Rapi, Jangan Semrawut!

Rapi, Jangan Semrawut!

Rapi, Jangan Semrawut!

Rasulullah SAW bersabda, "Besok kalian akan bertemu dengan saudara-saudara kalian. Oleh sebab itu, perbaguslah kendaraan kalian dan perbaguslah pakaian kalian sehingga kalian menjadi seperti perhiasan di tengah-tengah manusia. Sebab, sesungguhnya Allah tidak suka orang yang semrawut dan sengaja menyemrawutkan diri." (HR. Abu Daud, hasan)

Hadis ini menjadi petunjuk agar seseorang memperbagus diri dan pakaiannya ketika bertemu dengan sesama saudara agar tidak menjadi bahan celaan dan hinaan orang lain serta menjadi lebih terhormat dan mulia. Semua ini dituntut di dalam Islam.

Hadis ini juga berisi petunjuk bahwa seseorang hendaklah menghindari sebab celaan. Sebaliknya, hendaklah ia selalu berusaha membuat orang lain merasa nyaman dan tidak terganggu dengan dirinya dan penampilannya. Ini adalah kategori keindahan dalam perkara mubah, bukan kategori kesombongan tapi kategori menampakkan nikmat Allah dan menceritakan nikmat Allah.

Hadis ini menuntut setiap muslim agar selalu tampil indah dan rapi di hadapan sesama saudara. Sebab, Allah tidak menyukai orang yang semrawut dan sengaja menyemrawutkan dirinya sendiri.

Sumber: kitab “Dalilul Falihin Syarh Riyadhus Shalihin” karya Ibnu ‘Allan Asy Syafi'i. 

Sumber FB Ustadz : Danang Kuncoro Wicaksono

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Rapi, Jangan Semrawut!". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait