Ibnu Katsir, Murid Ibnu Taimiyah Yang Bermazhab Syafi'i

IBNU KATSIR, MURID IBNU TAIMIYAH YANG BERMAZHAB SYAFI'I

IBNU KATSIR, MURID IBNU TAIMIYAH YANG BERMAZHAB SYAFI'I 

Ibnu Katsir (w. 774 H) rahimahullah  merupakan murid syekh Ibnu Taimiyyah rahimahullah. Biasanya, seroang murid itu akan mengikuti pilihan gurunya, khususnya dalam hal mazhab. Tapi tidak dengan Ibnu Katsir. Gurunya, syekh Ibnu Taimiyyah ‘DNA’ mazhabnya adalah Hanbali, akan tetapi beliu memutuskan untuk bermazhab Syafi’i. Ini sebuah keputusan yang bernas, cerdas dan berkelas. Keputusan ini sudah tentu dibangun di atas suatu pertimbangan yang matang.

Ada beberapa bukti yang kuat dan akurat bahwa Ibnu Katsir adalah seorang Syafi’i. Diantaranya adalah ;

PERTAMA : Imam Adz-Dzahabi rahimahullah menyebutnya sebagai seorang Syafi’i (bermazhab syafi’i). Beliau menyatakan dalam kitab Al-Mu’jam Al-Mukhtash bil Muhadditsin (hlm. 74 – 75) :

إِسْمَاعِيلُ بنُ عمرَ بنِ كثيرٍ، الإِمَامُ الْفَقِيه الْمُحدث الأوحد البارع عماد  الدّين البصروي الشَّافِعِي. فَقِيه متقن، ومحدث متقن، ومفسر نُقَّالٌ، وَله تصانيفُ مفيدةٌ يَدْرِي الْفِقْهَ وَيفهم الْعَرَبيَّةَ وَالْأُصُولَ، ويحفظُ جملَةً صَالِحَةً من الْمُتُون وَالتَّفْسِير وَالرِّجَالِ وأحوالِهم

“Ismail bin Umar bin Katsir, Imam ahli fiqh, satu-satunya ahli hadis di zaman itu, yang unggul atau mahir, Imaduddin (sandaran agama) Al-Bashri Asy-Syafi’i (bermazhab syafi’i). Seoang ahli fiqh yang kokoh, ahli hadis yang mantap, ahli tafsir yang banyak menukil. Memiliki banyak karangan yang sangat bermanfaat, mengetahui fiqh, memahami bahasa Arab dan ushul fiqh, menghafal sejumlah matan, tafsir, rijal, dan kondisi mereka (dari sisi jarh dan ta’dil).”

KEDUA  DAN KETIGA : Beliau mengarang kitab Thabaqat ulama Syafi’iyyah dan mentakhrij hadis-hadis At-Tanbih yang merupakan kitab fiqh mazhab Syafi’i. Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah di dalam Ad-Durar Al-Kaminah (1/445 , cetakan Dairatul Ma’arif) saat menyebutkan biografi beliau, di situ ada pernyataan :

واشتغل بالحديث مطالعةً في متونه ورجاله ، فجَمَعَ التفسيرَ ، وشَرَعَ في كتاب كبير في الأحكام لم يُكْمِلْ ، وجَمَعَ التاريخَ الذي سَمَّاهُ البداية والنهاية ، وعَمِلَ طبقاتِ الشافعية ، وخَرَّجَ أحاديثَ أدلةِ التنبيه

“Beliau sibuk melakukan muthala’ah (pemeriksaan) terhadap hadis di matan dan para periwayatnya, mengumpulkan tafisr, mulai mengarang kitab yang sangat besar di dalam masalah hukum-hukum akan tetapi belum selesai, mengumpulkan sejarah yang beliau beri judul Al-Bidayah wa An-Nihayah, membuat Thabaqat Asy-Syafi’iyyah (katagori kumpulan ulama Syafi’iyyah), serta mentakhrij hadis-hadis dalil dari kitab At-Tanbih (fiqh mazhab syafi’i).”

Nama kitab thabaqatnya adalah ; Thabaqat Asy-Syafi’iin atau Thabaqat Asy-Syafi’iyyah. Sedang kitab takhrijnya adalah ; Irsyad Al-Faqih ila ma’rifah Adillah At-Tanbih (kitab aslinya, yaitu At-Tanbih karya imam Asy-Syirazi). Keduanya dicetak, alhamdulillah. Jika membaca kitab Irsyad ini, sangat kelihatan sekali ke syafi’iyyah-an beliau, dimana beliau begitu kuat ingin membuktikan dan menolong mazhab syafi’i dengan mendatangkan dalil-dalil dari pendapat-pendapat imam Syafi’i.

KEEMPAT : Beliau juga berguru kepada para ulama Syafi’iyyah seperti Imam Burhanuddin Al-Fazari dan yang lainnya serta mengkhatamkan kitab-kitab mazhab Syafi’i. Dan ternyata, ayah beliau yang bernama Umar bin Hafsh bin Katsir, tercatat pernah mengambil ilmu dari Imam An-Nawawi rahimahullah.

Catatan :  Ibnu Katsir memiliki seorang guru bernama Muhyiddin Abu Zakariyya Yahya Asy-Syirazi (bukan An-Nawawi walaupun memiliki gelar, kunyah dan nama yang sama sebagaimana di postingan kami sebelumnya. Ini sekaligus sebagai ralat)

Selevel Ibnu Katsir saja memilih untuk bermazhab Syafi’i, Bagaimana dengan kalian ? Semoga bermanfaat untuk kita sekalian.

(Abdullah Al-Jirani) 

Sumber FB Ustadz : Abdullah Al Jirani

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Ibnu Katsir, Murid Ibnu Taimiyah Yang Bermazhab Syafi'i". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait