Hukum Posisi Makmum Di Depan Imam

Hukum Posisi Makmum Di Depan Imam

HUKUM POSISI MAKMUM DI DEPAN IMAM

Oleh Ustadz : Abdul Wahid Al-Faizin 

Dulu ketika umrah saya sempat kebingungan dengan beberapa praktek shalat berjamaah di Masjidil Haram karena hanya berpegang pada pendapat yang dianggap kuat dalam Madzhab Syafi'i. Tapi ternyata setelah belajar beberapa pendapat di kitab-kitab babon ada beberapa pendapat yang memberikan kelonggaran termasuk dalam hal makmum yang posisinya berada di depan imam (yang dianggap adalah posisi tumit bukan Ujang jari kaki). 

Secara global hukum posisi makmum di depan imam adalah sebagai berikut:

Pertama, jika berada di Masjidil Haram, maka imam sunnah shalat di belakang Maqam Ibrahim dan makmum melingkar mengelilingi Ka'bah dengan posisi imam paling dekat dengan Ka'bah dibandingkan makmum. Namun jika makmum lebih dekat dengan Ka'bah dan posisinya tidak ada di arah imam (seperti dalam gambar postingan ini), maka pendapat kuat yang dijadikan fatwa dalam Madzhab Syafi'i (Al-Madzhab) adalah sah shalatnya. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh imam Nawawi berikut ini

أَمَّا إذَا صَلَّوْا فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ فَالْمُسْتَحَبُّ أَنْ يَقِفَ الْإِمَامُ خَلْفَ الْمَقَامِ وَيَقِفُوا مُسْتَدِيرِينَ بِالْكَعْبَةِ بِحَيْثُ يَكُونُ الْإِمَامُ أَقْرَبَ إلَى الْكَعْبَةِ مِنْهُمْ فَإِنْ كَانَ بَعْضُهُمْ أَقْرَبَ إلَيْهَا مِنْهُ وَهُوَ فِي جِهَةِ الْإِمَامِ فَفِي صِحَّةِ صَلَاتِهِ الْقَوْلَانِ الْجَدِيدُ بُطْلَانُهَا وَالْقَدِيمُ صِحَّتُهَا وَإِنْ كَانَ فِي غَيْرِ جِهَتِهِ فَطَرِيقَانِ الْمَذْهَبُ الْقَطْعُ بِصِحَّتِهَا وَهُوَ نَصُّهُ فِي الْأُمِّ وَبِهِ قَطَعَ الْجُمْهُورُ

Kedua, untuk di selain Masjidil Haram, maka hukum posisi makmum di depan iman ada dua pendapat. Menurut qaul jadid dalam Madzhab Syafi'i tidak sah sedangkan menurut qaul qadim sah. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh imam Nawawi berikut ini

إذَا تَقَدَّمَ الْمَأْمُومُ عَلَى إمَامِهِ فِي الْمَوْضِعِ فَقَوْلَانِ مَشْهُورَانِ (الْجَدِيدُ) الْأَظْهَرُ لَا تَنْعَقِدُ وَإِنْ كَانَ فِي أَثْنَائِهَا بَطَلَتْ (وَالْقَدِيمُ) انْعِقَادُهَا وَإِنْ كَانَ فِي أَثْنَائِهَا لَمْ تَبْطُلْ وَدَلِيلُهُمَا فِي الْكِتَابِ وَإِنْ لَمْ يَتَقَدَّمْ لَكِنْ سَاوَاهُ لَمْ تَبْطُلْ بِلَا خِلَافٍ لَكِنْ يُكْرَهُ وَالِاعْتِبَارُ فِي التَّقَدُّمِ وَالْمُسَاوَاةِ بِالْعَقِبِ عَلَى الْمَذْهَبِ وَبِهِ قَطَعَ الْجُمْهُورُ فَلَوْ تَسَاوَيَا فِي الْعَقِبِ وَتَقَدَّمَتْ أَصَابِعُ الْمَأْمُومِ لَمْ يَضُرَّهُ

Selain qaul qadim dalam Madzhab Syafi'i, ternyata menurut imam Malik, Ishaq, Abu Tsaur, dan Dawud juga dianggap sah. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh imam Nawawi berikut ini

(فَرْعٌ) فِي مَذَاهِبِ الْعُلَمَاءِ فِي تَقَدُّمِ مَوْقِفِ الْمَأْمُومِ: قَدْ ذَكَرْنَا أَنَّ الصَّحِيحَ مِنْ مَذْهَبِنَا أَنَّ الصَّلَاةَ تَبْطُلُ بِهِ وَبِهِ قَالَ أَبُو حَنِيفَةَ وَأَحْمَدُ وَقَالَ مَالِكٌ واسحق وَأَبُو ثَوْرٍ وَدَاوُد يَجُوزُ هَكَذَا حَكَاهُ أَصْحَابُنَا عَنْهُمْ مُطْلَقًا وَحَكَاهُ ابْنُ الْمُنْذِرِ عَنْ مَالِكٍ واسحق وابى ثور إذا ضاق الموضع

Imam Dasuqi dari Madzhab Maliki juga berkata dalam kitabnya Al-Syarh Al-Kabir sebagai berikut

(وَ) كُرِهَتْ لِلْجَمَاعَةِ (صَلَاةٌ بَيْنَ الْأَسَاطِينِ) أَيْ الْأَعْمِدَةِ (أَوْ) صَلَاةٌ (أَمَامَ) أَيْ قُدَّامَ (الْإِمَامِ) أَوْ بِمُحَاذَاتِهِ (بِلَا ضَرُورَةٍ) رَاجِعٌ لِلْمَسْأَلَتَيْنِ قَبْلَهُ

(قَوْلُهُ أَوْ أَمَامَ الْإِمَامِ) أَيْ وَلَوْ تَقَدَّمَ الْجَمِيعَ لِأَنَّ مُخَالَفَةَ الرُّتْبَةِ لَا تُفْسِدُ الصَّلَاةَ كَمَا لَوْ وَقَفَ عَنْ يَسَارِ الْإِمَامِ فَإِنَّ صَلَاةَ الْمَأْمُومِ لَا تَبْطُلُ وَرَأَى بَعْضُهُمْ أَنَّ وُقُوفَ الْمَأْمُومِ أَمَامَ الْإِمَامِ مِنْ غَيْرِ ضَرُورَةِ مُبْطِلٍ لِصَلَاتِهِ وَهُوَ ضَعِيفٌ كَمَا أَنَّ الْقَوْلَ بِأَنَّهُ إذَا تَقَدَّمَ جَمِيعُ الْمَأْمُومِينَ عَلَيْهِ تَبْطُلُ عَلَيْهِ وَعَلَيْهِمْ وَإِلَّا فَلَا بُطْلَانَ كَذَلِكَ ضَعِيفٌ

NB : Postingan ini bukan untuk dipraktekkan di masjid lingkungan kita. Agar tidak menimbulkan gejolak dan dianggap sesat. 😁

Postingan ini hanya untuk lebih memaklumi saat kita melihat praktek tersebut ketika umrah di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi sehingga tidak mudah menyalahkan orang. Atau mungkin dalam kondisi tertentu yang menuntut untuk kita mengamalkan hal tersebut... 

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahid Alfaizin

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Hukum Posisi Makmum Di Depan Imam". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait