Pak Haji Masih Bingung - Bacaan (Lafaz Niat, Dzikir, Doa)

Pak Haji Masih Bingung - Bacaan (Niat, Dzikir, Doa)

Pak Haji Masih Bingung ( 9 )

Oleh Ustadz : Rahmat Taufik Tambusai 

Pak haji, apakah bacaan selama ibadah haji dan umroh itu wajib, karena ada yang mengatakan bahwa bacaannya tidak wajib, dan apa standar bacaan yang perlu kami hafal dan ketahui, entah itu di mulai dari niat kemudian selama di armuzna, tawaf dan sai, agar kami lebih mantap mengerjakannya dan supaya tidak kelihatan seperti orang bingung dalam keramaian.

Yang pertama, orang yang bingung dalam menunaikan rangkain ibadah, sesungguhnya sedang mencari cara ideal untuk melaksanakan ibadah tersebut.

Dan Untuk sampai kepada tingkat ideal tersebut maka biasanya diawali dengan bingung, ketika sudah sampai kepada ideal maka akan melahirkan keyakinan. 

Yang kedua, jika kita perhatikan rukun dan wajib haji, cuma satu yang menggunakan lisan berupa lafaz niat, selebihnya hanya perbuatan tubuh, tanpa diharuskan membaca doa atau zikir tertentu.

Rukun Haji ; niat ihram, wukuf, tawaf itadah, sai, potong rambut dan tertib, adapun wajib haji ; niat ihram di miqot makani, mabit di muzdalifah, melontar jumroh, mabit di mina, dan tawaf wada'.

Tidak disebut di dalam rukun dan wajib haji beberapa bacaan wajib yang harus dibaca di setiap rangkaian ibadah haji.

Gambaran kasarnya, setelah kita melafazkan niat ihram haji pada tanggal 9 zulhijah, lalu kita ke arafah berdiam disana, mulai setelah matahari tergelincir sampai magrib, kemudian menginap di muzdalifah sampai lewat tengah malam, selanjutnya pada pagi 10 zulhijah ke mina melontar jumroh aqobah, lalu malamnya menginap di mina.

Dan dilanjutkan Tanggal 11, 12, dan 13 melontar jumroh ula, wustho dan aqobah pada malamnya menginap di mina, tanpa membaca zikir dan doa tertulis di buku panduan, maka hajinya sah.

Yang ketiga, semua bacaan zikir dan doa yang dibaca yang mengiringi rukun dan wajib haji merupakan sunnah.

Zikir dan doa sewaktu tawaf, sai, dan melontar jumroh merupakan sunnah bukan wajib, jika tidak dibaca maka hajinya tetap sah.

Yang keempat, diantara bacaan standar yang diketahui oleh jamaah calon haji ;

1. Lafaz niat ihram haji dan umroh

لبیك اللهم عمرۃ

لبیك اللهم حجا

2. Lafaz talbiyah 

لبیك اللهم لبیك لبیك لا شریك لك لبیك ان الحمد و النعمۃ لك و الملك لا شریك لك 

3. Zikir tawaf dan sai 

سبحان الله و الحمد لله ولا اله الا الله و الله اكبر و لا حول و لا قوۃ الا بالله العلی العظیم 

4. Doa di rukun yamani 

ربنا اتنا فی الدنیا حسنۃ و فی الاخرۃ حسنۃ و قنا عذا ب النار 

5. Bacaan melontar jumroh 

بسم الله الله اكبر رجما لشیا طین و رضا لرحمن 

6. Zikir yang bagus dibaca waktu wukuf di arafah 

استغفر الله العظیم الذی لا اله الا هو الحی القیوم و اتوب الیه 

Yang kelima, bacaan terbaik adalah zikir dan doa yang kita yakin diijabah dan diterima oleh Allah, maka mintalah sepuas - puasnya dan jangan nanggung - nanggung dalam meminta kepada Allah.

Faktor utama doa dan zikir mustajab bukan pada tempat mustajab tetapi yakin tidaknya pada saat berdoa dan berzikir, jika tempatnya mustajab tetapi tidak yakin maka tidak akan menjadi mustajab.

Sebaliknya tempatnya tidak mustajab tetapi yang berdoa yakin maka doanya menjadi mustajab dan diterima Allah.

Kota Mekah, Senin 26 Juni 2023

Yuk umroh abis musim haji yang minat hubungi kami AZKIA GROUP #PembimbingBersertifikat

#BanggaMenjadiPelayanTamuAllah

#PetugasHajiIndonesia2023

#HajiRamahLansia 

Sumber FB Ustadz : Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Pak Haji Masih Bingung - Bacaan (Lafaz Niat, Dzikir, Doa)". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait