Riwayat Yahya bin Yaman adalah Palsu

Riwayat Yahya bin Yaman adalah Palsu

🔰 RIWAYAT YAHYA BIN YAMAN ADALAH PALSU.

Oleh: M. Rofiannur Al Hamaamuh, SN, DH.

Salah satu fatwa dusta yang entah kenapa hingga kini para salafi Wahhabi tidak mau menerima kebenaran itu yaitu bahwa fatwa imam tsauri diatas tidaklah Tsabit dari beliau. Karena, didalamnya ada seorang perowi yang sudah dilemahkan para alim ulama yakni Yahya bin Yaman.

Yahya bin Yaman ini terkenal akan kelemahannya, kelupaanya atas hafalannya dan diakhir umurnya dia dikenal lemah dalam segala periwayatan nya.

Al Imam Ibnu Adi Ajjurjani (W 325 H) mengatakan:

ثنا علان ثنا ابن ابي مريم سالت يحيى بن معين عن يحيى بن يمان فقال : ضعيف الحديث. ثنا محمد بن علي ثنا عثمان قلت ليحيى بن معين : فيحيى بن يمان في الثوري قال : أرجو أن يكون صدوقا، قلت : فكيف هو في حديثه.؟ قال : ليس بالقوي. وقال النساني : يحيى بن اليمان ليس بالقوي.

Artinya: Telah bercerita pada kami 'Allan, telah bercerita pada kami Ibnu Abi Maryam, Aku pernah bertanya pada Yahya Bin Ma'in terkait Yahya Bin Yaman. Maka, beliau menjawab: Dia Dha'if dalam sanad hadits. Telah bercerita pada kami Muhammad Bin 'Ali, telah bercerita pada kami Utsman, pernah kutanyakan pada Yahya Bin Ma'in terkait Yahya Bin Yaman yang meriwayatkan dari Ats-Tsauri, Maka beliau menjawab: Aku berharap dia rawi yang Shaduq, kutanyakan lagi : Bagaimana statusnya dalam periwayatan hadits. Beliau menjawab: Dia tidak kuat, An-Nasa'i juga berkata : Yahya Bin Yaman bukan perawi yang kuat.

[Al Kamil Fii Dhu'afa' Arrijal: 3/236]

Al Imam Al Khatib Al Baghdadi (W 463 H) mengatakan:

قال: حدثنا عبدالكريم بن أحمد بن شعيب النسائي، قال: حدثنا أبي، قال : يحيى بن اليمان ليس بالقوي. قال حدثنا زكريا بن يحيى الساجي، قال : يحيى بن يمان ضَعَّفه أحمد بن حنبل.

Artinya: Al Imam Annasai (W 303 H) berkata, ayahku menceritakan padaku, beliau berkata: Yahya bin Yaman bukan orang yang kuat (tsiqah). Al Imam Zakaria bin Yahya Assaaji (W 307 H) beliau berkata: Yahya bin Yaman, Imam Ahmad bin Hanbal (W 241 H) sudah melemahkan nya.

[Tarikh Madiinah Assalam: 16/188]

Al Imam Al Baihaqi (W 458 H) mengatakan:

قال الشيخ : ويحيى بن يمان ليس بالقوي عندهم

Artinya: Assyaikh (guru imam Al Baihaqi) berkata: Yahya Bin Yaman bukanlah orang yang kuat bagi mereka (ahli hadist).

[Assunanu Al Kubra: 1/61]

Al Imam Ibnu Jauzi (W 591 H) mengatakan:

٣٧٦٦ - يحيى بن يمان أبو زكريا العجلي: روى عنه سفيان الثوري، وشريك. قال أحمد بن حنبل : ليس بحجة في الحديث. وقال ابن المديني تغير حفظه . وقال يحيى، والنسائي : ليس بالقوي، وقال مرة : كان يضعف في آخر عـمره، وقال أبو داود : يُخطىء في الأحاديث ويَقْلِبُهَا .

Artinya: 3766: Yahya bin Yaman Abu Zakariya Al Ijliy: dia meriwayatkan dari Sufyan Attsauri dan temannya. Imam Ahmad bin Hanbal (W 241 H) berkata: Dia tidak bisa dijadikan hujjah dalam hadist. Ibnu Madini (W 234 H) berkata: Ada yang merubah hafalannya (ketika di akhir umurnya ia lemah segi hafalannya). Yahya (assaji) (W 307 H) dan imam Annasai (W 303 H) berkata: Di bukanlah orang yang kuat (dalam periwayatan hadist), dan berkata lagi: Ia lemah diakhir umur nya. Dan Imam Abu Daud (W 275 H) berkata: ia keliru dalam hadits dan merubahnya.

[Addu'afa' Wa Al Matruukiin: 3/206]

Al Imam Al Khatib Al Baghdadi (W 463 H) berkata:

سمعت وكيع بن الجراح يقول : ما كان أحدٌ من أصحابنا أحفظ للحديث من يحيى بن يمان كان يحفظ في المجلس خمس مئة حديث ثم نسي

Artinya: Aku mendengar Waki' bin Al Jarrah (W 196 H) berkata: Tidak ada seorangpun dari kalangan sahabat kami yang sangat hafal pada hadits ketimbang Yahya bin Yaman. Dia pernah menghafalkan lima ratus hadist dalam satu majlis. Namun, kemudian ia lupa lagi.

[Tarikh Madiinah Assalam: 16/185]

Al Imam Addzahabi (W 748 H) berkata:

قال ابن المديني: صدوق ، فلج فتغير حفظه .

وقال محمد بن عبد الله بن نمير: كان سريع الحفظ سريع النسيان.

Artinya: Ibnu Madini (W 234 H) berkata: Dia orangnya jujur tapi dilemahkan oleh penyakit yang merusak hafalannya. Muhammad Bin Abdillah Bin Numair (W 240 H) berkata: Dia cepat hafal tapi cepat juga lupanya.

[Siyar 'Alam Annubala: 8/356]

Al Imam Ibnu Hajar Al Asqalaani (W 852 H) mengatakan:

وقال إبراهيم بن الجنيد عن ابن معين : ليس بثبت، لم يكن يبالي أي شيء حدث، كان يتوهم الحديث.

Artinya: Ibrahim bin Al Junaid berkata dari Ibn Ma'in: (Yahya bin Yaman) ia tak bisa jadi pegangan, apapun hadits yang dia bawa maka tak bisa dipercaya, dan dia gemar menyamarkan hadits.

[Tahdzibut Tahdzib: 7/130]

Al Imam Ibnu Rajab Al Hanbali (W 795 H) berkata:

قلت : ( فيحيى بن يمان ؟. قال أرجو أن يكون صدوقا »

Artinya: Aku katakan: Yahya bin Yaman: Aku berharap ia adalah orang yang jujur.

[Syarah Ilal Attirmidzi: 1/541]

Kesimpulannya, riwayat diatas tidak bisa dibenarkan. Karena, rawinya bermasalah yaitu Yahya bin Yaman.

Selesai.

© ID Cyber Aswaja

Sumber FB : ID Cyber Aswaja

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Riwayat Yahya bin Yaman adalah Palsu". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait