Nasib Kedua Orang Tua Nabi - Seri IV

Nasib Kedua Orang Tua Nabi IV

๐—ก๐—”๐—ฆ๐—œ๐—• ๐—ž๐—˜๐——๐—จ๐—” ๐—ข๐—ฅ๐—”๐—ก๐—š ๐—ง๐—จ๐—” ๐—ก๐—”๐—•๐—œ bagian IV

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Tulisan ini adalah lanjutan dari bahasan sebelumnya tentang ahlu fatrah dan tiga pendapat ulama tentang nasib mereka kelak di akhirat. Dan di bagian ke empat ini kita akan membahas tentang status penduduk Makkah sebelum diutusnya Nabi ๏ทบ apakah mereka termasuk ahlu fatrah ataukah bukan.

Ternyata jika kita tela’ah pendapat para ulama dalam kitab-kitab mereka, umumnya akan kita dapati bahwa mereka berpendapat adalah penduduk Makkah sebelum masa datangnya risalah Islam yang dibawa oleh Nabi ๏ทบ adalah termasuk ahlu fatrah. 

Terlepas kemudian adanya perbedaan pendapat diantara ulama tersebut, apakah ahlu fatrah akan disiksa dalam neraka karena kekafirannya ataukah akan diampuni oleh Allah, sebagaimana ini sebagiannnya telah kita bahas di bab sebelumnya.

Tapi yang jelas mayoritas ulama ketika membahas masa antara nabi Isa dengan masa diutusnya Rasulullah ๏ทบ, atau saat mereka membahas penduduk Makkah di masa jahiliyah, para ulama menyebutnya dengan masa Fatrah. Berikut ini diantaranya :

Al imam Ibnu Jarir Ath Thabari rahimahullah ketika menjelaskan surah al Maidah ayat 19 beliau berkata :

ูŠุฑุงุฏ ุจู‡ ุณูƒูˆู† ู…ุฌูŠุก ุงู„ุฑุณู„ ูˆุฐู„ูƒ ุงู†ู‚ุทุงุนู‡ุง. ุซู… ุงุฎุชู„ู ุฃู‡ู„ ุงู„ุชุฃูˆูŠู„ ููŠ ู‚ุฏุฑ ู…ุฏุฉ ุชู„ูƒ ุงู„ูุชุฑุฉ

 “Yang dimaksud di sini (dengan masa fatrah) adalah masa ketiadaan kedatangan rasul-rasul, dan itu masa keterputusan (wahyu). Kemudian para ulama tafsir berbeda pendapat tentang lamanya masa fatrah tersebut.”[1]

Sedangkan al Imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata :

ุนู„ู‰ ูุชุฑุฉ ู…ู† ุงู„ุฑุณู„، ุฃูŠ ุจุนุฏ ู…ุฏุฉ ู…ุชุทุงูˆู„ุฉ ู…ุง ุจูŠู† ุฅุฑุณุงู„ู‡ ูˆุนูŠุณู‰ ุงุจู† ู…ุฑูŠู…، ูˆู‚ุฏ ุงุฎุชู„ููˆุง ููŠ ู…ู‚ุฏุงุฑ ู‡ุฐู‡ ุงู„ูุชุฑุฉ ูƒู… ู‡ูŠ

 “Atas terputusnya dari rasul-rasul, yakni masa panjang antara diutusnya beliau shalallahu’alaihi wassalam dengan  Isa bin Maryam. Dan telah berbeda pendapat (para ulama) tentang berapa lama masa fatrah tersebut.”[2]

Al Imam Baghawi rahimahullah berkata :

ูˆุณู…ูŠุช ูุชุฑุฉ ู„ุฃู† ุงู„ุฑุณู„ ูƒุงู†ุช ุชุชุฑู‰ ุจุนุฏ ู…ูˆุณู‰ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ู…ู† ุบูŠุฑ ุงู†ู‚ุทุงุน ุฅู„ู‰ ุฒู…ู† ุนูŠุณู‰ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…، ูˆู„ู… ูŠูƒู† ุจุนุฏ ุนูŠุณู‰ ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู… ุณูˆู‰ ุฑุณูˆู„ู†ุง ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…

 “Dan dinamakan masa Fatrah karena para rasul setelah Musa ‘alaihissalam itu berturut-turut diutus tanpa terputus hingga tibanya zaman nabi Isa ‘alaihissalam. Dan tidak ada setelah Isa seorang rasul kecuali Rasul kita shalallahu'alaihi wassalam .”[3]

Al Imam Bukhari rahimahullah mencantumkan dalam shahihnya :

ุนَู†ْ ‌ุณَู„ْู…َุงู†َ ู‚َุงู„َ ‌ูَุชْุฑَุฉٌ ‌ุจَูŠْู†َ ‌ุนِูŠุณَู‰ ‌ูˆَู…ُุญَู…َّุฏٍ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِู…َุง ูˆَุณَู„َّู…َ ุณِุชُّู…ِุงุฆَุฉِ ุณَู†َุฉٍ

 “Dari Sulaiman dia berkata : ‘Masa Fatrah antara Isa dengan Muhammad atas keduanya salam adalah 600 tahun.”

Berkata al imam Ibnu Hajar al Asqalani rahimahullah :

ู‚ูˆู„ู‡ ูุชุฑุฉ ุจูŠู† ุนูŠุณู‰ ูˆู…ุญู…ุฏ ุนู„ูŠู‡ู…ุง ุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุณุชู…ุงุฆุฉ ุณู†ุฉ ‌ูˆุงู„ู…ุฑุงุฏ ‌ุจุงู„ูุชุฑุฉ ‌ุงู„ู…ุฏุฉ ‌ุงู„ุชูŠ ‌ู„ุง ‌ูŠุจุนุซ ‌ููŠู‡ุง ‌ุฑุณูˆู„ ‌ู…ู† ‌ุงู„ู„ู‡ ูˆู„ุง ูŠู…ุชู†ุน ุฃู† ูŠู†ุจุฃ ููŠู‡ุง ู…ู† ูŠุฏุนูˆ ุฅู„ู‰ ุดุฑูŠุนุฉ ุงู„ุฑุณูˆู„ ุงู„ุฃุฎูŠุฑ

 “Dan penyataan masa fatrah antara Isa dan Muhammad ‘alaihmasshalatu wassalam adalah 600 tahun. Dan yang dimaksud masa Fatrah di sini adalah tidak adanya utusan Allah. Meski tidak menutup kemungkinan adanya orang-orang yang mengajak kepada syariatnya nabi yang paling akhir."[4]

Al imam Ibnu Jauzi rahimahullah berkata :

ูˆููŠ ู…ุฏّุฉ ุงู„ูุชุฑุฉ ุจูŠู† ุนูŠุณู‰ ูˆู…ุญู…ุฏ ุนู„ูŠู‡ู…ุง ุงู„ุณู„ุงู… ุฃุฑุจุนุฉ ุฃู‚ูˆุงู„: ุฃุญุฏู‡ุง: ุฃู†ู‡ ูƒุงู† ุจูŠู† ุนูŠุณู‰ ูˆู…ุญู…ّุฏ ุนู„ูŠู‡ู…ุง ุงู„ุณู„ุงู… ุณุชู…ุงุฆุฉ ุณู†ุฉ، ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุตุงู„ุญ ุนู† ุงุจู† ุนุจุงุณ، ูˆุจู‡ ู‚ุงู„ ุณู„ู…ุงู† ุงู„ูุงุฑุณูŠ، ูˆู…ู‚ุงุชู„. ูˆุงู„ุซุงู†ูŠ: ุฎู…ุณู…ุงุฆุฉ ุณู†ุฉ ูˆุณุชูˆู† ุณู†ุฉ، ู‚ุงู„ู‡ ู‚ุชุงุฏุฉ. ูˆุงู„ุซุงู„ุซ: ุฃุฑุจุน ู…ุงุฆุฉ ูˆุจุถุน ูˆุซู„ุงุซูˆู† ุณู†ุฉ، ู‚ุงู„ู‡ ุงู„ุถุญุงูƒ. ูˆุงู„ุฑุงุจุน: ุฎู…ุณู…ุงุฆุฉ ุณู†ุฉ ูˆุฃุฑุจุนูˆู† ุณู†ุฉ، ู‚ุงู„ู‡ ุงุจู† ุงู„ุณุงุฆุจ

“Dan tentang lamanya masa Fatrah antara nabi Isa dengan nabi Muhammad ‘alaihimassalam ada tiga pendapat, yang pertama : Bahwa antara nabi Isa dengan nabi Muhammad ‘alaihimassalam adalah 600 tahun, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Shalih dari Ibnu Abbas, dan ini juga pendapat Sulaiman al Farisi dan Muqatil.  

Pendapat yang kedua : 560 tahun ini pendapat Qatadah. Pendapat yang ketiga : 430 an tahun, ini adalah pendapat adh Dhahak.  Dan pendapat yang keempat : 540 tahun ini adalah pendapat dari Ibnu Saib.

Bahkan pendapat ini juga dipegang oleh sebagian masyayikh Salafiyin seperti yang tertuang dalam fatwa berikut ini :

ูุฃู‡ู„ ุงู„ูุชุฑุฉ ู‡ู… ุงู„ุฐูŠู† ูŠุนูŠุดูˆู† ููŠ ูˆู‚ุช ู„ู… ุชุจู„ุบู‡ู… ููŠู‡ ุฏุนูˆุฉ ุฑุณูˆู„ ูˆู„ู… ูŠุฃุชู‡ู… ูƒุชุงุจ ูƒุงู„ูุชุฑุฉ ุงู„ุชูŠ ุจูŠู† ุนูŠุณู‰ ูˆู…ุญู…ุฏ ุตู„ูˆุงุช ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ู… ูˆุณู„ุงู…ู‡، ู‚ุงู„ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰: ูŠَุง ุฃَู‡ْู„َ ุงู„ْูƒِุชَุงุจِ ู‚َุฏْ ุฌَุงุกูƒُู…ْ ุฑَุณُูˆู„ُู†َุง ูŠُุจَูŠِّู†ُ ู„َูƒُู…ْ ุนَู„َู‰ ูَุชْุฑَุฉٍ ู…ِّู†َ ุงู„ุฑُّุณُู„ِ {ุงู„ู…ุงุฆุฏุฉ:19} .

“Maka yang disebut ahlu Fatrah adalah mereka yang hidup di zaman tidak sampainya dakwah seorang Rasul. Dan tidak pula turun kitab kepada mereka. Seperti masa fatrah antara nabi Isa dengan nabi Muhammad shalawatullahu ’alahim. 

Allah ta’ala berfirman : ‘Wahai ahli kitab, telah datang kepada kalian seorang Rasul Kami yang akan menjelaskan kepada kalian ketika terputus kepada kalian dari diutusnya para  rasul.’ (QS. Al Maidah : 19)

ูˆู…ู† ‌ู‡ุฐุง ‌ูŠุชุจูŠู† ‌ู„ูƒ ‌ุฃู† ‌ุฃู‡ู„ ‌ู…ูƒุฉ ‌ูƒุงู†ูˆุง ‌ู‚ุจู„ ‌ุงู„ุฅุณู„ุงู… ‌ุฃู‡ู„ ‌ูุชุฑุฉ، ูˆุฃู…ุง ุจุนุฏ ุจุนุซุฉ ู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูุฅู†ู‡ู… ู„ู… ูŠูƒูˆู†ูˆุง ูƒุฐู„ูƒ، ู„ุฃู†ู‡ู… ุงู„ุฐูŠ ุจُุนุซ ููŠู‡ู… ุงู„ุฑุณูˆู„ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุฃู†ุฐุฑู‡ู… ูˆุญุฐุฑู‡ู…، ูˆุดุฑุญ ู„ู‡ู… ุทุฑูŠู‚ ุงู„ู‡ุฏู‰، ูุขู…ู† ู…ู†ู‡ู… ู…ู† ู‡ุฏู‰ ุงู„ู„ู‡، ูˆุจู‚ูŠ ุนู„ู‰ ุงู„ูƒูุฑ ู…ู† ู„ู… ูŠุฑุฏ ุงู„ู„ู‡ ู‡ุฏุงูŠุชู‡

“Dan dari sini jelaslah bahwa penduduk Makkah sebelum datangnya masa Islam adalah termasuk ahlu fatrah. Adapun setelah diutusnya nabi Muhammad ๏ทบ barulah keadaan mereka berubah, Karena dengan demikian sudah ada beliau sebagai Rasul yang memberi peringatan kepada mereka. 

Yang menjelaskan kepada mereka jalan petunjuk. Maka berimanlah sebagian dari mereka yang Allah beri hidayah. Dan sebagiannya lagi tetap dalam kekafirannya yaitu mereka yang tidak Allah berikan hidayah kepadanya.”[5]

Bersambung ke bagian V…

•┈┈•••○○❁༺ฮฑั•ั‚༻❁○○•••┈┈•

[1] Tafsir ath Thabari (8/274)

[2] Tafsir Ibnu Katsir (3/63)

[3] Tafsir al Baghawi (3/34)

[4] Fath al Bari (7/277)

[5] Fatawa Asy Syabakah al Islamiyah (4/36)

Baca juga Serial Bahasan Nasib Orang Tua Nabi :

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Nasib Kedua Orang Tua Nabi - Seri IV". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait