Pencari Kebenaran

Pencari Kebenaran

Pencari Kebenaran 

Oleh Ustadz : Rahmat Taufik Tambusai

Aliran dan kelompok yang mengatasnamakan ajaran islam hari ini ratusan bahkan ribuan, ditengah gemerlapnya dunia yang semakin tua, agar tidak mudah terombang ambing diantara aliran tersebut, maka sebagai muslim yang cerdas harus punya sandaran dan prinsip dalam melihat aliran tersebut.

Jika aliran tersebut berani merendahkan kedudukan nabi dengan mengatakan leluhur nabi musyrik dan masuk neraka maka jauhi aliran tersebut karena meragukan asal usul nabi yang bersih lagi suci.

Jika aliran tersebut mengatakan nabi sebelum mendapat wahyu tersesat dan belum dapat hidayah maka jauhi aliran tersebut karena meragukan penjagaan Allah terhadap makhluk yang paling dicintainya.

Jika aliran tersebut melarang berziarah ke makam nabi maka jauhi aliran tersebut karena bertentangan dengan sabda nabi sendiri.

Jika aliran tersebut mengharamkan berdoa dengan cara tawasul kepada nabi, dengan alasan syirik maka jauhi aliran tersebut karena bertentangan dengan ajaran nabi, sebab nabi pernah mengajarkan tawasul kepada sahabat yang datang kepadanya.

Jika aliran tersebut membidahkan sholawat kepada nabi, maka hindari aliran tersebut karena tidak sesuai dengan hadits nabi yang menyuruh kita perbanyak sholawat.

Jika aliran tersebut melarang kita memuji nabi, karena mengganggap mengkultuskan nabi, maka hindari aliran tersebut karena memuji nabi bagian cinta kepada nabi, yang tidak boleh menganggap nabi seperti tuhan yang bisa memberi manfaat dan mudharat.

Jika aliran tersebut melarang mengungkapkan kecintaan kepada nabi dalam bentuk syair, nazam dan sholawat variasi maka hindari aliran tersebut karena kecintaan kepada nabi tidak dibatasi dengan kata, waktu dan tempat.

Jika aliran tersebut mengatakan keturunan nabi telah terputus, maka pastikan kita tidak mendekati aliran tersebut karena telah bertentangan dengan firman Allah dalam surat Al Kautsar.

Jika aliran tersebut meragukan ahlul bait nabi maka jauhi aliran tersebut karena secara tidak langsung meragukan sabda nabi berkaitan ahli keluarganya nabi.

Jika aliran tersebut suka merendahkan dan mencaci maki ahlul bait nabi maka jauhi aliran tersebut karena telah merendahkan nabi itu sendiri.

Jika aliran tersebut sangat mudah menghina anak keturunan nabi, karena ulah segelintir maka hindari aliran tersebut, sebab mereka tidak paham hak sesama umat nabi, apalagi hak anak keturunan nabi.

Jika aliran tersebut memusuhi ahlul bait baik secara lisan maupun perbuatan maka jauhi aliran tersebut karena mereka akan berhadapan dengan nabi di akhirat, jika pun ada kekurangan diantara ahlul bait bukan dimusuhi tetapi didoakan.

Jika aliran tersebut mengatakan haram meminta syafaat kepada nabi, maka hindari aliran tersebut karena telah bertentangan dengan hadits nabi.

Jika aliran tersebut tidak suka dengan anak keturunan nabi maka jauhi aliran tersebut karena mereka lupa dengan sabda nabi, agar menjaga hak mereka.

Jika aliran tersebut mengajarkan kebencian kepada anak keturunan nabi, maka pastikan anda tidak ikut dalam barisan aliran tersebut karena membenci sesama muslim hukumnya haram, apalagi anak keturunan nabi, akan berhadapan dengan nabi di akhirat kelak.

Jika aliran tersebut mengajarkan menjauhi anak keturunan nabi maka hindari aliran tersebut karena secara langsung mereka telah menjauhkan kita dari ajaran nabi, sebab mencintai keturunan nabi bagian cinta kepada nabi.

Jika aliran tersebut mendoktrin bahwa aliran mereka paling mengikuti sunnah nabi tetapi lancang kepada kedudukan nabi dan keturunannya maka pastikan diri anda tidak masuk dalam barisannya karena adab kepada nabi saja kurang, maka itu pertanda kurangnya pemahaman mereka terhadap syariat islam.

Dalu - dalu, Sabtu 22 Juni 2024 

Sumber FB Ustadz : Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pencari Kebenaran". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait