Agar Harta Menjadi Sifat Terpuji

Agar Harta Menjadi Sifat Terpuji

Agar Harta Menjadi Sifat Terpuji

Oleh Ustadz : Rahmat Taufik Tambusai

Pandanglah harta dari keberkahannya bukan dari banyaknya, jika dari banyaknya akan melahirkan sifat sombong, jika dipandang dari keberkahannya maka akan melahirkan sifat syukur.

Pandanglah harta dari manfaatnya bukan dari banyak, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat serakah, tetapi jika dipandang dari manfaatnya maka akan melahirkan sifat dermawan.

Pandanglah harta dari kualitasnya bukan dari banyaknya, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat bakhil, tetapi jika dipandang dari kualitasnya, maka akan melahirkan sifat pemurah.

Pandanglah harta dari kehalalannya bukan dari banyaknya, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat rakus, tetapi jika dipandang dari kehalalannya maka akan melahirkan sifat Qona'ah.

Pandanglah harta dari sudut akhirat bukan dari banyaknya, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat pengecut, tetapi jika dipandang dari sudut akhirat maka akan melahirkan sifat berkorban dan bersungguh - sungguh. 

Pandanglah harta dari kegunaannya bukan dari banyaknya, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat kikir, tetapi jika dipandang dari kegunaannya maka akan melahirkan sifat suka berbagi.

Pandanglah harta dari keutamaannya bukan dari banyaknya, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat mengeluh, tetapi jika dipandang dari segi keutamaannya maka akan melahirkan sifat sabar.

Pandanglah harta dari keikhlasannya bukan dari banyaknya, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat iri dengki, tetapi jika dipandang dari keikhlasannya maka akan melahirkan sifat ridho.

Pandanglah harta dari cara mendapatkannya bukan dari banyaknya, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat permusuhan, tetapi jika dipandang dari cara mendapatkannya maka akan melahirkan sifat tolong menolong.

Pandanglah harta dari kefanaannya bukan dari banyaknya, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat keras hati, tetapi jika dipandang dari kefanaannya maka akan melahirkan sifat rela dan menerima.

Pandanglah harta dari segi perjuangannya bukan dari banyaknya, jika dipandang dari banyaknya akan melahirkan sifat lemah, tetapi jika dipandang dari segi perjuangannya maka akan melahirkan sikap semangat dan kegigihan.

Pandangan kita terhadap harta akan mempengaruhi sikap kita terhadap harta, dan akan melahirkan sifat sesuai pandangan kita terhadap harta.

Dalu - dalu, Senin 8 April 2024

Yuk umroh bersama Azkia Group #MelayaniTamuAllahKemuliaanBagiKami harga spesial dan terjangkau hanya Rp. 28.950 Plus paspor 

Sumber FB Ustadz : Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Agar Harta Menjadi Sifat Terpuji". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait