Kenapa Orang-orang Tidak Bermazhab Disebut Wahhabi?

Kenapa Orang-orang Tidak Bermazhab Disebut Dengan Wahhabi?

Kenapa orang-orang tidak bermazhab yang menyimpang dari Ahlussunnah disebut dengan Wahhabi?!

Karena mereka sendiri yang menamakan dirinya dengan Wahhabi. Silahkan perhatikan cover buku yang menjelaskan ajaran mereka berjudul "al Hadiyyah al-Sunniyah wa al-Tuhfah al-Wahhabiyah al-Najdiyah" dan dicetak kedua kalinya atas perintah raja Saudi Arabia Abdul Aziz Alu Saud pada tahun 1344 H

Buku ini kata mereka dipersembahkan untuk ahli tauhid dari agama yang Hanif dan pengikut cara hidup Nabi Muhammad.

Jika ada orang Wahhabi yang mengelak bahwa penisbatan Wahhabi berasal dari "Asmaul Husna al-Wahhab" itu adalah cara ngeles dan BID'AH orang Wahhabi. Sejak era Sahabat sampai hari ini tidak ada orang yang menisbatkan interpretasi/kesimpulan/pemahaman mereka terhadap dalil-dalil syariat kepada Allah. 

Jika ada yang mengelak bahwa penisbatan Wahhabi tidak benar. Karena kalau dinisbatkan kepada Muhammad bin Abdul Wahhab semestinya gerakan mereka disebut dengan "Muhammadi", sebab namanya Muhammad. Ini hanya trik lain dari Wahhabi untuk ngeles. Madzhab Imam Ahmad bin Hanbal tidak disebut dengan " Mazhab Ahmadi". Madzhab Imam Muhammad bin Idris al-Syafi'i juga tidak disebut dengan "Mazhab Muhammadi"

Jika ada orang Wahhabi menyebutkan bahwa Wahhabiyyah itu dinisbatkan kepada Muhammad bin Abdul Wahhab bin Rustum itu adalah cara ngeles Wahhabi yang lain, karena tidak ada umat hari ini yang mengenal nama itu dan menisbatkan ajaran ahli bid'ah yang menyimpang dari Ahlussunnah wal Jama'ah dan tidak bermazhab yang berkembang hari ini kepada nama itu. Jelas-jelas para ulama Ahlussunnah wal Jama'ah menyebut mereka Wahhabi karena mereka yang mengumumkan diri mereka kepada umat.

Para ulama menerima nisbat mereka kepada Wahhabi karena tokoh belakangan yang aktif mengembangkan cara beragama yang sempit dan kaku seperti mereka adalah Muhammad bin Abdul Wahhab, yang wafat pada tahun 1207 H.

Muhammad bin Abdul Wahhab ini bersengkokol dengan Alu Sa'ud untuk keluar dari kehilafahan Islam yang saat itu Khilafah Utsmaniyah. Mereka saling support untuk memberontak kepada kekhalifahan Islam yang resmi. Mereka mengusir para Ahlul Bait dan membunuh para ulama Ahlussunnah wal Jama'ah di Hijaz dengan alasan syirik dan kufur. Umat Rasulullah yang tidak sepaham dengan mereka dihukumi mereka sebagai orang kufur atau ahli bid'ah. Itu sebabnya mereka sangat eksklusif dari umat Rasulullah. 

baca juga: Tidak Bermazhab Berarti Membuat Mazhab Baru

Sumber FB Ustadz : Alnofiandri Dinar

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Kenapa Orang-orang Tidak Bermazhab Disebut Wahhabi?". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait