Pentingnya ilmu Balaghah

Pentingnya ilmu Balaghah

Pentingnya ilmu Balaghah

Termasuk perkara penting sebelum kita menafsirkan al-Qur'an adalah menguasai ilmu balaghah, karena al-Qur'an sangat erat kaitannya dengan balaghah selain nahwu dan shorof. sehingga, siapapun orang yang tak memahami balaghah dengan baik dan benar, sangat berpotensi salah dalam memahami ayat al-Qur'an. 

Semisal, firman Allah ﷻ : 

هدى للمتقين 

Petunjuk bagi orang yang bertaqwa

Sepintas, ketika kita membaca ayat ini, yang langsung terbetik dibenak kita adalah bahwa al-Qur’an itu adalah petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Bahkan jika kita memakai pemahaman “Mafhum Mukholafahnya” berarti al-Qur’an itu bukan petunjuk bagi selain orang bertaqwa. Hal ini salah juga. Karena tidak semua hal ada mafhum mukholafahnya. Maka perlulah kita memahami al-Qur’an dari para pakarnya. 

Jadi, kalau kita coba memahami ayat ini dari perspektif ilmu balaghah, kita akan memahami 2 hal. Pertama bahwa ayat ini mengandung 2 majaz, pertama majaz Aqli dan yang kedua adalah Majaz Mursal. 

Apa Majaz Aqlinya? 

Yang kita sudah sepakati, bahwa yang memberikan Hidayah adalah Allah ﷻ akan tetapi disini disebutkan bahwa al-Qur’anlah yang memberi hidayah, nah ini yang disebut dengan Majaz Aqli. Karena yang sebenarnya memberi hidayah adalah Allah. Sebagaimana kalimat, “Monas dibangun soekarno”, padahal yang membangun monas adalah tukang dan kuli. 

Lalu apa majaz Mursalnya?

Nah disini pembahasannya, Allah ﷻ menggunakan Bahasa majaz disini. Sebenarnya al-Qur’an adalah هدى للناس (petunjuk bagi manusia) sebagaimana dalam surat al-Baqarah juga setelahnya. Akan tetapi, disini Allah ﷻ menggunakan kata المتقين ini yang dinamakan Majaz Mursal ‘Alaqah  Ma yakuunu. 

Jadi bisa diartikan juga, 

هدى للمتقين 

Petunjuk bagi manusia agar menjadi orang yang bertaqwa. 

 Jadi al-Qur’an pedoman bagi orang secara umum untuk menjadikan orang yang membacanya itu sebagai orang yang bertaqwa. 

 Akan tetapi, kita juga tidak bisa menafikan bahwa ayat ini juga bisa dimaknai secara khusus. Artinya, ada suatu petunjuk khusus yang bisa dipahami oleh orang khusus. Artinya kita tidak memahami ayat ini dengan pemahaman Majaz. Dan its work. 

Nah jadi wajib bagi siapapun yang ingin memahami al-Qur’an belajar ilmu balaghah khususnya. 

Semoga bermanfaat

Akhukum Ahmad alfarisi

#_YukngajiBalaghah

😊❤️ 

Sumber FB Ustadz : Ahmad Al-farizi

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pentingnya ilmu Balaghah". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait