Beda Khawarij dan Wahhabi

Beda Khawarij dan Wahhabi

Beda Khawarij Dan Wahhabi 

Oleh Ustadz : Rahmat Taufik Tambusai

1. Khawarij merasa paling benar di tengah sahabat yang dijamin masuk surga, sedangkan wahhabi merasa paling benar di tengah mayoritas umat islam yang dijamin nabi tidak akan sesat.

2. Khawarij mengkafirkan sahabat yang tidak ikut dalam golongan mereka, sedangkan wahhabi mensyirikkan orang yang tidak mau ikut paham mereka.

3. Khawarij kemunculannya diprediksikan oleh nabi dengan tanda rajin ibadah, sedangkan wahhabi ditandai dengan kepala botak dan mudah mensyirikkan umat islam yang berbeda dengan mereka.

4. Khawarij lahir karena tidak puas dengan keputusan tahkim, sedangkan wahhabi muncul karena menganggap umat islam telah syirik semua.

5. Khawarij memberontak kepada khalifah yang sah tanpa bantuan orang kafir, sedangkan wahhabi memberontak kepada penguasa islam yang sah dengan bantuan orang kafir.

6. Khawarij berpendapat bahwa orang yang melakukan dosa besar telah kafir, sedangkan wahhabi berpendapat bahwa orang yang menghidupkan sunnah nabi sebagai pelaku bidah.

7. Khawarij mempunyai slogan tidak ada hukum kecuali hukum Allah, sedangkan wahhabi slogannya kembali kepada Al Quran dan Sunnah, kalimatnya baik tujuannya jelek.

8. Khawarij tidak mengakui kealiman dan keilmuan para sahabat, sedangkan wahhabi tidak mengakui keilmuan dan kealiman ulama mazhab dan ulama otoritatif di bidangnya.

9. Khawarij menuduh para sahabat tidak adil dalam berhukum dengan Al Quran, sedangkan wahhabi menuduh ulama mazhab menyelisihi Al Quran dan Sunnah.

10. Khawarij dikabarkan oleh nabi lahir dari keturunan Zul kuwaisirah, sedangkan wahhabi lahir dari nejed yang ditunjukan oleh nabi arahnya.

11. Khawarij mengganggap pemerintahan Ali bin Abi Thalib tidak sah, sedangkan Wahhabi mengganggap pemerintahan turki usmani tidak sesuai sunnah.

12. Pendahulu khawarij menganggap Nabi Muhammad tidak adil, sedangkan pendiri wahhabi menganggap guru - gurunya tidak paham kalimat tauhid.

13. Khawarij ketika diajak dialog oleh Ibnu Abbas sebagian mereka kembali kepada pemahaman mayoritas sahabat, sedangkan wahhabi setelah dialog tetap dengan keyakinannya.

14. Khawarij menuduh orang yang tidak sepaham dengan mereka dengan keluar dari islam, sedangkan wahhabi menuduh syiah, anti sunnah, dan kuburiyin.

15. Khawarij tidak membantah ketika disebut sebagai khawarij, sedangkan wahhabi tidak mau disebut wahhabi, dan mengganti namanya dengan salafi.

16. Khawarij tidak mengklaim dirinya sebagai perwakilan tunggal pemahaman salaf, sedangkan wahhabi mengklaim dirinya perwakilan tunggal pemahaman salaf, walaupun tidak hidup di masa salaf.

17. Khawarij hidup pada masa salaf di tiga abad pertama tetapi tidak mengaku salaf, sedangkan wahhabi tidak hidup di masa salaf tetapi mengaku paling salaf.

Dalu - dalu, Selasa 2 April 2024 

Sumber FB Ustadz : Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Beda Khawarij dan Wahhabi ". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait