Pak Haji Masih Bingung - Amalan Terbaik

Pak Haji Masih Bingung - Amalan Terbaik

Pak Haji Masih Bingung ( 14 )

Oleh Ustadz : Rahmat Taufik Tambusai

Pak haji, banyak diantara kami setelah selesai prosesi ibadah haji, bingung mau ngapain, apa amalan yang bagus kami lakukan agar semangat ibadah tetap kuat seperti sebelum ibadah haji dilakukan, sampai di kampung halaman ?

Yang pertama, hati yang bingung ingin beribadah tanda hati yang baik, karena selalu ingin melakukan ibadah yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Yang berbahaya adalah tidak pernah mengalami bingung untuk beribadah, orang yang seperti ini pertanda hatinya mati.

Jika hati bingung ingin melakukan suatu ibadah tetapi tidak tau, maka ia akan mencari tau dan solusi, ketika solusi didapatkan maka hatinya tidak akan bingung lagi, sehingga ibadahnya lancar.

Yang kedua, Amalan terbaik setelah melaksanakan ibadah haji, sesuai dengan firman Allah adalah zikir dan doa, sebagaimana Allah firmankan,

 فَاِذَا قَضَيْتُمْ مَّنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ كَذِكْرِكُمْ اٰبَاۤءَكُمْ اَوْ اَشَدَّ ذِكْرًاۗ فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا وَمَا لَهٗ فِى الْاٰخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ  اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ نَصِيْبٌ مِّمَّا كَسَبُوْاۗ وَاللّٰهُ سَرِيْعُ الْحِسَابِ 

Artinya,  Apabila kamu telah menyelesaikan manasik ibadah haji, berdzikirlah kepada Allah sebagaimana kamu menyebut-nyebut nenek moyang kamu, bahkan berdzikirlah lebih dari itu. Di antara manusia ada yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia,” sedangkan di akhirat dia tidak memperoleh bagian apa pun. 

Di antara mereka ada juga yang berdoa, “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.

Mereka itulah yang memperoleh bagian dari apa yang telah mereka kerjakan. Allah Maha cepat perhitungan-Nya.” ( SQ Al baqarah 200 - 202 )

Kenapa dengan zikir dan doa ? karena zikir dan doa mampu mengurai kelelahan fisik selama ibadah haji yang menguras banyak tenaga, diawali dengan wukuf, mabit di muzdalifah, melontar jumroh dan mabit di mina.

Dengan zikir dan doa mampu memfokuskan pikiran dan hati kepada Allah sehingga ibadah yang berikutnya terasa ringan.

Dan zikir kepada Allah membuat hati tenang sehingga kepanikan dan ketakutan selama ibadah haji berupa takut tidak dapat bus, sakit, antri yang panjang dan jarak jalan yang jauh dapat reda dengan sendirinya. 

Dengan doa yang dihaturkan terus menerus setelah pelaksanaan ibadah haji, melahirkan sifat roja' pengharapan diterima ibadah hajinya dan khauf khawatir ibadah hajinya tertolak, sehingga doa tersebut membuat hati dan pikirannya tenang.

Dan menyadarkan kepada diri kita, bahwa mampunya kita melakukan rangkaian ibadah haji yang maraton dan melelahkan tak lain tak bukan karena pertolongan Allah.

Disamping itu Allah tidak mau membebankan hambanya dengan perbuatan berat diluar kemampuannya.

Dan Allah memerintahkan kepada kita setiap setelah melakukan ibadah wajib untuk berzikir kepadanya, diantaranya setelah sholat sebagaimana Allah berfirman, 

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللهِ وَاذْكُرُوا اللهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ   “

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaran lah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. Al-Jum’ah, ayat 9-10)

Diantara rahasianya kenapa setelah ibadah besar kita diperintahkan untuk zikir dan doa adalah agar hati tetap ikhlas.

Dengan ingat Allah, hati terjaga dari sifat riya, sum'ah, ujub dan sombong, merasa lebih baik dari yang belum beribadah atau dari yang jarang beribadah.

Sehingga ibadah besar seperti ibadah haji tidak menjadi sia - sia setelah mengeluarkan harta dan tenaga yang banyak.

Yang ketiga, zikir yang berkekalan di hati dan lisan akan mengokohkan jiwa untuk selalu beribadah, dimana dan kapan pun akan tetap semangat.

Oleh sebab itu, jangan pernah tinggalkan zikir karena zikir jalan ringan dan mudah untuk memperbaiki hubungan kita dengan Allah, jika hubungan kita baik dengan Allah, maka jangankan dunia, surga akan Allah berikan.

Diantara Tanda haji mabrur adalah yang keluar dari lisannya yang baik - baik, yang paling terbaik adalah zikir dan doa.

Kota Mekah, Minggu 9 Juli 2023

Yuk umroh abis musim haji yang minat hubungi kami AZKIA GROUP #PembimbingBersertifikat

#BanggaMenjadiPelayanTamuAllah

#PetugasHajiIndonesia2023

#HajiRamahLansia 

Sumber FB Ustadz : Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pak Haji Masih Bingung - Amalan Terbaik". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait