Wejangan Imam Syadzali

Wejangan Imam Syadzali

Wejangan Imam Syadzali

Imam Abil Hasan Asy-Syadzali berkata 'Takutlah kepada orang baik lebih besar daripada takutmu kepada orang jahat'.

Ketika Imam Syadzali mengatakan hal ini, para murid muridnya bingung. Bukankah orang baik tidak perlu ditakuti? bukankah orang jahat yang mesti di takuti?

Imam Syadzali lalu menjelaskannya lagi 'Ketahuilah, orang baik dapat menyebabkan musibah pada hati / kalbumu. Sementara orang jahat dapat menyebabkan musibah pada badanmu'

Apakah yang di maksud musibah pada hati ? Yaitu ketika engkau berprasangka buruk pada orang baik, ketika engkau meng-ghibah orang baik, ketika engkau tidak berakhlak pada orang baik, ketika engkau gemar memfitnah orang baik atau ketika engkau membenci orang baik...!

Sungguh hal tersebut diatas akan menjadikan musibah pada hatimu. Ketika musibah menimpa hatimu, maka gelaplah seluruh hatimu. Saat hatimu gelap itulah, maka engkau akan menjadi orang jahat. Akan menjadikan dirimu jahat dan berbuat jahat pada orang lain.

Perbuatan jahat akan muncul dari seluruh badanmu perlahan lahan hingga merata ke seluruh sendi hidupmu. Padahal sumber semua itu adalah musibah pada hatimu !!!

Lalu Imam Syadzali menyudahi kalimatnya dengan mengatakan 'Sungguh musuh yang menyebabkanmu tersambung pada Allah SWT lebih baik daripada kekasih yang menyebabkanmu terputus dari Allah SWT'

Bayangkan, benci dengan orang baik saja begitu dahsyatnya musibah. Apalagi jika membenci para kekasih Allah SWT. Maka dapat dipastikan para pembenci akan menjadi orang jahat cepat atapun lambat..Naudzbillah tsumma Naudzubillah..!!!

Nb : Bersama guru mulia Maulana Habib Lutfi bin Yahya dan Mbah Nadi.. 

Sumber FB Ustadz : Naufal Mutahar

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Wejangan Imam Syadzali". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait