Hukum Mendoakan Orang Kafir

Hukum Mendoakan Orang Kafir

𝗛𝗨𝗞𝗨𝗠 𝗠𝗘𝗡𝗗𝗢𝗔𝗞𝗔𝗡 𝗢𝗥𝗔𝗡𝗚 𝗞𝗔𝗙𝗜𝗥

𝘔𝘢𝘢𝘧 𝘬𝘪𝘺𝘢𝘪 𝘢𝘱𝘢 𝘩𝘶𝘬𝘶𝘮 

𝘮𝘦𝘯𝘥𝘰𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘯𝘰𝘯 𝘮𝘶𝘴𝘭𝘪𝘮 ?

𝗝𝗮𝘄𝗮𝗯𝗮𝗻

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Boleh tidaknya berdoa untuk orang di luar Islam, tergantung doanya tersebut apa isi dan tujuannya. Mendoakan yang diharamkan untuk mereka adalah doa memohonkan ampunan atas mereka bila telah mati dalam kekafirannya. Ini yang disepakati oleh para ulama tanpa perbedaan pendapat, berdasarkan kandungan ayat dalam surah at Taubah ayat 113 :

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

"𝘋𝘢𝘯 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬𝘭𝘢𝘩 𝘭𝘢𝘺𝘢𝘬 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘮𝘰𝘩𝘰𝘯 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯 (𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩) 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬, 𝘴𝘦𝘬𝘢𝘭𝘪𝘱𝘶𝘯 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 itu 𝘬𝘦𝘳𝘢𝘣𝘢𝘵𝘯𝘺𝘢, 𝘴𝘦𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬 𝘪𝘵𝘶 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘩𝘶𝘯𝘪 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢 𝘫𝘢𝘩𝘢𝘯𝘢𝘮."

Demikian juga berdasarkan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu bahwa Rasulullah ﷺ  bersabda :

استأذنتُ ربي أن أستغفرَ لأمِّي، فلم يأذنْ لي، واستأذنته أن أزورَ قبرها، فأذِن لي

“𝘈𝘬𝘶 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢 𝘪𝘻𝘪𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘛𝘶𝘩𝘢𝘯𝘬𝘶 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘪𝘣𝘶𝘬𝘶, 𝘥𝘢𝘯 𝘋𝘪𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘶 𝘪𝘻𝘪𝘯. 𝘋𝘢𝘯 𝘢𝘬𝘶 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢 𝘪𝘻𝘪𝘯 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢-𝘕𝘺𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘯𝘻𝘪𝘢𝘳𝘢𝘩𝘪 𝘪𝘣𝘶𝘬𝘶, 𝘥𝘢𝘯 𝘋𝘪𝘢 𝘱𝘶𝘯 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘶 𝘪𝘻𝘪𝘯”. (HR. Muslim).

Disebutkan dalam al Mausu’ah :

وأما بعد وفاته فيحرم ‌الدعاء ‌للكافر بالمغفرة ونحوها… وأجمع المسلمون عليه

“𝘈𝘥𝘢𝘱𝘶𝘯 𝘴𝘦𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘦𝘮𝘢𝘵𝘪𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢, 𝘥𝘪𝘩𝘢𝘳𝘢𝘮𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘰𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘥𝘰𝘢 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘮𝘪𝘴𝘢𝘭𝘯𝘺𝘢… 𝘥𝘢𝘯 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘦𝘱𝘢𝘬𝘢𝘵 𝘬𝘢𝘶𝘮 𝘮𝘶𝘴𝘭𝘪𝘮𝘪𝘯 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘯𝘪.”[1]

𝗗𝗼𝗮 𝘀𝗲𝗹𝗮𝗶𝗻 𝗮𝗺𝗽𝘂𝗻𝗮𝗻 𝘀𝗲𝘁𝗲𝗹𝗮𝗵 𝗸𝗲𝗺𝗮𝘁𝗶𝗮𝗻𝗻𝘆𝗮.

Adapun mendoakan orang-orang di luar Islam selain permohonan ampunan atas dosa-dosanya setelah kematiannya, ada yang disepakati akan kebolehannya dan ada pula yang dikhilafkan oleh para ulama. Berikut rinciannya :

𝟭. 𝗗𝗼𝗮 𝗮𝗴𝗮𝗿 𝗱𝗶𝗯𝗲𝗿𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗵𝗶𝗱𝗮𝘆𝗮𝗵

 Ulama sepakat membolehkan untuk mendoakan orang kafir agar diberikan hidayah petunjuk. Hal ini berdasarkan beberapa dalil diantaranya :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَدِمَ الطُّفَيْلُ وَأَصْحَابُهُ فَقَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّ دَوْسًا قَدْ كَفَرَتْ وَأَبَتْ، فَادْعُ اللهَ عَلَيْهَا فَقِيلَ: هَلَكَتْ دَوْسٌ فَقَالَ: اللهُمَّ اهْدِ دَوْسًا وَائْتِ بِهِمْ

𝘈𝘣𝘶 𝘏𝘶𝘳𝘢𝘪𝘳𝘢𝘩 𝘳𝘢𝘥𝘩𝘪𝘺𝘢𝘭𝘭𝘢𝘩𝘶 ‘𝘢𝘯𝘩𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 : "𝘚𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘩𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘵 𝘛𝘩𝘶𝘧𝘢𝘪𝘭 𝘥𝘢𝘯 𝘱𝘢𝘳𝘢 𝘴𝘢𝘩𝘢𝘣𝘢𝘵𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨, 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 : “𝘠𝘢 𝘙𝘢𝘴𝘶𝘭𝘶𝘭𝘭𝘢𝘩, 𝘬𝘢𝘣𝘪𝘭𝘢𝘩 𝘋𝘢𝘶𝘴 𝘣𝘦𝘯𝘢𝘳-𝘣𝘦𝘯𝘢𝘳 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘶𝘧𝘶𝘳 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘰𝘭𝘢𝘬 𝘥𝘢𝘬𝘸𝘢𝘩 𝘐𝘴𝘭𝘢𝘮, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘥𝘰𝘢𝘬𝘢𝘯𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘦𝘣𝘶𝘳𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 !

𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘢𝘥𝘢 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 : “𝘔𝘢𝘮𝘱𝘶𝘴𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘣𝘪𝘭𝘢𝘩 𝘋𝘢𝘶𝘴”. 𝘛𝘢𝘱𝘪 𝘣𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶 ﷺ 𝘫𝘶𝘴𝘵𝘳𝘶 𝘣𝘦𝘳𝘴𝘢𝘣𝘥𝘢: “𝘠𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩, 𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯𝘭𝘢𝘩 𝘩𝘪𝘥𝘢𝘺𝘢𝘩 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘒𝘢𝘣𝘪𝘭𝘢𝘩 𝘋𝘢𝘶𝘴, 𝘥𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨𝘬𝘢𝘯𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘬𝘶.” (Muttafaqun ‘alaih)

عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اللَّهُمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ بِأَحَبِّ هَذَيْنِ الرَّجُلَيْنِ إِلَيْكَ بِأَبِي جَهْلٍ أَوْ بِعُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ

𝘋𝘢𝘳𝘪 𝘐𝘣𝘯𝘶 𝘜𝘮𝘢𝘳 𝘳𝘢𝘥𝘩𝘪𝘺𝘢𝘭𝘭𝘢𝘩𝘶’𝘢𝘯𝘩𝘶 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘙𝘢𝘴𝘶𝘭𝘶𝘭𝘭𝘢𝘩 ﷺ 𝘱𝘦𝘳𝘯𝘢𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘰𝘢 : “𝘠𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩, 𝘮𝘶𝘭𝘪𝘢𝘬𝘢𝘯𝘭𝘢𝘩 𝘐𝘴𝘭𝘢𝘮 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘴𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘢𝘵𝘶 𝘭𝘢𝘬𝘪-𝘭𝘢𝘬𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘱𝘢𝘭𝘪𝘯𝘨 𝘦𝘯𝘨𝘬𝘢𝘶 𝘴𝘶𝘬𝘢𝘪, 𝘺𝘢𝘪𝘵𝘶 ‘𝘈𝘮𝘳 𝘣𝘪𝘯 𝘏𝘪𝘴𝘺𝘢𝘮 (𝘈𝘣𝘶 𝘑𝘢𝘩𝘭) 𝘢𝘵𝘢𝘶 ‘𝘜𝘮𝘢𝘳 𝘣𝘪𝘯 𝘒𝘩𝘢𝘵𝘵𝘢𝘣.” (HR. Tirmidzi )

Berkata al imam Ibnu Hajar al Haitami rahimahullah :

ويجوز ‌الدعاء ‌للكافر بنحو صحة البدن والهداية

“𝘋𝘪𝘣𝘰𝘭𝘦𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘰𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘥𝘰𝘢 𝘒𝘦𝘴𝘦𝘩𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘥𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘩𝘪𝘥𝘢𝘺𝘢𝘩.”[2]

𝟮. 𝗗𝗼𝗮 𝗸𝗲𝗯𝗮𝗶𝗸𝗮𝗻 𝘂𝗿𝘂𝘀𝗮𝗻 𝗱𝘂𝗻𝗶𝗮

Adapun mendoakan untuk kebaikan urusan dunia bagi non muslim semisal agar diberi kesehatan badan, rezeki, anak, atau doa bela sungkawa atas musibah yang menimpanya, ulama berbeda pendapat.

Sebagian ulama tegas menyatakan tidak dibolehkan karena ini dipandang sebagai bentuk loyalitas kepada orang kafir yang terlarang.

Adapun mayoritas ulama berpendapat tidak mengapa mendoakan kebaikan urusan dunia kepada orang kafir. Karena tidak masuk dalam larangan pada ayat di atas.

Berkata al imam An Nawawi rahimahullah :

لكن يجوز ان يدعي بالهداية وصحة البدن والعافية وشبه ذالك وروينا في كتاب ابن السني عن انس عنه قال استسقي النبي صلى الله عليه وسلم فسقاه يهودي فقال له النبي صلى الله عليه وسلم جملك الله فما رأي الشيب حتي مات

“𝘛𝘦𝘵𝘢𝘱𝘪 𝘥𝘪𝘣𝘰𝘭𝘦𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘰𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳 𝘢𝘨𝘢𝘳 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘢𝘱𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘵𝘶𝘯𝘫𝘶𝘬, 𝘴𝘦𝘩𝘢𝘵 𝘣𝘢𝘥𝘢𝘯, 𝘬𝘦𝘴𝘦𝘭𝘢𝘮𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘥𝘶𝘯𝘪𝘢, 𝘥𝘢𝘯 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘦𝘫𝘦𝘯𝘪𝘴𝘯𝘺𝘢. 𝘋𝘢𝘯 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘳𝘪𝘸𝘢𝘺𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘪𝘵𝘢𝘣 𝘐𝘣𝘯𝘶 𝘚𝘶𝘯𝘯𝘪 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘢𝘺𝘺𝘪𝘥𝘪𝘯𝘢 𝘈𝘯𝘢𝘴 𝘳𝘢𝘥𝘩𝘪𝘺𝘢𝘭𝘭𝘢𝘩𝘶 ‘𝘢𝘯𝘩𝘶, 𝘪𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢 : 

𝘙𝘢𝘴𝘶𝘭𝘶𝘭𝘭𝘢𝘩 ﷺ 𝘱𝘦𝘳𝘯𝘢𝘩 𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢 𝘢𝘪𝘳 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘠𝘢𝘩𝘶𝘥𝘪, 𝘥𝘢𝘯 𝘠𝘢𝘩𝘶𝘥𝘪 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘦𝘳𝘪𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘣𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘣𝘦𝘭𝘪𝘢𝘶 𝘱𝘶𝘯 𝘣𝘦𝘳𝘬𝘢𝘵𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢; 𝘑𝘢𝘮𝘮𝘢𝘭𝘢𝘬𝘢𝘭𝘭𝘢𝘩, (𝘚𝘦𝘮𝘰𝘨𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘦𝘮𝘣𝘢𝘨𝘶𝘴𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘪𝘳𝘪𝘮𝘶) 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘠𝘢𝘩𝘶𝘥𝘪 𝘵𝘦𝘳𝘴𝘦𝘣𝘶𝘵 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘮𝘦𝘭𝘪𝘩𝘢𝘵 𝘶𝘣𝘢𝘯 𝘴𝘢𝘮𝘱𝘢𝘪 𝘮𝘢𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢.”[3]

𝟯. 𝗠𝗲𝗺𝗼𝗵𝗼𝗻𝗸𝗮𝗻 𝗮𝗺𝗽𝘂𝗻𝗮𝗻 𝗸𝗲𝘁𝗶𝗸𝗮 𝗺𝗮𝘀𝗶𝗵 𝗵𝗶𝗱𝘂𝗽

Kebanyakan ulama berpendapat tidak boleh memohonkan ampunan bagi orang kafir baik ketika masih hidup maupun telah mati. Berkata al imam an Nawawi rahimahullah :

اعلم انه لا يجوز ان يدعي له بالمغفرة وما اشبهها مما لا يقال لكفار

“𝘒𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘪𝘭𝘢𝘩 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢𝘴𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘣𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘣𝘦𝘳𝘥𝘰𝘢 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳 𝘢𝘵𝘢𝘶 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘰𝘢𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘢𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘭𝘢𝘺𝘢𝘬 𝘥𝘪𝘬𝘢𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳."³

Al imam Munawi rahimahullah berkata :

ويجوز ‌الدعاء ‌للكافر أيضا بنحو هداية وصحة وعافية لا بالمغفرة

“𝘋𝘪𝘣𝘰𝘭𝘦𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘰𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳 𝘥𝘦𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘥𝘰𝘢 𝘩𝘪𝘥𝘢𝘺𝘢𝘩, 𝘬𝘦𝘴𝘦𝘩𝘢𝘵𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘯 𝘬𝘦𝘢𝘧𝘪𝘢𝘵𝘢𝘯, 𝘵𝘢𝘱𝘪 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘣𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘮𝘦𝘯𝘥𝘰𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯𝘢𝘯…”[4]

Ibnu Arabi dalam menyatakan : “𝘋𝘪𝘳𝘪𝘸𝘢𝘺𝘢𝘵𝘬𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘐𝘣𝘯𝘶 𝘈𝘣𝘣𝘢𝘴 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘣𝘦𝘣𝘦𝘳𝘢𝘱𝘢 𝘭𝘢𝘬𝘪-𝘭𝘢𝘬𝘪 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘢𝘩𝘢𝘣𝘢𝘵 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘣𝘦𝘳𝘵𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘕𝘢𝘣𝘪 ﷺ : ‘𝘠𝘢 𝘙𝘢𝘴𝘶𝘭𝘢𝘭𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘣𝘢𝘨𝘪𝘢𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘢𝘺𝘢𝘩-𝘢𝘺𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘢𝘪𝘬 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘵𝘦𝘵𝘢𝘯𝘨𝘨𝘢 𝘥𝘢𝘯 𝘮𝘦𝘯𝘺𝘢𝘮𝘣𝘶𝘯𝘨 𝘴𝘪𝘭𝘢𝘵𝘶𝘳𝘳𝘢𝘩𝘪𝘮, 𝘢𝘱𝘢𝘬𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘮𝘪 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘣𝘰𝘭𝘦𝘩 𝘮𝘦𝘮𝘰𝘩𝘰𝘯𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯 𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢?’ 

𝘔𝘢𝘬𝘢 𝘵𝘶𝘳𝘶𝘯𝘭𝘢𝘩 𝘢𝘺𝘢𝘵 111 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘴𝘶𝘳𝘢𝘩 𝘈𝘵 𝘛𝘢𝘶𝘣𝘢𝘩." Yang artinya hal tersebut tidak dibolehkan.[5]

Sedangkan sebagian ulama membolehkan mendoakan ampunan atas orang kafir yang masih hidup. Imam At-Thabari beliau mengatakan dalam tafsirnya: “Sekelompok ulama’ telah menafsiri firman Allah : “𝘛𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘴𝘦𝘱𝘢𝘵𝘶𝘵𝘯𝘺𝘢 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢𝘯, 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯 (𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩) 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬, 𝘸𝘢𝘭𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬 𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘶𝘮 𝘬𝘦𝘳𝘢𝘣𝘢𝘵𝘯𝘺𝘢…” 

Bahwa larangan dari Allah untuk memintakan ampun bagi kaum musyrikin adalah setelah matinya mereka (dalam keadaan kafir), karena firman-Nya : “𝘚𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢, 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢𝘴𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬 𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘩𝘶𝘯𝘪 𝘫𝘢𝘩𝘪𝘮”.

Mereka mengatakan: “𝘈𝘭𝘢𝘴𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢, 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘥𝘢 𝘺𝘨 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘮𝘢𝘴𝘵𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘥𝘪𝘢 𝘢𝘩𝘭𝘪 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢, 𝘬𝘦𝘤𝘶𝘢𝘭𝘪 𝘴𝘦𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘪𝘢 𝘮𝘢𝘵𝘪 𝘥𝘢𝘭𝘢𝘮 𝘬𝘦𝘬𝘢𝘧𝘪𝘳𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢, 𝘢𝘥𝘢𝘱𝘶𝘯 𝘴𝘢𝘢𝘵 𝘪𝘢 𝘮𝘢𝘴𝘪𝘩 𝘩𝘪𝘥𝘶𝘱, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘢𝘥𝘢 𝘺𝘨 𝘣𝘪𝘴𝘢 𝘮𝘦𝘯𝘨𝘦𝘵𝘢𝘩𝘶𝘪 𝘩𝘢𝘭 𝘪𝘵𝘶, 𝘴𝘦𝘩𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢 𝘥𝘪𝘣𝘰𝘭𝘦𝘩𝘬𝘢𝘯 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘒𝘢𝘶𝘮 𝘔𝘶𝘬𝘮𝘪𝘯𝘪𝘯 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢."[6]

Kalangan yang membolehkan doa ampunan kepada orang kafir yang masih hidup juga berdalil dengan mafhum mukhalafah /pemahaman terbaliknya dari firman Allah ta'ala berikut :

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ . وَمَا كَانَ اسْتِغْفَارُ إِبْرَاهِيمَ لِأَبِيهِ إِلَّا عَنْ مَوْعِدَةٍ وَعَدَهَا إِيَّاهُ فَلَمَّا تَبَيَّنَ لَهُ أَنَّهُ عَدُوٌّ لِلَّهِ تَبَرَّأَ مِنْهُ إِنَّ إِبْرَاهِيمَ لَأَوَّاهٌ حَلِيمٌ

“𝘛𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘴𝘦𝘱𝘢𝘵𝘶𝘵𝘯𝘺𝘢 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘕𝘢𝘣𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘣𝘦𝘳𝘪𝘮𝘢𝘯, 𝘮𝘦𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢𝘬𝘢𝘯 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯 (𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩) 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬, 𝘸𝘢𝘭𝘢𝘶𝘱𝘶𝘯 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬 𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘶𝘮 𝘬𝘦𝘳𝘢𝘣𝘢𝘵𝘯𝘺𝘢, 𝘴𝘦𝘴𝘶𝘥𝘢𝘩 𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘮𝘦𝘳𝘦𝘬𝘢, 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢𝘴𝘢𝘯𝘺𝘢 𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨-𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘮𝘶𝘴𝘺𝘳𝘪𝘬 𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘱𝘦𝘯𝘨𝘩𝘶𝘯𝘪 𝘯𝘦𝘳𝘢𝘬𝘢 𝘫𝘢𝘩𝘪𝘮.

𝘋𝘢𝘯 𝘱𝘦𝘳𝘮𝘪𝘯𝘵𝘢𝘢𝘯 𝘢𝘮𝘱𝘶𝘯 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘐𝘣𝘳𝘢𝘩𝘪𝘮 (𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩) 𝘶𝘯𝘵𝘶𝘬 𝘣𝘢𝘱𝘢𝘬𝘯𝘺𝘢, 𝘵𝘪𝘥𝘢𝘬 𝘭𝘢𝘪𝘯 𝘩𝘢𝘯𝘺𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘬𝘢𝘳𝘦𝘯𝘢 𝘴𝘶𝘢𝘵𝘶 𝘫𝘢𝘯𝘫𝘪 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘵𝘦𝘭𝘢𝘩 𝘥𝘪𝘪𝘬𝘳𝘢𝘳𝘬𝘢𝘯𝘯𝘺𝘢 𝘬𝘦𝘱𝘢𝘥𝘢 𝘣𝘢𝘱𝘢𝘬𝘯𝘺𝘢 𝘪𝘵𝘶. 𝘔𝘢𝘬𝘢, 𝘵𝘢𝘵𝘬𝘢𝘭𝘢 𝘫𝘦𝘭𝘢𝘴 𝘣𝘢𝘨𝘪 𝘐𝘣𝘳𝘢𝘩𝘪𝘮 𝘣𝘢𝘩𝘸𝘢 𝘣𝘢𝘱𝘢𝘬𝘯𝘺𝘢 𝘪𝘵𝘶 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘮𝘶𝘴𝘶𝘩 𝘈𝘭𝘭𝘢𝘩, 𝘮𝘢𝘬𝘢 𝘥𝘪𝘢 𝘣𝘦𝘳𝘭𝘦𝘱𝘢𝘴 𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘱𝘢𝘥𝘢𝘯𝘺𝘢. 𝘚𝘦𝘴𝘶𝘯𝘨𝘨𝘶𝘩𝘯𝘺𝘢 𝘐𝘣𝘳𝘢𝘩𝘪𝘮 𝘢𝘥𝘢𝘭𝘢𝘩 𝘴𝘦𝘰𝘳𝘢𝘯𝘨 𝘺𝘢𝘯𝘨 𝘴𝘢𝘯𝘨𝘢𝘵 𝘭𝘦𝘮𝘣𝘶𝘵 𝘩𝘢𝘵𝘪𝘯𝘺𝘢 𝘭𝘢𝘨𝘪 𝘱𝘦𝘯𝘺𝘢𝘯𝘵𝘶𝘯.” (QS. at Taubah: 113-114)

Ayat diatas mengaitkan “Larangan memintakan ampun untuk kaum Musyrikin”, dengan keadaan “sudah jelas bagi mereka bahwa orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka”. 

Sehingga sebelum jelas menjadi penghuni neraka, boleh dimintakan ampun. Dan telah shahih dari Ibnu Abbas, bahwa maksud dari firman Allah taa'la yang artinya: “Maka, tatkala jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya itu adalah musuh Allah” adalah “setelah mati dalam keadaan kufur”. Sehingga sebelum kematiannya, masih boleh dimintakan ampun.

𝗞𝗲𝘀𝗶𝗺𝗽𝘂𝗹𝗮𝗻

1. Berdoa yang diharamkan adalah memohonkan ampunan atas orang kafir yang sudah meninggal dunia.

2. Adapun mendoakan orang kafir agar mendapatkan hidayah maka hukumnya boleh.

3. Ulama berbeda pendapat tentang hukum mendoakan kebaikan urusan dunia seperti kesehatan, rezeki atau bela sungkawa atas musibah. Menurut mayoritas ulama dibolehkan.

4. Ulama juga berbeda pendapat tentang hukum mendoakan ampunan atas orang kafir yang masih hidup, sebagian kelompok ulama membolehkan, sedangkan jumhur ulama melarang.

Wallahu a’lam

____________

[1] Al Mausu’ah  Fiqhiyah al Kuwaitiyah (11/187)

[2] Tuhfatul Muhtaj (2/88)

[3] Al Adzkar halaman 282.

[4] Faidhul Qadir (1/345)

[5] Ahkamul Quran (2/591).

[6] Tafsir Thabari (12/26). 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Hukum Mendoakan Orang Kafir". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait