Pernyataan para Ulama Asy'ariyah yang Diklaim sebagai Guru Albani

Pernyataan para Ulama Asy'ariyah yang Diklaim sebagai Guru Albani

Diantara pernyataan para Imam Ahlussunnah wal Jama'ah yang ada pada sanad yang diklaim sebagai sanad al Albani kepada Rasulullah;

1. Murtadho al-Zabidi

قال المرتضى الزبيدي فى الفصل الثاني من مقدمة شرح كتاب قواعد العقائد من الاحياء إذا أطلق أهل السنة والجماعة فالمراد بهم الاشاعرة والماتريدية 

Berkata Imam Murtadho al-Zabidi pada fasal kedua muqaddimah Syarh Bab Qawaid al-'Aqaid Kitab Ihya' Ulumiddin: "Apabila disebutkan Ahlussunnah wal Jama'ah maka yang dimaksudkan dengan mereka adalah: Asyairah (pengikut Imam Abu Hasan Al Asy'ari) dan Maturidiyah (pengikut Imam Abu Mansur Al Maturidi)."

2. Syamsuddin al-Ramli

قال الرملى فى شرح المنهاج والمبتدع من خالف فى العقائد ما عليه أهل السنة مما كان عليه النبي صلى الله عليه وسلم وأصحابه ومن بعدهم والمراد بهم فى الأزمنة المتأخرة إماماها أبو الحسن الأشعري وأبو منصور الماتريدى واتباعهما

Berkata Imam Syamsuddin al-Ramli di dalam Kitab Syarh al-Minhaj: "Pelaku bid'ah itu adalah setiap orang yang berbeda dalam permasalahan akidah dengan keyakinan Ahlussunnah wal Jama'ah; yang merupakan keyakinan Nabi shalallahu alayhi wa sallam, para sahabat, dan generasi setelah mereka. Dan yang dimaksudkan dengan mereka (Ahlussunnah wal Jama'ah) di era belakang ini adalah, dua Imamnya; Abu Hasan Al Asy'ari dan Abu Manshur al-Maturidi serta para pengikut beliau berdua.

3. Syaikhul Islam al-Hafizh Zakarya al-Anshari

قال شيخ الإسلام زكريا الأنصاري، في كتابه "منحة الباري بشرح صحيح البخاري": «والبدعةُ تكون واجبةً، ومندوبةً، ومباحةً ومكروهة، وحرامًا. وأما خبر: "كل بدعةٍ ضلالةٌ" فمن العام المخصوص». 

Berkata Syaikhul Al-Islam Zakaria al-Anshari di dalam Kitab Minhah al-Bari bi Syarh Shahih al-Bukhari, bid'ah itu bisa wajib, mandub, mubah, makruh, dan bisa haram. Sedangkan hadis "semua bid'ah sesat" adalah hadis yang diungkapkan dengan redaksi umum yang bisa dikhususkan (العام المخصوص)

4. Amirul Mukminin fi al-Hadis Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani

وقال شيخ الإسلام الحافظ ابن حجر العسقلاني في كتابه "فتح الباري شرح صحيح البخاري": «والتحقيق أن البدعة إن كانت مما تندرج تحت مستحسن في الشرع فهي حسنة وإن كان مما تندرج تحت مستقبح في الشرع فهي مستقبحة، وإلا فهي من قسم المباح، وقد تنقسم إلى الأحكام الخمسة». 

Berkata Syaikhul Islam al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani pada kitab karangan beliau Fathul Bari Syarh Shahih al-Bukhari: Dan yang benar adalah jika include kepada perbuatan yang dipandang baik oleh syariat termasuk kategori bid'ah hasanah. Namun jika include kepada perbuatan yang dipandang tidak baik oleh syariat termasuk kategori bid'ah tercela, atau kemungkinan lain termasuk kepada yang mubah. Dan para ulama sudah membagi bid'ah itu kepada lima kategori. 

Sumber FB Ustadz : Alnofiandri Dinar

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pernyataan para Ulama Asy'ariyah yang Diklaim sebagai Guru Albani". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait