Pencetus Ilmu Kalam Ahlussunnah

Pencetus Ilmu Kalam Ahlussunnah

Pencetus Ilmu Kalam Ahlussunnah

Bila biasanya yang dijadikan ikon pendiri Madrasah Ilmu Kalam Ahlussunnah Wal Jamaah adalah dua imam besar, Abu al-Hasan al-Asy'ari dan Abu manshur al-Maturidi, maka jauh sebelum mereka sebenarnya telah muncul ulama jenius yang membahas berbagai isu yang dibahas dalam ilmu kalam dan menegakkan panji Ahlussunnah Wal Jamaah dengan membungkan Ahli Bid'ah. Ia sangat visioner hingga kalau kita membaca kitab kalamnya maka seolah sulit dipercaya bahwa ia lahir di masa yang sangat awal sebelum perdebatan berbagai isu menghangat.

Ia adalah Imam Abu Hanifah radliyallahu anhu. Kitabnya yang berjudul al-Fiqh al-Akbar dan al-Washiyyah sungguh membuat kitta heran sebab istilah yang digunakan dan nalar yang diajarkan baru populer jauh setelah beliau wafat, hingga beberapa kalangan sampai meragukan bahwa itu adalah karyanya. 

Syaikh Kamaluddin al-Bayadli Zadah al-Busnawi, sebagaimana dalam SS, merupakan salah satu ulama yang dengan tegas menyatakan bahwa Imam Abu Hanifah sebagai pioner dalam Ilmu kalam ini sebab ia adalh yang pertama membukukan ilmu kalam. 

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahab Ahmad

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pencetus Ilmu Kalam Ahlussunnah". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait