๐๐๐๐๐๐ ๐๐ก๐ ๐ก๐๐ฆ๐๐ ๐๐๐๐จ๐ ๐ข๐ฅ๐๐ก๐ ๐ง๐จ๐ ๐ก๐๐๐ ? Bagian II
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Sebab perselisihan tentang nasib orang tua Nabi di akhirat apakah di neraka atau tidak adalah bermula dari perbedaan pandangan ulama apakah mereka semasa hidupnya termasuk ahlu fatrah atau bukan.
Sebagian mereka menyatakan bahwa ibu bapak Rasulullah shalallahu'alahi wasaalam bukan ahli fatrah, namun sebagiannya lagi menganggap bahwa mereka hidup di masa di mana sedang terjadi kekosongan dari risalah kenabian khususnya di wilayah jazirah Arab.
Maka sebelum kita lanjut ke bahasan tentang perbedaan ulama, kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang ahlu fatrah siapa mereka dan bagaimana nasib mereka kelak di akhirat.
๐๐ต๐น๐ ๐ณ๐ฎ๐๐ฟ๐ฎ๐ต
Ahlu al fatrah (ุงูู ุงููุชุฑุฉ) terdiri dari dua kata Ahli yang artinya secara bahasa bisa pemilik, empu atau golongan. Sedangkan kata fatrah artinya terputus atau kosong.[1] Dikatakan dengan istilah “futur” adalah sesuatu yang tenang yang tadinya bergejolak, melunak yang tadinya keras.[2] Seperti dikatakan “Fattara al Mathar” yang artinya telah terhenti hujan.[3]
Dan fatrah yang merupakan bentuk dari kata fatara diistilahkan oleh Murtadha az Zabidi rahimahullah dengan :
ู ุง ุจูู ูู ุฑุณูููู ู ู ุฑุณู ุงููู ุนุฒ ูุฌู ู ู ุงูุฒู ุงู ุงูุฐู ุงููุทุนุช ููู ุงูุฑุณุงูุฉ
“๐๐ข๐ด๐ข ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐ฅ๐ถ๐ข ๐ถ๐ต๐ถ๐ด๐ข๐ฏ ๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ข๐ป๐ป๐ข ๐ธ๐ข๐ซ๐ข๐ญ๐ญ๐ข ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ข๐ด๐ข ๐ช๐ต๐ถ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฑ๐ถ๐ต๐ถ๐ด ๐ณ๐ช๐ด๐ข๐ญ๐ข๐ฉ.”[4]
Sedangkan al Imam Ibnu Katsir rahimahullah mendefinisikan dengan :
ูู ู ุง ุจูู ูู ูุจููู ูุงููุทุงุน ุงูุฑุณุงูุฉ ุจูู ุนูุณู ุนููู ุงูุณูุงู ูู ุญู ุฏ - ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
“๐๐ช๐ข ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฆ๐ต๐ช๐ข๐ฑ (๐ฎ๐ข๐ด๐ข) ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐ฏ๐ข๐ฃ๐ช-๐ฏ๐ข๐ฃ๐ช, ๐ด๐ฆ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ต๐ช ๐ฎ๐ข๐ด๐ข ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฑ๐ถ๐ต๐ถ๐ด๐ฏ๐บ๐ข (๐ฌ๐ฆ๐ฏ๐ข๐ฃ๐ช๐ข๐ฏ) ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐๐ด๐ข ๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช๐ด๐ด๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐๐ข๐ฃ๐ช ๐ฎ๐ถ๐ฉ๐ข๐ฎ๐ฎ๐ข๐ฅ ๐๐ฉ๐ข๐ญ๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ๐ถ ๐ข๐ญ๐ข๐ช๐ฉ๐ช ๐ธ๐ข๐ด๐ข๐ญ๐ญ๐ข๐ฎ.”[5]
Adapun imam as Subki rahimahullah mengartikan dengan :
ูู ู ุง ูุงูุช ุจูู ุฑุณูููู ูู ُูุฑุณู ุฅููู ุงูุฃูู ููู ُูุฏุฑِู ุงูุซุงูู
“๐๐ช๐ข ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฅ๐ช๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐ฅ๐ถ๐ข ๐ถ๐ต๐ถ๐ด๐ข๐ฏ ๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ, ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ข๐ฏ๐ข ๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ ๐ด๐ข๐ต๐ถ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐ฅ๐ช๐ถ๐ต๐ถ๐ด ๐ด๐ฆ๐ฅ๐ข๐ฏ๐จ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ ๐ด๐ฆ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ๐ฏ๐บ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ถ๐ฎ๐ฑ๐ข๐ช ๐ฎ๐ข๐ด๐ข๐ฏ๐บ๐ข.”[6]
Imam Alusi rahimahullah berkata :
ุฃุฌู ุน ุงูู ูุณุฑูู ุจุฃู ุงููุชุฑุฉ ูู ุงููุทุงุน ู ุง ุจูู ุฑุณูููู
“๐๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ด๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฌ๐ข๐ต ๐ฑ๐ข๐ณ๐ข ๐ข๐ฉ๐ญ๐ช ๐ต๐ข๐ง๐ด๐ช๐ณ ๐ฃ๐ข๐ฉ๐ธ๐ข “๐ง๐ข๐ต๐ณ๐ข๐ฉ” ๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฎ๐ข๐ด๐ข ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฑ๐ถ๐ต๐ถ๐ด (๐ณ๐ช๐ด๐ข๐ญ๐ข๐ฉ) ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข ๐ฅ๐ถ๐ข ๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ.”[7]
Sehingga jika digabungkan antara kata ahlu dengan fatrah akan terdefinisi diantara dengan pengertian : “Golongan atau umat yang hidup di masa antara dua utusan Allah, yang mereka tidak bertemu dengan utusan Allah yang pertama dan tidak juga menjumpai utusan Allah yang kedua. Seperti umat yang hidup di zaman antara telah diutusnya Isa ‘alaihissalam dan sebelum diutusnya Rasulullah ๏ทบ. Yang di masa mereka tidak ada Rasul yang diutus kepada mereka.”[8]
Sehingga dengan definisi ini, ahlu fatrah tidak ada lagi setelah diutusnya Nabi Muhammad ๏ทบ, karena memang tidak ada sepeninggal nabi atau Rasul yang diutus oleh Allah ta’ala. Namun meskipun demikian para ulama menyatakan meskipun secara penamaan ahli fatrah ini tidak ada lagi, namun secara hukum ahli fatrah bisa saja terjadi di masa setelah diutusnya Rasulullah ๏ทบ . Yakni mereka yang hidup di suatu masa atau tempat namun dakwah Islam tidak sampai kepada mereka. Nah mereka ini juga dihukumi sebagai ahlu fatrah.
๐ก๐ฎ๐๐ถ๐ฏ ๐๐ต๐น๐ถ ๐๐ฎ๐๐ฟ๐ฎ๐ต ๐ฑ๐ถ ๐๐ธ๐ต๐ถ๐ฟ๐ฎ๐
Tentang keadaan para ahli fatrah itu nanti di akhirat, secara umum ada tiga pendapat ulama tentangnya. Yang pertama mereka akan selamat, yang kedua mereka dimasukkan ke dalam neraka dan yang ketiga mereka akan diuji terlebih dahulu untuk ditentukan surga atau nerakanya.[9]
Berikut adalah penjelasan masing-masing pendapat dalam masalah ini :
๐ญ.๐๐ต๐น๐ถ ๐ณ๐ฎ๐๐ฟ๐ฎ๐ต ๐๐ฒ๐น๐ฎ๐บ๐ฎ๐ ๐ฑ๐ถ ๐ฎ๐ธ๐ต๐ถ๐ฟ๐ฎ๐
Pendapat pertama ini dipegang oleh kalangan ulama Asy’ariyyah dari madzhab aqidah dan dari sebagian Syafi’iyyah dari madzhab fiqih.[10]
Dalilnya yang digunakan oleh kalangan ini adalah ayat dan hadits berikut ini :
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น ๐ฝ๐ฒ๐ฟ๐๐ฎ๐บ๐ฎ
َูู َุง َُّููุง ู ُุนَุฐِّุจَِْูู ุญَุชّٰู َูุจْุนَุซَ ุฑَุณًُْููุง
“๐๐ข๐ฏ ๐๐ข๐ฎ๐ช ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฅ๐ป๐ข๐ฃ ๐ด๐ฆ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐๐ข๐ฎ๐ช ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ถ๐ต๐ถ๐ด ๐ด๐ฆ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ.” (QS. Al Isra: 15)
Sisi pendalilannya : Allah ta’ala telah menyatakan bahwa Dia tidak akan mengadzab suatu kaum sebelum diutusnya seorang rasul kepada mereka. Sedangkan ahli Fatrah tidak diutus kepada mereka seorang rasul pun sehingga mereka tidak akan diadzab, artinya mereka akan dimasukkan ke dalam syurga.
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น ๐ธ๐ฒ๐ฑ๐๐ฎ
ุฑُุณًُูุง ู ُุจَุดِّุฑَِูู َูู ُْูุฐِุฑَِูู ِูุฆََّูุง ََُูููู َِّูููุงุณِ ุนََูู ุงَِّููู ุญُุฌَّุฉٌ ุจَุนْุฏَ ุงูุฑُّุณُู
“(๐๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐๐ข๐ฎ๐ช ๐ถ๐ต๐ถ๐ด) ๐ด๐ฆ๐ญ๐ข๐ฌ๐ถ ๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ-๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ ๐ฑ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ธ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช๐ต๐ข ๐จ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ช๐ณ๐ข ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฑ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฏ๐จ๐ข๐ต๐ข๐ฏ ๐ข๐จ๐ข๐ณ ๐ด๐ถ๐ฑ๐ข๐บ๐ข ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ข๐ญ๐ข๐ด๐ข๐ฏ ๐ฃ๐ข๐จ๐ช ๐ฎ๐ข๐ฏ๐ถ๐ด๐ช๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ฉ ๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ฅ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช๐ถ๐ต๐ถ๐ด๐ฏ๐บ๐ข ๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ-๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ ๐ช๐ต๐ถ..” (QS. Nisa: 165)
Sisi pendalilannya : Allah akan membungkam hujjah orang-orang kafir di akhirat dengan bukti rasul-rasulNya yang telah diutus untuk memberikan peringatan kepada mereka namun justru oleh mereka didustakan.
Sedangkan ahlu fatrah tidak datang kepada mereka para utusan untuk memberikan peringatan apapun sehingga ini menjadi dalil akan keselamatan mereka di Akhirat.
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น ๐ธ๐ฒ๐๐ถ๐ด๐ฎ
... َูุฏْ ุฌَุงุกََูุง َูุฐِูุฑٌ ََููุฐَّุจَْูุง ََُْููููุง ู َุง َูุฒََّู ุงَُّููู ู ِْู ุดَْูุกٍ ุฅِْู ุฃَْูุชُู ْ ุฅَِّูุง ِูู ุถََูุงٍู َูุจِูุฑٍ
“..๐๐ฆ๐ด๐ถ๐ฏ๐จ๐จ๐ถ๐ฉ๐ฏ๐บ๐ข ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ต๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ด๐ฆ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฑ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฏ๐จ๐ข๐ต๐ข๐ฏ, ๐ต๐ฆ๐ต๐ข๐ฑ๐ช ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ฅ๐ถ๐ด๐ต๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ(๐ฏ๐บ๐ข) ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ช ๐ฌ๐ข๐ต๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ, "๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ถ๐ณ๐ถ๐ฏ๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ด๐ฆ๐ด๐ถ๐ข๐ต๐ถ ๐ฑ๐ถ๐ฏ; ๐ฌ๐ข๐ฎ๐ถ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ญ๐ข๐ช๐ฏ ๐ฉ๐ข๐ฏ๐บ๐ข๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ช ๐ฅ๐ข๐ญ๐ข๐ฎ ๐ฌ๐ฆ๐ด๐ฆ๐ด๐ข๐ต๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฃ๐ฆ๐ด๐ข๐ณ.” (QS. Al Mulk: 9)
Sisi pendalilannya : Di ayat ini jelas bahwa Allah ta’ala menyatakan tidak akan mengadzab seorang hamba atau suatu kaum kecuali telah tegak hujjah atas mereka dan diakui pula oleh mereka. Sedangkan itu tidak berlaku untuk ahlu fatrah karena tidak ada utusan Allah kepada mereka.
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น ๐ธ๐ฒ๐ฒ๐บ๐ฝ๐ฎ๐
ََููุงَู َُููู ْ ุฎَุฒََูุชَُูุง ุฃََูู ْ َูุฃْุชُِูู ْ ุฑُุณٌُู ู ُِْููู ْ َูุชَُْููู ุนََُْูููู ْ ุขَูุงุชِ ุฑَุจُِّูู ْ َُْูููุฐِุฑَُُูููู ْ َِููุงุกَ َْููู ُِูู ْ َูุฐَุง َูุงُููุง ุจََูู ََِْูููู ุญََّูุชْ َِููู َุฉُ ุงْูุนَุฐَุงุจِ ุนََูู ุงَْููุงِูุฑَِูู
"๐๐ฑ๐ข๐ฌ๐ข๐ฉ ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ฏ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ต๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข๐ฎ๐ถ ๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ-๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ ๐ฅ๐ช ๐ข๐ฏ๐ต๐ข๐ณ๐ข๐ฎ๐ถ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข๐ฎ๐ถ ๐ข๐บ๐ข๐ต-๐ข๐บ๐ข๐ต ๐๐ถ๐ฉ๐ข๐ฏ๐ฎ๐ถ ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฏ๐จ๐ข๐ต๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข๐ฎ๐ถ ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ต๐ฆ๐ฎ๐ถ๐ข๐ฏ ๐ฅ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ข๐ฏ ๐ฉ๐ข๐ณ๐ช ๐ช๐ฏ๐ช?" ๐๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐ซ๐ข๐ธ๐ข๐ฃ: "๐๐ฆ๐ฏ๐ข๐ณ (๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฅ๐ข๐ต๐ข๐ฏ๐จ)". ๐๐ฆ๐ต๐ข๐ฑ๐ช ๐ต๐ฆ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฑ๐ข๐ด๐ต๐ช ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ญ๐ข๐ฌ๐ถ ๐ฌ๐ฆ๐ต๐ฆ๐ต๐ข๐ฑ๐ข๐ฏ ๐ข๐ป๐ข๐ฃ ๐ต๐ฆ๐ณ๐ฉ๐ข๐ฅ๐ข๐ฑ ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ-๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฌ๐ข๐ง๐ช๐ณ.” (QS. Az Zumar : 71)
Sisi pendalilannya : Di ayat digambarkan bahwa ketika orang-orang kafir digiring menuju neraka kepada mereka ditanyakan tentang adanya rasul yang pernah diutus kepada mereka sebagai hujjah dan orang-orang kafir itupun mengakuinya. Sedangkan ahlu Fatrah tentu tidak akan disertakan karena mereka tidak pernah didatangi oleh utusan Allah sebelumnya.
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น ๐ธ๐ฒ๐น๐ถ๐บ๐ฎ
َูู َุง َูุงَู ุฑَุจَُّู ู َُِْููู ุงُْููุฑَู ุญَุชَّู َูุจْุนَุซَ ِูู ุฃُู َِّูุง ุฑَุณًُููุง َูุชُْูู ุนََِْูููู ْ ุขَูุงุชَِูุง
“๐๐ข๐ฏ ๐๐ถ๐ฉ๐ข๐ฏ๐ฎ๐ถ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ช๐ฏ๐ข๐ด๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ฏ๐ฆ๐จ๐ฆ๐ณ๐ช-๐ฏ๐ฆ๐จ๐ฆ๐ณ๐ช, ๐ด๐ฆ๐ฃ๐ฆ๐ญ๐ถ๐ฎ ๐๐ช๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ถ๐ต๐ถ๐ด ๐ด๐ฆ๐ฐ๐ณ๐ข๐ฏ๐จ ๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฌ๐ฐ๐ต๐ข ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ค๐ข๐ฌ๐ข๐ฏ ๐ข๐บ๐ข๐ต-๐ข๐บ๐ข๐ต ๐๐ข๐ฎ๐ช ๐ฌ๐ฆ๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ณ๐ฆ๐ฌ๐ข...” (QS. Al Qashash :59)
Sisi pendalilannya : Allah tidak akan mungkin mendzalimi suatu kaum dengan memberikan adzab di akhirat tanpa adanya rasul yang diutus ke tengah-tengah mereka yang kemudian oleh kaum tersebut didustakan. Sedangkan ahlu fatrah tidak mendustakan seorang pun dari utusan Allah sehingga tentu mereka tidak akan diadzab oleh Allah.
Dalil ayat selanjutnya yang kurang lebih sama ada pada surah al Maidah ayat 19 dan surah al An’am ayat 130.
๐๐ฎ๐น๐ถ๐น ๐ธ๐ฒ๐ฒ๐ป๐ฎ๐บ
Rasulullah ๏ทบ bersabda :
ََููุง ุฃَุญَุฏَ ุฃَุญَุจُّ ุฅَِِْููู ุงْูุนُุฐْุฑُ ู ِْู ุงَِّููู َูู ِْู ุฃَุฌِْู ุฐََِูู ุจَุนَุซَ ุงْูู ُุจَุดِّุฑَِูู َูุงْูู ُْูุฐِุฑَِูู
“..๐๐ข๐ฏ ๐ต๐ช๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ข๐ฅ๐ข ๐ด๐ข๐ต๐ถ๐ฑ๐ถ๐ฏ ๐ฑ๐ช๐ฉ๐ข๐ฌ ๐บ๐ข๐ฏ๐จ ๐ญ๐ฆ๐ฃ๐ช๐ฉ ๐ด๐ถ๐ฌ๐ข ๐ฎ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช ๐ถ๐ฅ๐ป๐ถ๐ณ ๐ฅ๐ข๐ณ๐ช๐ฑ๐ข๐ฅ๐ข ๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ, ๐ฌ๐ข๐ณ๐ฆ๐ฏ๐ข ๐ช๐ต๐ถ๐ญ๐ข๐ฉ ๐๐ญ๐ญ๐ข๐ฉ ๐ฎ๐ฆ๐ฏ๐จ๐ถ๐ต๐ถ๐ด ๐ฑ๐ข๐ณ๐ข ๐ณ๐ข๐ด๐ถ๐ญ ๐ด๐ฆ๐ฃ๐ข๐จ๐ข๐ช ๐ฑ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ข๐ธ๐ข ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช๐ต๐ข ๐จ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ช๐ณ๐ข ๐ฅ๐ข๐ฏ ๐ฑ๐ฆ๐ฎ๐ฃ๐ฆ๐ณ๐ช ๐ฑ๐ฆ๐ณ๐ช๐ฏ๐จ๐ข๐ต๐ข๐ฏ.” (HR. Bukhari)
Sisi Pendalilan : Allah ta’ala adalah Dzat yang penuh kasih sayang kepada hamba-hambaNya, selama masih ada udzur atau alasan dari pelanggaran yang dilakukan oleh seorang hamba, maka Dia akan menerima dan memberikan ampunan.
Karena itulah untuk mematahkan alasan-alasan orang-orang kafir ketika ngeles dari kedurhakaan mereka, Dia menjadikan diutusnya para nabi dan rasul sebagai hujjah, sedangkan ahli fatrah termasuk karena tidak tegak atas mereka hujjah dalam masalah ini.
Bersambung...
•┈┈•••○○❁๐ปAST๐ป❁○○•••┈┈•
[1] Al Mufradat fi Gharib al Qur’an (1/622)
[2] Mu’jam al Maqayis (4/470)
[3] Lisanul Arab (5/43)
[4] Taj al Arus (13/294)
[5] Tafsir Ibnu Katsir (2/35)
[6] Jam’ul Jawami’ hal. 58
[7] Ruhul Ma’ani (6/103)
[8] Tahrirul Maqal (1/413)
[9] Ahlu Fatrah wa man fi Hukmihim hal. 71
[10] Al Hawi (2/353)
Baca juga Serial Bahasan Nasib Orang Tua Nabi :
- Bagaimana Nasib Kedua Orang Tua Nabi? (I)
- Bagaimana Nasib Kedua Orang Tua Nabi? (II)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (III)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (IV)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (V)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (VI)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (VII)
- Nasib Kedua Orang Tua Nabi (VIII)
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq