Mengenal Sifat Aksi bagi Allah

Mengenal Sifat Aksi bagi Allah

Mengenal Sifat Aksi bagi Allah

Allah memiliki banyak sifat. Tapi, semua sifat itu terbagi dalam dua kategori:

1. Sifat Dzat (esensi).

2. Sifat Fi’el (aksi).

Sifat Dzat adalah sifat yang selalu menyertai Dzat Allah, sudah lama ada dan selamanya ada, misalnya Wujud (eksistensi), Qidam (eternal), Baqa (kekal), Ilmu, Qudrah (kuasa), Iradah (kehendak), Kalam (bicara) dan sebagainya. Sifat-sifat ini sudah lama ada dan selamanya ada pada Dzat Allah.

Sedangkan Sifat Fi’el adalah tentang aksi-aksi Allah. Aksi-aksi tersebut baru ada belakangan, bukan sudah lama ada. Sifat Fi’el diambil dari aksi-aksi Allah seperti mencipta, memberi rezeki, menghidupkan, mematikan dan sebagainya. Aksi-aksi itu baru ada belakangan, bersamaan dengan objek yang dikenainya, yaitu makhluk.

Imam Baihaqi berkata:

صِفَاتُ اللَّهِ عَزَّ اسْمُهُ قِسْمَانِ: «أَحَدُهُمَا»: صِفَاتِ ذَاتِهِ وَهِيَ مَا اسْتَحَقَّهُ فِيمَا لَمْ يَزَلْ وَلَا يَزَالُ «وَالْآخَرُ»: صِفَاتُ فِعْلِهِ وَهِيَ مَا اسْتَحَقَّهُ فِيمَا لَا يَزَالُ دُونَ الْأَزَلِ 

“Sifat-sifat Allah ada dua macam:

1. Sifat-sifat Dzat, yaitu sifat-sifat yang sudah lama ada dan selalu ada selamanya.

2. Sifat-sifat Fi’el, yaitu sifat-sifat yang baru ada belakangan, bukan sudah lama ada.” (Al Baihaqi, Al Asma was Sifat, 1/276)

Karena aksi-aksi Allah berhubungan dengan makhluk, maka semua aksi itu terpisah dari Dzat Allah. Semua aksi itu hanya mengenai makhluk dan tidak mengenai Dzat Allah.

Imam Baihaqi berkata:

وَنَعْتَقِدُ فِي صِفَاتِ فِعْلِهِ أَنَّهَا بَائِنَةٌ عَنْهُ سُبْحَانَهُ وَلَا يَحْتَاجُ فِي فِعْلِهِ إِلَى مُبَاشَرَةٍ: {إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ} [يس: ٨٢] 

“Kami meyakini bahwa sifat-sifat perbuatan Allah adalah terpisah dari Allah. Dalam melakukannya, Allah tidak butuh melibatkan diri secara langsung. “Jika Dia menghendaki sesuatu, maka perintahNya hanyalah dengan mengucapkan ‘Jadilah!’ Maka sesuatu itu pun jadi.” (Yasin: 82). (Al Baihaqi, Al Asma was Sifat, 1/277)

Wallahu a’lam. 

baca juga :

Sumber FB Ustadz : Danang Kuncoro Wicaksono

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Mengenal Sifat Aksi bagi Allah". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait