Membaca Al Quran Di Kuburan dan Soal Mengirimkannya Ke Ahli Kubur

Membaca Al Quran Di Kuburan dan Soal Mengirimkannya Ke Ahli Kubur

🔰 MEMBACA AL QUR'AN DI KUBURAN DAN SOAL MENGIRIMKANNYA KE AHLI KUBUR.

Oleh: M. Rofiannur Al Hamaamuh, SN, DH.

Versi: Tuntas.

Soal ini, kami akan berikan full kepada sahabat sahabat dan silahkan sebarkan seluas luasnya kepada orang lain agar kita selamat dari kebodohan dan dibodoh bodohi oleh salafi Wahhabi. Sebab, fakta nya adalah membaca Al Qur'an di kuburan itu Sunnah, boleh dan bukanlah perkara bid'ah. Namun, di kelompok sebelah mengatakan sebaliknya. Allahu Musta'an Wa Na'udzubillah.

Dan jika sahabat sahabat selalu membaca Al Qur'an ketika ziarah kubur, di waktu kapan pun. Maka, silahkan lanjutkan itu. Mari kita lanjutkan.

1. Sahabat Rasulullah.

Ini adalah hujjah yang tak terbantahkan akan kebolehan membaca Al Qur'an, membacakan Al Qur'an kepada mayyit dan lain lain.

Al Imam Al Khallal (W 311 H) menuliskan:

أخبرنا الشيخ الإمام شرف الدين أبو عبد الرحمن عيسى قال : أنا الوالد الإمام محيى الدين أبو محمد عبد القادر بن أبي صالح قال : أنا أبو الحسين المبارك بن عبد الجبار الصيرفي قال : أنا أبو إسحق البرمكي قال : أنا أبو جعفر الفقيه قال : أنا أبو بكر أحمد بن محمد الخلال قال : أنا العباس بن محمد الدوري قال : ثنا يحيى بن معين قال : ثنا مبشر الحلبي قال : حدثني عبد الرحمن بن العلاء بن الجلاح عن أبيه قال : قال أبي : إِذَا أَنَا مِت، فَضَعْني في اللحد، وقل: بسم الله، وعلى سنة رسول الله، وسنَّ عَلى الترابَ سَنَّا ، واقرأ عند رأسي بفاتحة الكتاب وأول سورة البقرة، وخاتمتها، فإني سمعت عبد الله بن عمر يقول ذلك.

Artinya: Assyaikh Al Imam Syarafuddin Abu Abdurrahman Isaa telah mengabarkan pada kami, beliau berkata; Al Waalid Al Imam Muhyiddin Abu Muhammad Abdul Qadir bin Abi Soleh mengabarkan pada kami, beliau berkata: Abul Hasan Al Mubarak bin Abdul Jabbar Asshairafi telah mengabarkan pada kami, beliau berkata: Abu Ishaq Al Barmaki telah mengabarkan pada kami beliau berkata: Abu Ja'far Al Faqiih telah mengabarkan pada kami, beliau berkata: Abu bakar Ahmad bin Muhammad Al Khallal telah mengabarkan pada kami beliau berkata: Al Abbas bin Muhammad Adduuri telah mengabarkan pada kami, beliau berkata: Yahya bin Mu'in telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Mubassyir Al Halabi telah menceritakan kepada kami, beliau berkata: Abdurrahman bin Al Ala' bin Jallah menceritakan pada ku dari ayahnya, beliau berkata: ayah ku berkata padaku: Jika aku sudah mati, letakkan aku dalam liang lahat dan bacakanlah: Bismillah Wa Alaa Sunnati Rasulillah, dan letakkan lah diatasnya tanah pelan pelan. Dan bacakanlah di kepala ku surah Al Fatihah, awal sudah Al Baqarah dan akhirannya. Bahwasanya aku telah mendengar Abdullah bin Umar berkata begitu.

[Al Amru Bil Ma'ruf Annahyi Anil Munkar: 89]

2. Salaf

Fatwa ulama salaf juga menyatakan hal yang sama akan kebolehan membaca Al Qur'an di kuburan. Seperti, Al Imam Ahmad bin Hanbal dan Al Imam Assyafi'i.

Al Imam Al Khallal (W 311 H) menuliskan:

أخبرني العباس بن محمد بن أحمد بن عبد العزيز قال : ثنا جعفر ابن محمد بن الحسن النيسابوري عن سلمة بن شبيب قال أتيت أحمد بن حنبل، فقلت إني رأيتُ عَفَّانَ يقرأ عند قَبْرٍ في المصحف ؟! فقال لي أحمد ابن حنبل : خُتِمَ لَهُ بِخَيْرٍ.

أخبرني الحسن بن الهيثم البزار قال : رأيتُ أحمد بن حنبل يُصلَّى خَلْفَ رَجُل ضرير يقرأ على القبور.

أخبرني روح بن الفرج قال : سمعت الحسن بن الصباح الزعفراني يقول : سألت الشافعي عن القراءة عند القبر؟ فقال : لا بأس بها.

Artinya: Al Abbas bin Muhammad bin Ahmad bin Abdul Aziz telah mengabarkan kepada kami, beliau berkata: Ja'far Ibnu Muhammad bin Al Hasan Annaisaaburi telah menceritakan kepada kami dari Salmah bin Syubaib, beliau berkata: Aku mendatangi Ahmad bin Hanbal, kemudian aku katakan; Bahwasanya aku pernah melihat Affan membaca Mushaf (Al Qur'an) di kuburan?!. Maka, Ahmad bin Hanbal berkata padaku; Telah di khatam kan kebaikan untuknya (mayyit).

Al Hasan bin Haitsam Al Bazzar telah mengabarkan padaku, beliau berkata: Aku melihat Ahmad bin Hanbal sholat dibelakang lelaki buta yang membaca Al Qur'an diatas kuburan.

Ruh bin Al Farj telah mengabarkan padaku: Aku mendengar Al Hasan bin Sobbah Azza'farani berkata: Aku bertanya kepada Assyafi'i mengenai membaca Al Qur'an di kuburan?. Beliau berkata: Tidak masalah.

[Al Amru Bil Ma'ruf Annahyi Anil Munkar: 89]

Dan tahukah anda bahwasanya dahulu imam Ahmad berfatwa bid'ah seseorang membaca Al Qur'an di kuburan. Namun, Alhamdulillah beliau menarik fatwa pertamanya itu dan menyatakan boleh dan menganjurkan nya. Alasannya pada saat itu imam Ahmad belum tahu ilmu kebolehan tersebut.

Al Imam Ibnu Hajar Al Asqalaani (W 852 H) mengatakan:

ثم أخرج الخلال من وجه آخر أن أحمد كان في جنازة فلما دفن الميت جاء رجل ضرير يقرأ عند القبر، فقال له أحمد: يا هذا إن القراءة عند القبر بدعة فقال له محمد بن قدامة : يا أبا عبد الله ما تقول في مبشر الحلبي قال ثقة فذكر له عنه هذا الحديث فقال له أحمد إرجع إلى الرجل وقل له يقرأ. وقال الخلال أيضاً: حدثنا أبو بكر المروزي سمعت أحمد بن محمد بن حنبل يقول : إذا دخلتم المقابر فاقرأوا بفاتحة الكتاب والمعوذتين وقل هو الله أحد، واجعلوا ذلك لأهل المقابر فإنه يصل إليهم.

Artinya: Kemudian Imam Al Khallal mengeluarkan dari segi periwayatan yang lainnya; Sesungguhnya Imam Ahmad (W 241 H) pernah menghadiri sebuah acara jenazah. Setelah mayyit itu di kubur, datanglah seorang lelaki buta duduk di sisi kuburan. Maka, imam Ahmad berkata padanya: Wahai, sesungguhnya membaca Al Qur'an di kuburan adalah bid'ah. Maka, Al Imam Muhammad bin Qudamah (W 237 H) berkata padanya: Wahai Aba Abdullah, apa pendapatmu tentang Mubassyir Al Halabi (W 200 H). Imam Ahmad berkata: Ia seseorang yang Tsiqah (dapat dipercaya). Sehingga, beliau menyebutkan sebuah hadist darinya kepada imam Ahmad. Maka, imam Muhammad bin Qudamah berkata pada imam Ahmad: Kembalilah, pada laki laki itu dan katakan padanya untuk melanjutkan pembacaannya.

Dan Imam Al Khallal mengatakan lagi: Abu Bakar Al Marwazi telah menceritakan kepada kami, aku mendengar Imam Ahmad bin Muhammad bin Hanbal berkata: Jika kalian masuk ke area pemakaman. Maka, bacalah surah Al Fatihah, dua Ta'awwudz (Qul A'udzu Birabbinnaas dan Qul A'udzu Birabbil Falaq) dan surah Al Ikhlas. Dan jadikan pahalanya untuk para ahli kubur. Karena sesungguhnya itu akan sampai pada mereka.

[Al Imta': 85]

Artinya, ilmu yang belum diketahui oleh imam Ahmad adalah Atsar sahabat di paling atas itu. Sehingga tak heran beliau mengatakan bid'ah. Hal ini diungkapkan oleh ulama junjungan salafi Wahhabi yaitu Al Imam Ibnu Qayyim.

Al Imam Ibnu Qayyim (W 751 H) mengatakan:

وقد ذكر عن جماعة من السلف أنهم أوصوا أن يقرأ عند قبورهم وقت الدفن ؛ قال عبد الحق : يروى أن عبد الله بن عمر أمر أن يقرأ عند قبره سورة البقرة. وممن رأى ذلك المعلى بن عبد الرحمن ؛ وكان الإمام أحمد ينكر ذلك أولاً حيث لم يبلغه فيه أثر، ثم رجع عن ذلك.

Artinya: Jama'ah dari para salaf telah menyebutkan bahwasanya mereka selalu berwasiat untuk dibacakan Al Qur'an di sisi kuburan mereka di waktu dikuburkan. Imam Abdul Haq berkata: Diriwayatkan bahwasanya Abdullah bin Umar memerintahkan untuk di bacakan surah Al Baqarah di kuburan nya. Dari sebagian dari orang yang melihat hal itu adalah Al Ma'ali bin Abdurrahman. Dan Imam Ahmad awal mulanya mengingkari hal tersebut karena belum sampai nya Atsar padanya. Kemudian ia rujuk dari pendapat nya itu.

[Arruuh: 13]

3. Fatwa ulama.

Fatwa ulama yang tak terbantahkan juga adalah fatwa ulama mereka sendiri (salafi Wahhabi) yaitu Al Imam Ibnu Qayyim. Beliau berpendapat boleh Alias Sunnah.

Syaikh Mahmud Muhammad Khattab Assubki (W 1352 H) menuliskan:

( واختار ) ابن القيم أنه لا بأس بالقراءة على القبر تطوعاً ( لقول ) الحسن ابن الصباح : سألت الشافعي عن القراءة عند القبر فقال : لا بأس بها.

Artinya: Imam Ibnul Qayyim memilih bahwasanya membaca Al Qur'an diatas kuburan adalah tidak mengapa karena kesunnahannya. Karena ada perkataan dari Al Hasan Ibnu Sobbah: Aku pernah bertanya kepada Assyafi'i mengenai pembacaan Al Qur'an di sisi kubur. Maka, beliau mengatakan: tidak mengapa melakukan nya.

[Addiinul Khaalis: 8/101]

Dan didalam kitabnya yaitu Arruh beliau dengan detail menjelaskan hal ini dan banyak mengeluarkan riwayat akan kebolehan hal ini dan ini sekaligus menjawab bahwa pahala yang dikirimkan kepada mayyit, pahala apapun! Adalah sampai pada mereka dan bermanfaat bagi mereka.

Al Imam Ibnu Qayyim (W 751 H) mengatakan:

وذكر الخلال عن الشعبي قال: كانت الأنصار إذا مات لهم الميت اختلفوا إلى قبره يقرؤون عنده القرآن. قال : وأخبرني أبو يحيى الناقد، قال سمعت الحسن بن الجروي يقول : مررت على قبر أخت لي، فقرأت عندها تبارك، لما يذكر فيها، فجاءني رجل فقال : إني رأيت أختك في المنام تقول: جزى الله أبا علي خيراً فقد انتفعت بما قرأ.

Artinya: Imam Al Khallal menyebutkan dari Imam Assya'bi, beliau berkata: Dahulu Sahabat Anshar jika mereka ada yang meninggal. Maka, mereka berpencar ke kuburan mereka dan mereka membacakan Al Qur'an dikuburanya. Beliau berkata lagi: Abu Yahya Annaaqid mengabarkan padaku, beliau berkata: aku mendengar Al Hasan Al Jarwi berkata: Aku pernah lewat di depan kuburan saudari ku. Kemudian aku membaca surah Al Mulk (Tabarak) disisinya. Setelah aku membacanya disitu, seorang lelaki datang padaku, seraya berkata: Aku melihat saudarimu dalam mimpi sambil berkata: Semoga Allah membalas mu wahai Aba Ali pada balasan yang lebih baik, sungguh bermanfaat apa yang telah dibaca (kau bacakan untuk ku).

[Arruuh: 13]

Al Imam Ibnu Qayyim (W 751 H) mengatakan:

أخبرني الحسن بن الهيثم قال : سمعت أبا بكر بن الأطروش ابن بنت أبي نصر بن التمار يقول : كان رجل يجيء إلى قبر أمه يوم الجمعة، فيقرأ سورة يس، فجاء في بعض أيامه فقرأ سورة يس ثم قال : اللهم إن كنت قسمت لهذه السورة ثواباً فاجعله في أهل هذه المقابر. فلما كان يوم الجمعة التي تليها جاءت امرأة فقالت : أنت فلان ابن فلانة؟ قال: نعم. قالت: إن بنتاً لي ماتت، فرأيتها في النوم جالسة على شفير قبرها ، فقلت : ما أجلسك ها هنا؟ فقالت إن فلان ابن فلانة جاء إلى قبر أمه فقرأ سورة يس، وجعل ثوابها لأهل المقابر، فأصابنا من روح ذلك، أو غفر لنا، أو نحو ذلك.

Artinya: Al Hasan bin Haitsam mengabarkan padaku, beliau berkata: aku mendengar Aba Bakar bin Al Athrusy Ibnu binti Abi Nashr bin Attammar berkata: Seorang lelaki pernah mendatangi kuburan ibunya pada hari Jum'at. Kemudian ia membaca surah Yasin, lalu ia datang di hari yang lainnya dengan membaca surah Yasin lagi. Kemudian ia berdoa: Duhai Allah, jika engkau membagi pahala pada surah ini. Maka, jadikanlah (bagilah) ke penduduk kuburan (di area pemakaman itu). Pada saat hari Jumat berikutnya, datanglah seorang wanita yang berkata: Engkau Fulan Ibni Fulanah ?. Ia menjawab: Iya. Wanita itu berkata: Sesungguhnya anak perempuan ku telah meninggal, lalu aku melihat nya dalam mimpi, ia duduk di tepi kuburannya. Maka aku katakan: Kenapa engkau duduk disana?, ia menjawab: bahwasanya Fulan Ibnu Fulanah datang ke kuburan ibunya, kemudian ia membaca surah Yasin. Dan menjadikan (menghadiahkan) pahalanya untuk ahli kubur. Maka, kami mendapatkan nya dari ruh itu, atau pengampunan untuk kami atau lain sebagainya.

[Arruuh: 13-14]

Al Imam Ibnu Qayyim (W 751 H) mengatakan:

قال أبو محمد ويذكر عن الفضل بن الموفق قال : كنت آتي قبر أبي المرة بعد المرة، فأكثر من ذلك؛ فشهدت يوماً جنازة في المقبرة التي دفن فيها فتعجلت لحاجتي ولم آته ؛ فلما كان من الليل رأيته في المنام، فقال لي : يا بني لم لا تأتيني ؟ قلت له يا أبت وإنك لتعلم بي إذا أتيتك؟ قال أي والله يا بني لا أزال أطلع عليك حين تطلع من القنطرة حتى تصل إلي، وتقعد عندي، ثم تقوم، فلا أزال أنظر إليك حتى تجوز القنطرة . قال ابن أبي الدنيا : حدثني إبراهيم بن بشار الكوفي قال : حدثني الفضل بن الموفق فذكر القصة.

Artinya: Imam Abu Muhammad berkata seraya menyebutkan dari Fadhl bin Muwaffiq, beliau berkata: Aku sering datang ke makam ayahku berkali-kali, dan lebih sering dari itu. Suatu hari aku menyaksikan pemakaman di pekuburan tempat beliau dikuburkan, jadi aku terburu-buru karena kebutuhanku dan aku tidak mendatanginya. Lalu, pada malam hari, aku melihatnya dalam mimpi. Ia berkata padaku: Wahai anak ku, kenapa kau tidak mendatangi ku? Aku katakan padanya: Wahai Ayah, apakah ayah akan mengetahui jika saya akan datang kepada padamu? Dia berkata: Ya, demi Allah, wahai anakku, aku selalu melihatmu ketika kamu keluar dari jembatan itu sampai engkau tiba padaku dan duduk bersamaku, kemudian engkau akan beranjak (pulang), dan aku selalu melihatmu sampai kamu melewati jembatan itu. Ibnu Abi Addunya berkata: Ibrahim bin Basyar Al Kufi menceritakan pada ku, beliau berkata: Al Fadhl bin Muwaffiq menceritakan padaku tentang kisah itu.

[Arruuh: 15]

Dan sengaja kami tidak kutip fatwa ulama ahli sunnah wal jamaah lainnya dalam hal ini. Sebab, bagi kami sudah cukup untuk membantah argumentasi salafi Wahhabi dengan lewat ulama mereka sendiri. Karena, jika fatwa ulama kita tentu akan di tolak, tapi jika dari fatwa ulama mereka sendiri. Mereka takkan bisa menolaknya.

Selesai.

© ID Cyber aswaja.

NB: Dilarang untuk merubah sumber yang telah diterbitkan, tanpa adanya izin resmi dari tim ID Cyber aswaja dan penulis tanpa kecuali. 

Sumber FB : ID Cyber Aswaja 

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Membaca Al Quran Di Kuburan dan Soal Mengirimkannya Ke Ahli Kubur". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait