kalimat :
ููู ุฃูุนู ุดูุฆุง ูู ููุนูู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ؟
“๐๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฑ๐ข ๐ข๐ฌ๐ถ ๐ฎ๐ฆ๐ญ๐ข๐ฌ๐ถ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช๐ฌ๐ฆ๐ณ๐ซ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฐ๐ญ๐ฆ๐ฉ ๐๐ข๐ด๐ถ๐ญ๐ถ๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ’๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ด๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ?” (HR. Bukhari)
Artinya beliau dengan ucapannya tersebut menimbang apakah hal yang akan dilakukan berupa kodifikasi Qur’an itu tidak bertentangan dengan dalil agama atau tidak. Yang mana, seharusnya kalau itu jelas cuma sarana atau urusan dunia, beliau kan tidak perlu mengucapkan kalimat seperti itu.
Inilah kemudian mengapa kita temukan adanya fakta dalam sejarah, beberapa “perkara dunia” yang sempat menjadi bahasan hangat di tengah-tengah ulama. Yang hari ini oleh sebagian orang disepelekan dengan dikatakan : “Inikan hanya alat dan sarana, koq dibid’ahkan.”
Sebelum berkomentar tanpa ilmu yang justru menunjukkan kebodohan kita, alangkah baiknya kita mau menyelami dahulu ilmu para ulama agar tidak mudah mendeskreditkan pendapat pihak lain y angberbeda dengan kita.
Tentang bab ini, insyaallah kita bahas di tulisan selanjutnya. Bersambung...
๐Wallahua'lam
________
[1] Syarah Shahih Muslim (6/154)
[2] Syarah shahih Muslim (7/104)
[3] Fath ar Rabbani (11/5689)
[4] Fath al Bari (13/254)
[5] Dalil al Falihin (2/446)
[6] Mu’jam al Washith (1/455)
[7] Syarah Shahih Muslim (6/154)
Baca juga kajian Ustadz AST tentang Bid'ah :
- Kata Kullu Menurut Ahli Ilmu part III
- Kata Kullu Menurut Ahli Ilmu part II
- Kata Kullu Menurut Ahli Ilmu
- Pembagian Bid'ah Menurut Jumhur Ulama
- Lima Pembagian Bidah
- Dua Kubu Pendapat Masalah Bid'ah
- Bershalawat Saat Berjabat Tangan Apakah Bid'ah?
- Membuka Acara Dengan Al Fatihah Bid'ah?
- Ucapan Selamat Tahun Baru Islam Bid'ah?
- Tahlilan Apakah Bid'ah?
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq