Jadilah Penyokong Dakwah

Jadilah Penyokong Dakwah

*⭐JADILAH PENYOKONG DAKWAH*

_Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq_

Dunia dakwah adalah dunia berjama'ah. 

Kita tidak akan bisa berdakwah tanpa adanya kebersamaan yang saling menyokong dan menguatkan satu sama lainnya.

Seorang dai dengan kemapanan sebaik apapun, seperti memiliki ilmu yang mumpuni sekaligus dana yang mencukupi, tetap membutuhkan sokongan dari yang lain. Apa lagi jika tidak memiliki salah satu hal tersebut terlebih kedua-duanya.

Rasulullah ﷺ saja ketika berdakwah, beliau tetap membutuhkan orang lain, padahal jelas posisi beliau selalu dikuatkan dengan adanya pertolongan malaikat. 

Namun demikian, Nabi ﷺ tetap dibantu oleh istrinya dan juga dibantu oleh sahabat-sahabatnya.

Di periode Makkah donatur utama beliau dalam dakwah adalah sayidatuna Khadijah. Dan ketika telah berada di Madinah beliau melibatkan sekian sahabat untuk membiayai perjuangan dakwahnya, diantaranya adalah Abu Bakar, Utsman dan Abdurrahman bin Auf radhiyallahu'anhum.

Tentu tanpa maksud mengecilkan pengorbanan sahabatnya yang lainnya, termasuk yang menyabung nyawa di medan jihad, tapi faktanya amal harta para sahabat lah yang sering disebut-sebut dan dibanggakan oleh Nabi ﷺ karena memang memiliki dampak yang paling besar bagi dakwah.

Misalnya tentang Khadijah beliau bersabda :

وصدَّقَتْني إِذْ كَذَّبَنِي الناسُ، ووَاسَتْنِي بِمَالِها إِذْ حَرَّمَنِي النَّاسُ،

"Khadijah memercayaiku ketika orang-orang mendustakanku. Dan dia membantuku dengan hartanya saat orang-orang tidak mau membantuku." (HR. Ahmad)

Dan ketika Nabi ﷺ menyebut tentang jasa Abu Bakar, diantara yang beliau unggulkan adalah sokongan dananya untuk dakwah, Rasulullah ﷺ bersabda :

إن مِن أمَنّ الناس عليّ في صحبته وماله أبا بكر 

"Orang yang paling besar jasa dan kerelaannya untukku dalam mengeluarkan harta adalah Abu Bakar..." (HR. Bukhari)

Karena itu, kita yang diberi keluasan harta, manfaatkan ia sebaik-sebaiknya untuk membantu perjuangan dakwah fi sabilillah. Ambil bagian yang telah Allah mudahkan dan bukakan bagi. Karena sungguh keutamaan dan pahala yang akan kita dapatkan dari dakwah tidak akan mungkin bisa disaingi oleh jenis ibadah manapun, apa lagi hanya sebatas karunia dunia.

Allah ta'ala berfirman :

وَمَنْ أَحْسَنُ قَوْلًا مِّمَّن دَعَا إِلَى اللَّـهِ

"Siapakah kiranya yang perkataannya lebih baik dari yang menyeru kepada Allah ?..." (QS. Fusilat : 33)

Rasulullah ﷺ bersabda :

فَوَاللَّهِ لأَنْ يُهْدَى بِكَ رَجُلٌ وَاحِدٌ خَيْرٌ لَكَ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ

“Demi Allah, sungguh ada satu orang saja diberi petunjuk oleh Allah melalui perantaraanmu, maka itu lebih baik dari harta dunia yang paling berharga." (Mutafaqun Alaih)

Wallahu a'lam.

•┈┈•••○○❁🌻ⒶⓈⓉ🌻❁○○•••┈┈•

💳 Dukung dakwah kami, salurkan infaq ke BSI 0847077213 an Ahmad Syahrin T QQ Subulana, konfirmasi donasi : 081350696763.

BERGABUNG DI GROUP WA SUBULANA 

Yang ingin bergabung, bisa daftar ke admin : 0812-588-9791

Sumber WAG : SUBULANA I

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Jadilah Penyokong Dakwah". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait