Fakta Taubatnya Imam Ibnu Khuzaimah Yang Disembunyikan Salafi Wahabi

Fakta Taubatnya Imam Ibnu Khuzaimah Yang Disembunyikan Salafi Wahabi

FAKTA TAUBATNYA IMAM IBNU KHUZAIMAH YANG DISEMBUNYIKAN SALAFI WAHABI.

Entah kenapa salafi Wahhabi seperti akun ini Kongres Athari masih menyembunyikan fatwa kebenaran akan taubatnya beliau dari pemahaman dan pemikiran Mujassimah dan Karramiyyah. Maka, izinkan kami membukanya disini.

Al Imam Ibnu Khuzaimah (W 311 H) adalah orang yang hebat. Beliau memiliki julukan Aimmatul Aimmmah (Imamnya para imam), beliau merupakan ulama ahli hadist dan sangat teliti di bidang tersebut. Juga merupakan pemimpin Sunnah, Alim dalam fiqih, orangnya Tsiqah. Beberapa kitab beliau yang sangat fenomenal yaitu: Kitab Attauhid dan Sahih Libni Khuzaimah. Namun, dengan semua itu tidak lah melepaskan beliau dari terjerumus kepada golongan Mujassimah dan Karramiyyah.

Beliau yakni Al Imam Ibnu Khuzaimah pernah termasuk bagian dari golongan Karramiyyah. Bahkan beliau, sangat memuji pemimpin dari golongan Karramiyyah ini. Yaitu: Ibnu Karram.

Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Al Imam Solahuddin Khalil Bin Aibak Asshafadii (W 764 H):

۱۹۲۲ - ابنُ كرام المجسم: محمد بن كرامِ بن عراف بن خراية، الشيخ أبو عبد الله السِّحِسْتَانِيُّ, الضال المجسم شيخ الكرامية. وَأثْنى عَلَيْهِ ابْن خُزَيْمَة وَاجْتمعَ بِهِ غير مرّة وَأَبُو سعيد الْحَاكِم.

Artinya: 1922 - Ibnu Karram Al Mujassim: Muhammad bin Karram bin 'Araf bin Kharayah, merupakan guru Abu Abdullah Assajistani, orang yang sesat lagi mujassim adalah pemimpin golongan Karramiyyah. Ibnu Khuzaimah memujinya (Muhammad Bin Karram) dan berulang kali berkumpul bersamanya dengan Abu Sa’id al-Hakim.

[Al Wafaa Bil Wafayaat, Juz: 4, Halaman: 48 - 49]

Selain itu, beliau juga ghulluw dalam soal itsbat. Sama seperti Utsman bin Sa'id Addarimi Al Mujassim yang sudah pernah kami bahas sebelumnya.

Al Imam Addzahabi (W 748 H) berkata:

كان ابن خزيمة رأساً في الفقه من دعاة السنة وغلاة المثبتة، له جلالة عظيمة بخراسان أخذ الفقه عن المزني،

Artinya: Ibnu Khuzaimah adalah pemimpin soal fiqih dan Sunnah dan ghulluw (berlebihan) soal itsbat, ia memiliki kedudukan yang agung di kharasan dan ia mengambil ilmu fiqih dari Al Imam Al Muzani.

[Al 'Uluw Li'aliyyil Ghaffaar: 311]

Dan Alhamdulillah, beliau sudah keluar dari pemahaman tajsim dan golongan karramiyyah nya. Beliau sudah taubat ke Ahli Sunnah Wal Jama'ah. Sekarang beliau berada diatas jalur salaf tidak sebagaimana yang dahulu.

Al Imam Al Baihaqi (W 458 H) mengatakan:

قلت : القصة فيه طويلة، وقد رجع محمد بن إسحاق إلى طريقة السلف وتلهف على ما قال والله أعلم.

Artinya: Aku (Al Baihaqi) katakan: Kisahnya panjang, dan sungguh Muhammad bin Ishaq telah bertaubat dan kembali kepada jalan ulama salaf dan menyesali atas apa yang pernah ia ucapkan. Allahu 'Alam.

[Al Asma' Wa Asshifat, Juz: 2, Halaman: 23]

Al Imam Ibnu Hajar Al Asqalaani (W 852 H) juga mengatakan:

ووقع نحو ذلك لإمام الائمة ابن خزيمة ، ثم رجع ، وله في ذلك مع تلامذته قصة مشهورة

Artinya: Dan juga terjadi atas seorang pemimpin dari para pemimpin yaitu Ibnu Khuzaimah, kemudian beliau bertaubat. Beliau dalam hal itu memiliki kisah yang sudah masyhur (terkenal) bersama para muridnya.

[Fathul Bari Syarah Sahih Al Bukhari, Juz: 13, Halaman: 417]

Salah satu buktinya adalah beliau melakukan tafwidh makna. Beliau sudah berada dijalan salaf yaitu menyerahkan makna dzohir ayat dan hadits sifat. Beda, dengan salafi Wahhabi sekarang. Mereka tidak tafwidh makna pada ayat dan hadits sifat bahkan tidak segan segan mereka menambahkan sifat yang tidak Allah dan rasulnya sebutkan. Seperti, bergerak dan berpindah.

Al Imam Jalaluddin Assuyuthi (W 911 H) berkata:

وأخرج عن أبي عمرو بن مطر قال: سئل ابن خزيمة عن الكلام في الأسماء والصفات. فقال: بدعة ابتدعوها ولم يكن أئمة المسلمين وأرباب المذاهب وأئمة الدين مثل مالك وسفيان والأوزاعي والشافعي وأحمد وإسحاق  ويحيى بن يحيى وابن المبارك ومحمد بن يحيى وأبي حنيفة ومحمد بن الحسن وأبي يوسف يتكلمون في ذلك وينهون عن الخوض فيه ويدلون أصحابهم على الكتاب والسنة، فإياك والخوض فيه والنظر في كتبهم بحال.

Artinya: Diceritakan dari Abi Am'r bin Mathar, beliau berkata: Ibnu Khuzaimah pernah ditanya dari Kalam mengenai Asma' dan Sifat. Maka, beliau menjawab: (berkalam dalam Asma' Wa Asshifat) adalah bid'ah dan kalian telah berbuat buat padanya (ayat sifat). Belum pernah ada para imam muslimin, imam panutan Madzhab dan imam agama. Seperti: imam Malik, Sufyan, Auza'i, Syafi'i, Ahmad, Ishaq, Yahya bin Yahya, Ibnu Mubarak, Muhammad bin Yahya, Abi Hanifah, Muhammad bin Al Hasan dan Abi Yusuf, mereka membicarakan hal tersebut (berkalam dalam Asma' dan Sifat). Dan mereka melarang dari mendalami makna dan mereka berdalil pada kitab Al Qur'an dan Sunnah. Jauhilah mendalami maknanya dan memandang kedalam kitab mereka Bihal.

[Shaunul Mantiq Wa Al Kalam: 70]

Jadi, kitab tauhid beliau yang masih ada hari ini adalah kitab dari hasil pemikiran beliau dahulu sebelum beliau bertaubat dan berpindah ke jalan salafus salih.

Terima kasih.

© ID Cyber Aswaja

Oleh Founder ID Cyber Aswaja: M. Rofiannur Al Hamaamuh, SN, DH.

Sumber FB : ID Cyber Aswaja

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Fakta Taubatnya Imam Ibnu Khuzaimah Yang Disembunyikan Salafi Wahabi". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait