Syaikh Ali asy-Syaukani

Syaikh Ali asy-Syaukani

SYAIKH ALI ASY-SYAUKANI

Syaikh Ali asy-Syaukani memang sosok kontroversial dengan pemikiran anti taqlid-nya yang menyelisihi mayoritas ulama' Ahlussunnah wal Jama'ah. Tetapi dalam banyak hal, beliau sejalan dengan Ahlussunnah wal Jama'ah baik dalam amaliyah atau fikroh. Misal:

1. PENGAMAL TAREKAT NAQSYABANDIYYAH. 

Beliau mengambil talqin dzikir dari tokoh sufi, Syaikh Abdul Wahhab bin Muhammad Syakir al-Hasani. Hal itu diakui sendiri oleh beliau dalam kitabnya, "Al-Badr ath-Tholi'". 

2. TAUBAT DARI MENGKAFIRKAN SYAIKH AKBAR IBNU ARABI

Empat puluh tahun sebelum menulis risalah yang menegaskan ruju' [taubat]-nya, beliau adalah salah satu ulama' mutaakhirin yang mengkafirkan Syaikh Ibn Arabi. Taubat [ruju'] beliau dikisahkan oleh murid terdekat beliau, Shiddiq Hasan Khan dalam kitabnya yang berjudul "At-Taj al-Mukallal". 

3. MENGAKUI AJARAN TASAWUF

Dalam risalah tasawufnya, beliau menyebutkan ciri-ciri sufi yang hakiki. Diantaranya adalah tidak menyelisihi syariat yang suci, memilih hidup zuhud dan sibuk dzikir kepada Allah. Beliau juga memiliki syair-syair tentang tingkatan suluk dalam tasawuf [Syariat, Thoriqoh, dan Hakikat].

4. MUKASYAFAH

Dalam risalah tasawufnya, beliau mengakui mukasyafah para auliya' dan sholihin. Beliau juga mengakui hal itu sebagai mauhibah ilahiyah.

5. MENGAKUI EKSISTENSI MURSYID SEBAGAI PENDIDIK RUHANIYAH

Dalam risalah tasawufnya, beliau menyebutkan kriteria murabbi atau mursyid dalam pendidikan ruhani [tarekat]. Hal ini amat wajar karena beliau sendiri adalah pengamal tarekat.

6. MENGAKUI KARAMAT AULIYA'

Dalam risalah yang ditulis khusus tentang karamah auliya' yang terkandung dalam kitab "Al-Fath ar-Rabbani" jilid II, beliau mengakui adanya karamat wali yang tidak pernah meragukan. 

7. TABARRUK DENGAN SHOLIHIN

Beliau dalam kitab "Nailul Author" mengakui tabarruk dengan kaum sholihin untuk terkabul-nya doa.

8. TAWASSUL DENGAN ANBIYA' DAN SHOLIHIN

Masih dalam kitab "Nailul Author" beliau memperbolehkan tawasul dengan Rasulullah. Dan dalam kitab "Tuhfatudz Dzakirin" beliau memperbolehkan tawasul dengan anbiya' dan sholihin. 

9. MENGAKUI KITAB-KITAB TASAWUF

Beliau mengakui eksistensi kitab-kitab tasawuf yang mengungkap hikayah-hikayah sufi, seperti "Hilyatul Auliya'" karangan Abu Nuaim, "ar-Risalah al-Qusyairiyyah" karangan al-Qusyairi, "Shofwatus Shofwah" karangan Ibnul Jauzi, "Thabaqat Auliya'" karangan asy-Syarji, kitab "Raudhur Rayahin" karangan al-Yafi'i dan kitab-kitab sufi lain 

Sumber FB Ustadz : Hidayat Nur

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Syaikh Ali asy-Syaukani". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait