Syarat Diamalkannya Hadits Dhaif

Syarat Diamalkannya Hadits Dhaif

๐—ฆ๐—ฌ๐—”๐—ฅ๐—”๐—ง ๐——๐—œ๐—”๐— ๐—”๐—Ÿ๐—ž๐—”๐—ก๐—ก๐—ฌ๐—” ๐—›๐—”๐——๐—œ๐—ง๐—ฆ ๐——๐—›๐—”’๐—œ๐—™

Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq 

Kebolehan mengamalkan hadits dha’if tentu saja tidaklah bersifat mutlak, namun dengan syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan. Berkata Syihabudin Muhammad bin Ahmad al Khuwayi asy Syafi’i rahimahullah :

 ูˆู‚ُูŠِّุฏَ ู‚ูˆู„ُ ุงู„ุฌู…ู‡ูˆุฑ ุจุซู„ุงุซุฉ ู‚ูŠูˆุฏ:ุฃู† ู„ุง ‌ูŠูƒูˆู† ‌ุงู„ุถุนู ‌ุดุฏูŠุฏุงً .ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุฃุตู„ ุงู„ุนู…ู„ ุงู„ุฐูŠ ุฐูƒุฑ ููŠู‡ ุงู„ุชุฑุบูŠุจ ูˆุงู„ุชุฑู‡ูŠุจ ุซุงุจุชุงً.ุฃู† ู„ุง ูŠุนุชู‚ุฏ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ّู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ّู… ู‚ุงู„ู‡

 “Jumhur ulama telah membuat ketetapan tiga hal (agar hadits dha’if bisa diamalkan), yaitu : Hendaknya keadaannya tidak terlalu lemah, lalu amal yang disebutkan adalah berdasarkan hadits shahih, dan selanjutnya tidak memastikan hadits itu dari Nabi shalallahu’alaihi wassalam.”[1]

๐Ÿญ.  ๐—ž๐—ฒ๐—น๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—ป๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—น๐—ฎ๐—น๐˜‚ ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต

Al imam Suyuthi rahimahullah berkata :

ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ุถุนู ุบูŠุฑ ุดุฏูŠุฏ ููŠุฎุฑุฌ ู…ู† ุงู†ูุฑุฏ ู…ู† ุงู„ูƒุฐุงุจูŠู† ูˆุงู„ู…ุชู‡ู…ูŠู† ุจุงู„ูƒุฐุจ ูˆู…ู† ูุญุด ุบู„ุทู‡ ู†ู‚ู„ ุงู„ุนู„ุงุฆูŠ ุงู„ุงุชูุงู‚ ุนู„ูŠู‡

 “Hadits yang diriwayatkan hanya oleh satu perawi yang dikenal berbohong atau diduga pembohong, begitu juga hadits dari rawi yang sangat banyak kekeliruannya tidak dapat diamalkan. Imam al ‘Alla’i menukil bahwa syarat pertama ini disepakati oleh para ulama.”[2]

Keterangan yang sama juga disebutkan oleh imam Syathibi[3] dan Abul Hasan al Mubarakfury.[4]

๐Ÿฎ. ๐——๐—ถ๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—น๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—ต ๐—ณ๐—ฎ๐—ฑ๐—ต๐—ฎ๐—ถ๐—น ๐—ฎ’๐—บ๐—ฎ๐—น ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐˜†๐—ฎ๐—ป๐—ด ๐˜€๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐˜€๐—ฎ๐—น

Telah jelas di bahasan sebelumnya bahwa penggunaan hadits dha’if bukanlah untuk menetapkan sebuah hukum, tapi untuk hal yang sifatnya anjuran agama. Berkata al imam Ramli rahimahullah berkata :

ูˆุนู„ู… ุฃูŠุถุง ุฃู† ุงู„ู…ุฑุงุฏ ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ูˆุนู„ู… ุฃูŠุถุง ุฃู† ุงู„ู…ุฑุงุฏ ุจูุถุงุฆู„ ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุงู„ุชุฑุบูŠุจ ูˆุงู„ุชุฑู‡ูŠุจ ูˆููŠ ู…ุนู†ุงู‡ุง ุงู„ู‚ุตุต ูˆู†ุญูˆู‡ุง

“Dan dapat diketahui dari penjelasan yang telah lalu bahwa yang dimaksud fadhailul amal adalah anjuran dan ancaman pada suatu amal, juga kisah-kisah, dan hal  yang semisalnya.”[5]

Bahkan tidak ada kewajiban menjelaskan kedha’ifan sebuah hadits jika itu hanya berkaitan dengan kisah-kisah untuk diambil hikmahnya, selama tentunya kelemahannya tidak terlalu parah atau berstatus sebagai hadit palsu.

al imam Ibnu Shalah berkata :

ู‚ุฏ ุฃุฌุงุฒ ุจุนุถ ุงู„ุนู„ู…ุงุก ุฑูˆุงูŠุฉ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู„ุถุนูŠู ู…ู† ุบูŠุฑ ุจูŠุงู† ุถุนูู‡ ุจุดุฑูˆุท: ุฃูˆู„ุง ุฃู† ูŠูƒูˆู† ุงู„ุญุฏูŠุซ ููŠ ุงู„ู‚ุตุต ุฃูˆ ุงู„ู…ูˆุงุนุธ ุฃูˆ ูุถุงุฆู„ ุงู„ุฃุนู…ุงู„ ุฃูˆ ู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ ู…ู…ุง ู„ุง ูŠุชุนู„ู‚ ุจุตูุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุงู„ุนู‚ุงุฆุฏ ูˆุงู„ุง ุจุงู„ุญู„ุงู„ ูˆุงู„ุญุฑุงู… ูˆุณุงุฆุฑ ุงู„ุฃุญูƒุงู… ุงู„ุดุฑุนูŠุฉ ูˆุฃู† ู„ุง ูŠูƒูˆู† ุงู„ุญุฏูŠุซ ู…ูˆุถูˆุนุง ุฃูˆ ุถุนูŠู ุดุฏูŠุฏ ุงู„ุถุนู

 “Sebagian ulama telah membolehkan untuk meriwayatkan hadits dhaif tanpa menjelaskan kedhaifannya dengan beberapa syarat diantaranya hadits tersebut berisi kisah, nasihat-nasihat, atau keutamaan amalan, dan tidak berkaitan dengan sifat Allah, akidah, ketetapan halal haram, berkaitan seluruh hukum syariat, dan keadaannya bukan hadits maudhu’, dan kelemahannya tidak terlalu kuat.”[6]

๐Ÿฏ. ๐—ง๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐˜€๐˜๐—ถ๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐˜‚ ๐—บ๐—ฒ๐˜†๐—ฎ๐—ธ๐—ถ๐—ป๐—ถ ๐—ถ๐˜๐˜‚ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฟ๐—ถ ๐—ฅ๐—ฎ๐˜€๐˜‚๐—น๐˜‚๐—น๐—น๐—ฎ๐—ต

Syarat ketiga ini dinyatakan oleh sebagian ulama, yakni ketika seseorang membawakan hadits lemah atau mengamalkannya, ia tidak boleh mengkaitkan hal itu dengan Rasulullah shalallahu’alaihi wassalam. Karena memang secara dugaan dan kaidah ilmiah tidak memenuhi syarat untuk dinisbahkan kepada sang Nabi.

Namun syarat ini tidak disepakati oleh ulama. Hanya sebagian saja yang menetapkannya. Berkata al imam Ibnu Atsir rahimahullah :

‌ุฃู† ‌ู„ุง ‌ูŠุนุชู‚ุฏ ‌ุนู†ุฏ ‌ุงู„ุนู…ู„ ‌ุจู‡ ‌ุซุจูˆุชู‡ ู„ุฆู„ุง ูŠู†ุณุจ ุฅู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู…ุง ู„ู… ูŠู‚ู„ู‡

 “Dan hendaknya tidak mengkaitkan ketika mengamalkannya ini dari beliau shalallahu’alaihi wassalam. Supaya tidak mengalamatkan sesuatu kepada Nabi apa yang tidak beliau katakan.”[7]

Al imam Suyuthi rahimahullah juga menyatakan hal yang sama :

ุฃู† ู„ุง ูŠุนุชู‚ุฏ ุนู†ุฏ ุงู„ุนู…ู„ ุจู‡ ุซุจูˆุชู‡، ุจู„ ูŠุนุชู‚ุฏ ุงู„ุงุญุชูŠุงุท. ‌ู‡ุฐุงู† ‌ุฐูƒุฑู‡ู…ุง ‌ุงุจู† ‌ุนุจุฏ ‌ุงู„ุณู„ุงู… ‌ูˆุงุจู† ‌ุฏู‚ูŠู‚ ‌ุงู„ุนูŠุฏ

 “Tidak mengkaitkan ketika mengamalkannya ini dari beliau shalallahu’alaihi wassalam. Dua syarat terakhir ini disebutkan oleh Imam Izzudin bin Abdissalam dan Ibn Daqiq Al‘Id.”[8]

Wallahu a’lam.

______________

[1] Nidzam Ulum al Hadits hal. 119

[2] Tuhfatul Abrar hal. 25

[3] Al I’thisham (1/125)

[4] Marqat al Mafatih (1/396)

[5] Fatawa ar Ramli (4/383)

[6] Irsyad ath Thulab (1/270)

[7] Jami’ al Ushul (1/109)

[8] Tadrib ar Rawi (1/351)

Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Syarat Diamalkannya Hadits Dhaif". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait