Apa yang Dibaca Saat Mengantar Jenazah?

Apa yang Dibaca Saat Mengantar Jenazah?

Apa yang dibaca saat mengantar jenazah?

Perlu kita ketahui, Nabi Muhammad Saw, bila menyaksikan jenazah, akan berhenti berbicara perkara duniawi, menyibukan hati dengan mengingat Allah, membasahi lisan dengan zikir. Dalam riwayat yang ditulis oleh Ibnu Hajar Al-Asqalani disebutkan :

عن زيد بن أرقم، عن النبي صلى الله عليه وسلم، قال: إن الله عز وجل يحب الصمت عند ثلاث: عند تلاوة القرآن وعند الزحف وعند الجنازة

Dari Zaid bin Arqam, Nabi Muhammad Saw bersabda, "Sesungguhnya Allah swt mewajibkan kita untuk diam (tidak berbicara seputar duniawi) pada 3 perkara: ketika membaca Al-Quran, ketika pertempuran, dan ketika mengiringi jenazah."

Konteks hadits di atas dikukuhkan dengan penjabaran para ulama. Salah satunya Imam an- Nawawi yang secara sengaja menyusun bab khusus pada kitab Al-Adzkar terkait adab-adab yang perlu diperhatikan bagi orang yang hendak mengiringi jenazah.

Imam an-Nawawi Rahimahullah menulis :

(( باب ما يقوله الماشي مع الجنازة ))

يستحب له أن يكون مشتغلاً بذكر الله تعالى، والفكر فيما يلقاه الميت وما يكون مصيره وحاصل ما كان فيه، وأن هذا آخر الدنيا ومصير أهلها، وليحذر كل الحذر من الحديث بما لا يليق ولا فائدة فيه، فإن هذا وقت فيه فكر وذكر يقبح فيه الغفلة واللهو والاشتغال بالحديث الفارغ، فإن الكلام بما لا فائدة فيه منهي عنه في جميع الأحوال، فكيف في هذا الحال.

Dianjurkan agar menyibukkan diri dengan berzikir kepada Allah swt, dan mengingat perihal yang akan dijumpai oleh mayit dan akhir yang akan dijumpainya.

Alhasil, apapun yang terjadi, itulah akhir dari kehidupan dunia dan nasib yang akan dilalui penghuninya, maka hendaklah berhati-hati dari setiap perkataan yang tidak pantas dan tidak mengandung faidah.

Sungguh, sekarang ini ialah waktu yang tepat untuk lebih banyak berintrospeksi dan mengingat hal senda gurau dan sibuk perkara duniawi yang tercela. Sebab perkataan yang tidak mengandung faidah dilarang disetiap keadaan, terlebih lagi dalam keadaan ini.

______________________________________________________

Jadi, sampai di sini kita paham bukan bacaan dzikirnya yang dilarang saat mengantar jenazah akan tetapi yang dilarang itu adalah berbicara perkara dunia, senda gurau, tertawa, dan hal-hal lain yang tidak ada manfaatnya (faidahnya).

Waallahu A'lam

Sumber FB Ustadz : Pardi Syahri

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Apa yang Dibaca Saat Mengantar Jenazah?". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait