Perbedaan Khutbah Jumat dengan Khutbah Id

Perbedaan Khutbah Jum'at dengan Khutbah Id

Perbedaan Khutbah Jum'at dengan Khutbah Id

- Khutbah Jum'at dilaksanakan sebelum solat, dan Khutbah Id setelah solat, apabila dilaksanakan sebelum solat maka gak sah menurut selain madzhab Hanafiah dan sunnah untuk mengulanginya setelah solat. 

- Khutbah Jum'at diawali dengan membaca Hamdalah dan ini juga sebagai Syarat atau rukun Khutbah menurut Madzhab Syafi'i dan Hanbali, dan menurut Hanafiyyah dan Malikiyyah hanya Sunah. Adapun Khutbah Id sunnah di awali dengan Membaca Takbir. 

- Bagi yang mendengar takbir Id sunnah juga untuk mengucapkan takbir dengan lirih, ini pendapat Malikiyyah, Syafi'iyyah, dan Hanabilah. Adapun berbicara pada saat Khutbah Jum'at hukumnya haram meskipun mengucapkan dzikir menurut Mayoritas Ulama'.

 Menurut Hanafiyyah dzikir pada saat Khutbah Jum'at dan Id berlangsung hukumnya tidak makruh.

Menurut syafi'iyyah berbicara saat khutbah Jum'at dan Id berlangsung hukumnya hanya sebatas Makruh bukan Haram, dan tidak membaca takbir saat mendengar khutbah tetapi mendengarkannya(khutbah) .

- Menurut Hanafiyyah(berbeda dengan Jumhur) ,pada saat khutbah Id ketika Khotib naik ke mimbar tidak perlu duduk dan ketika Khutbah Jum'at sunnah Duduk. 

- Menurut Malikiyyah ketika Khotib Id Hadats ditengah2 khutbah tidak usah mencari ganti tapi tetep melanjutkan khutbahnya, sedangkan kalo Khutbah Jum'at harus mencari ganti. 

- Menurut Syafi'iyyah Khutbah Id tidak disyaratkan seperti syarat2 Khutbah Jum'at, berupa berdiri, suci, menutup aurat, duduk diantara dua Khutbah dan ini semua hukumnya hanya sunnah saat Khutbah Id. 

Wallahua'lam. 

📖Fiqhul Islami WA Adillatihi, Syaikh Wahbah Az Zuhaili.

✏️Farodisa. 

Sumber FB Ustadz Farodisa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Perbedaan Khutbah Jumat dengan Khutbah Id". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait