Amma Ba'du atau Amma Ba'da?

Amma Ba'du atau Amma Ba'da?

Amma Ba'du atau Amma Ba'da?

Tradisinya, setelah membaca hamdalah dan shalawat dalam orasi, pidato atau khutbah biasanya mengucap amma ba'du. Sekarang, saya semakin sering mendengar orang yang mengucap amma ba'da (dengan fathah) bukannya amma ba'du (dengan dlommah) lagi. Mana yang benar?

Tulisan arabnya adalah أما بعد dan bacaan yang benar adalah "Amma Ba'du" bukan ba'da. Kata ba'du (بعد)  dengan harkat dlammah adalah singkatan dari ba'dahu (بعده). Huruf ha' dibuang lalu keberadaannya ditunjukkan dengan dlommah. 

Arti kata itu adalah: "adapun setelahnya" dalam arti adapun setelah mukadimah hamdalah dan shalawat, lalu pembicaraan inti dimulai. Kata ganti "nya"dalam kata "setelahnya" itu yang asalnya adalah huruf ha' lalu diganti dlammah. 

Bila tidak membuang huruf ha', maka tulisannya kembali ke standar yaitu ba'dahu (بعده) dengan harkat fathah huruf dalnya. Bacaan lengkapnya adalah: "Amma ba'dahu". Bila misalnya ba'dahu dibaca waqaf, maka menjadi ba'dah. Jangan hilangkan ha'nya ketika huruf dal dibaca fathah.

Adapun bila dibaca ba'da (tanpa ha' dan harkat fathah), maka kalimatnya jadi tidak lengkap, artinya "adapun sesudah". Sesudah apa? Masih belum selesai ucapannya tiba-tiba berhenti dan ganti topik. Harusnya "adapun sesudahnya". 

Jadi, yang benar adalah ba'du (tanpa ha'), ba'dahu atau ba'dah (dengan ha'). 

*habis dengar rekaman orang bilang amma ba'da jadi langsung nulis ini. 

Sumber FB Ustadz : Abdul Wahab Ahmad

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Amma Ba'du atau Amma Ba'da?". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait