Kisah Imam al-Awza'i dan Imam Abu Hanifah

Kisah Imam al-Awza'i dan Imam Abu Hanifah

Kisah Imam al-Awza'i dan Imam Abu Hanifah 

Dahulu Imam al-Awza'i sezaman dengan Imam Abu hanifah, suatu hari sampailah kepada Imam Awza'i sesuatu yang ia tidak suka dari Imam Abu Hanifah, ketika keduanya bertemu disitu ada Imam Abdullah bin Mubarok.

Ketika itu Imam Awza'i mengatakan, "Siapakah disini yang berbuat bid'ah yang berasal dari kufah yang dipanggil Abu hanifah?". 

ketika mendengar itu al-Imam Abdullah bin Mubarok tak mau menjawab atas seruan itu secara langsung karena beliau mencintai al-Imam Abu hanifah, akan tetapi sikap Imam Abdullah malah memberikan pertanyaan kepada Imam awzai dengan pertanyaan yang rumit, Imam Awza'i malah tak bisa menjawab. 

Kemudian Imam Ibnu Mubarok malah memberitahukan akan jawaban-jawaban yang membuat Imam Awza'i takjub karena ada ulama yang bisa menjawab pertanyaan sulit itu. Imam Awzai bertanya, " Siapakah orang yang berfatwa dgn fatwa itu?". Imam Ibnu Mubarok menjawab," Beliau adalah Seorang ulama diiraq". 

Imam Awzai berkata, "MasyaAllah, orang itu adalah mulia, pergilah keapdanya dan banyak-banyaklah ambil ilmu darinya". maka Ibnu Mubarok mengatakan, "Beliau adalah Abu hanifah tuan". Kagetlah Imam Awzai, ternyata orang yang selama ini beliau anggap buruk, ternyata orang yang sangat 'alim. 

Kemudian imam Awzai mempelajari tentang ilmu dan fiqihnya Imam Abu hanifah, maka berkata Imam Awzai kepada Ibnu Mubarok, "Aku iri dengan seorang lelaki yang banyak ilmunya, luas akalnya, Aku memohon ampun kepada Allah atas kesalahanku, mulai sekarang mulazamahlah engkau bersamanya, karena beliau tidak seperti apa yang sampai kepadaku". 

#KisahUlama 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Al-farizi

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Kisah Imam al-Awza'i dan Imam Abu Hanifah". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait