Tiga Ulama yang Harus Diwaspadai Pendapatnya dalam Aqidah

Tiga Ulama yang Harus Diwaspadai Pendapatnya dalam Aqidah

3 ulama yg harus diwaspadai pendapatnya dalam Aqidah

Selama saya belajar di jordan sudah Ratusan bahkan mencapai ribuan kelas Syeh Saeed Fodah yg saya ikuti mulai daripada kelas umum di Masjid-Masjid atau kelas Khusus di rumah atau Office beliau akan tetapi dalam beberapa kesempatan special beliau akan menjelaskan beberapa hal yg sangat penting.

diantara kata-kata beliau yg saya masih ingat sampai sekarang : ada 3 Pendekar( فرسان) dalam Aqidah yg mesti diwaspadai karena banyak pendapa mereka bertentangan dengan Ahli Sunnah yaitu Ibn Taimiyah, Ibn Ruysd & ibn Arobi.

Dulu perkataan ini saya tidak terlampau paham akan tetapi setelah semakin lama saya belajar ilmu kalam saya mengetahui bahwa memang 3 orang ini adalah icon orang yg selalu ingin membajak & melemahkan Mazhab Ahli Sunnah melewati pemahaman mereka.

1.Ibn Taimiyah sebagai icon untuk Mazhab Tajsim yg para pengikutnya berusaha mengambil nama Ahli Sunnah dari Asya'iroh & Maturidiyah.

2.Ibn Rusyud beliau icon unutk mazhab Falsafah Aristo yg berusaha untuk menghidupkan kembali mazhab Aristo sebagai ushuluddin untuk menggantikan Mazhab Ahli Sunnah.

3.Ibn Arobi sebagai Muassis Mazhab Wihdatul wujud yg banyak sekali mempengaruhi Tasawwuf & Thoriqoh kemudian berusaha menjadikan aliran tasawwufnya yg terbina atas Mazhab Wihdatul Wujud tasawwuf yg haqiqi & tinggi dibandingkan tasawwuf al-Imam Ghozaly atau al-Qusyairi.

Ironisnya saya melihat banyak sekali orang-orang zaman sekarang terpengaruh dengan Aqidah Ibn Taimiyah & Tasawwuf wihdatul wujud karena itu kita melihat banyak sekali kerusakan dalam Aqidah & tasawwuf di banyak sekali lini bahkan dikalangan para agamawan.

Sampai jika anda melihat aliran Tasawwuf atau Thoriqoh yg munkar atau nyeleneh jika anda teliti mayoritasnya pasti bermuara kepada mazhab Wihdatul Wujud.

Karena mengakarnya Mazhab ibn Arobi dalam Tasawwuf Ahli Sunnah sampai dikira bahwa Tasawuf ibn Arobilah yg benar atau itu adalah Haqiqat atau kalian masih terbatasi dengan akal dsb dari alfaz-alfaz yg selalu keluar dari penganut MAzhab Wihdatul wujud untuk melegitimasi Thoriqoh mereka.

ironisnya saya menemui ini hampir disemua tempat yg pernah saya datangi!! pada saat itu saya teringat perkataan Syeh Saeed Fodah : Jika ada serangan kepada Ahli Sunnah setelah Fase ibn Taimiyah maka pasti itu berasal dari balik Jubah Ibn Arobi.

Wallahu A'lam.

Sumber FB Ustadz : Habib Ali Baqir al-Saqqaf

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Tiga Ulama yang Harus Diwaspadai Pendapatnya dalam Aqidah". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait