Ketika Bicara Menjadi Polusi, Maka Diam Menjadi Solusi

Ketika Bicara Menjadi Polusi, Maka Diam Menjadi Solusi

*⭐KETIKA BICARA MENJADI POLUSI, MAKA DIAM MENJADI SOLUSI*

_Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq_

Pada saat kejatuhan Andalusia yang pertama, muslimin masih berhasil bangkit dan bisa bertahan hingga 400 tahun kemudian.

Hal ini berkat dari perjuangan gigih tiga ulama besar saat itu, yakni Abul Walid al Baji, Ibnu Abdil Barr dan Ibnu Hazm rahimahumullah jami'an.

Ada beberapa strategi perjuangan yang dilakukan trio ulama kebanggaan umat tersebut. Diantaranya adalah apa yang dikatakan oleh Ibnu Hazm :

"Andalus hanya mungkin bangkit dari keterpurukannya jika orang-orang mau mulai memperbanyak diam, sebagaimana ketika mereka kecil dahulu belajar berbicara, kecuali dalam perkara Amar Ma'ruf Nahi Munkar. 

Masalah di tengah-tengah kita menjadi runyam, karena terlalu banyak orang yang suka berbicara namun diam saat harus beramar Ma'ruf Nahi Munkar."

Apa yang dikatakan oleh Ibnu Hazm rahimahullah ini sejalan dengan perkataan sayidina Ali :

 لو سكت من لايعلم سقط الخلاف

_"Andai yang tak punya ilmu mau diam; niscaya akan selesai banyak perselisihan."_

Dan benar, ketika strategi ini diterapkan, perbaikan terhadap kondisi yang sedang rusak bisa dilakukan, sehingga berlahan umat berhasil bangkit untuk membangun peradabannya kembali.

🍁🌿🍁🌿🍁🌿🍁🌿🍁🌿

Sedangkan kondisi umat hari ini jauh lebih parah, bukan hanya sekedar banyaknya orang yang gemar bicara namun diam dari kemunkaran, tapi bahkan Amar Makruf Nahi Munkar dicegah dan difitnah. Pelakunya dibully bahkan sampai di Bui.

Semoga segera lahir generasi Ibnu Hazm, Ibnu Abdil Barr dan al Baji zaman ini.

Semoga bermanfaat. 

•┈┈•••○○❁༺ⒶⓈⓉ༻❁○○•••┈┈•

 ⤵️https://t.me/subulana

🌐 www.konsultasislam.com

📱facebook.com/AhmadSyahrinThoriq

Sumber WAG : SUBULANA I 

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Ketika Bicara Menjadi Polusi, Maka Diam Menjadi Solusi". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait