๐ ๐๐ก๐๐๐ฅ๐๐ง๐๐๐๐ก ๐ก๐๐๐ ๐๐ง ; ๐ฆ๐ฌ๐จ๐๐จ๐ฅ ๐๐ง๐๐จ ๐ฃ๐๐ ๐๐ฅ ?
Oleh Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq
Allah ta’ala telah memerintahkan hamba-hambaNya untuk senantiasa bersyukur dan mengagungkan nikmat-nikmat yang telah Ia karuniakan. Dan diantara bentuk syukur dan pengagungan nikmat adalah dengan banyak menyebut-nyebutnya. Sebagaimana firman Allah ta’ala :
َูุฃَู َّุง ุจِِูุนْู َุฉِ ุฑَุจَِّู َูุญَุฏِّุซْ
“Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya.” (QS. Adh Dhuha :11)
๐ฃ๐ฒ๐ป๐ท๐ฒ๐น๐ฎ๐๐ฎ๐ป ๐ฝ๐ฎ๐ฟ๐ฎ ๐บ๐๐ณ๐ฎ๐๐ถ๐ฟ๐ถ๐ป
Para ulama tafsir ketika menjelaskan makna ayat ini memiliki penjelasan yang berbeda-beda, tapi intinya sama, yakni : menyebut, menceritakan dan menyiarkan nikmat yang telah dianugerahkan kepadanya.
Al imam Qurthubi rahimahullah berkata :
ุฃู ุงูุดุฑ ู ุง ุฃูุนู ุงููู ุนููู ุจุงูุดูุฑ ูุงูุซูุงุก. ูุงูุชุญุฏุซ ุจูุนู ุงููู، ูุงูุงุนุชุฑุงู ุจูุง ุดูุฑ
“Yaitu maksudnya menyebarkan nikmat yang telah diberikan oleh Allah atas dirimu dengan bersyukur dan memuji-mujinya. Dan menunjukkan/menampakkan nikmat adalah termasuk bentuk syukur.”[1]
Al imam Ibnu Katsir rahimahullah berkata :
ููู ุง ููุช ุนุงุฆูุง ูููุฑุง ูุฃุบูุงู ุงููู، ูุญุฏุซ ุจูุนู ุฉ ุงููู ุนููู، ูู ุง ุฌุงุก ูู ุงูุฏุนุงุก ุงูู ุฃุซูุฑ ุงููุจูู: "ูุงุฌุนููุง ุดุงูุฑูู ููุนู ุชู ู ุซููู ุจูุง، ูุงุจูููุง، ูุฃุชู ูุง ุนูููุง
“Dan sebagaimana engkau yang tadinya dari keluarga miskin kemudian Allah berikan kekayaan, maka nikmat Allah atas dirimu itu ceritakanlah. Hal ini sebagaimana yang tersirat dalam doa Nabi yang terkenal : "Jadikan kami orang-orang yang bersyukur pada nikmat-Mu, pemuji nikmat-Mu, penerima nikmat-Mu, dan sempurnakanlah nikmat-Mu kepada kami."[2]
Ibnu Nadzrah rahimahullah berkata :
ูุงู ุงูู ุณูู ูู ูุฑูู ุฃู ู ู ุดูุฑ ุงููุนู ุฉ ุฃู ูุญุฏّุซ ุจูุง
“Dahulu kaum muslimin memandang bahwa diantara bentuk bersyukur atas sebuah nikmat adalah menceritakan / menyebut-nyebut nikmat tersebut.”[3]
Al Imam Alusiy rahimahullah berkata :
ูุฅู ุงูุชุญุฏุซ ุจูุง ุดูุฑ ููุง ูู ุง ูุงู ุนู ุฑ ุจู ุนุจุฏ ุงูุนุฒูุฒ ูุงูุญุณู ููุชุงุฏุฉ ูุงููุถูู ุจู ุนูุงุถ
“Karena sesungguhnya menyebut-nyebut nikmat itu adalah bentuk syukur atasnya, sebagaimana hal ini dinyatakan oleh Umar bin Abdul Aziz, Hasan al Bashri, Qatadah dan Fudhail bin Iyadh.”[4]
Al imam Ibnu Abi Hatim rahimahullah berkata :
ุฅุฐุง ุฃุตุจุช ุฎูุฑุง ูุญุฏุซ ุฅุฎูุงูู
“Jika kamu mendapatkan suatu kebaikan, maka ceritakanlah kepada saudara-saudaramu.”[5]
๐ง๐ฎ๐ต๐ฎ๐ฑ๐๐๐ ๐ฏ๐ถ ๐ป๐ถ’๐บ๐ฎ๐๐ถ๐น๐น๐ฎ๐ต
Menceritakan, mengkhabarkan dan menyebut-nyebut nikmat yang didapatkan, yang dikenal dengan istilah tahaduts bi ni’matillah adalah bagian dari bentuk syukur kepada Allah. Al Imam Ibnu Asyur rahimahullah berkata :
ูุงูุชุญุฏูุซ: ุงูุฅุฎุจุงุฑ، ุฃู ุฃุฎุจุฑ ุจู ุง ุฃูุนู ุงููู ุนููู ุงุนุชุฑุงูุง ุจูุถูู، ูุฐูู ู ู ุงูุดูุฑ
“Tahaduts yakni mengkhabarkan, yaitu menceritakan apa-apa yang telah Allah anugerahkan kepadamu dan mengakui akan karuniaNya, itu adalah bentuk dari rasa syukur.”[6]
๐ ๐ฒ๐ป๐ฐ๐ฒ๐ฟ๐ถ๐๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ป๐ถ๐ธ๐บ๐ฎ๐ ๐๐น๐น๐ฎ๐ต ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐ต ๐ฏ๐ฒ๐ป๐๐๐ธ ๐ถ๐ฏ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐ต
Dalam sebuah hadits disebutkan :
َูู َْู َูุชَู َُู ََููุฏْ ََููุฑَُู
“Siapa yang menyembunyikan nikmat, sungguh dia telah mengkufuri nikmat tersebut.” (HR. Abu Daud)
Maka jelas menampakkan nikmat baik dalam urusan dunia maupun akhirat yang telah Allah berikan dengan menyebut dan menceritakannya, hukumnya bukan hanya boleh, tapi sebuah kesunnahan yang bernilai ibadah.
Jika menceritakan nikmat dunia saja boleh, lalu bagaimana dengan amal shalih yang merupakan nikmat yang paling agung bagi orang beriman ?
Itu mengapa sebagian ulama, mereka akan menceritakan kepada orang lain dari kerabat atau teman dekatnya atas nikmat-nikmat yang mereka dapatkan dalam urusan ibadah atau akhirat.
Disebutkan bahwa Abu Faras bin Abdullah bin Ghalib rahimahullah pernah berkata :
ููุฏ ุฑุฒููู ุงููู ุงูุจุงุฑุญุฉ ูุฐุง، ูุฑุฃุช ูุฐุง، ูุตููุช ูุฐุง، ูุฐูุฑุช ุงููู ูุฐุง، ููุนูุช ูุฐุง
“Allah tadi malam telah memberikan rezeki kepadaku. Aku telah shalat sekian raka’at, berdzikir dalam jumlah sekian dan aku telah melakukan ini dan itu.”
Maka sebagian sahabatnya ada yang berkata :
ูุง ุฃุจุง ูุฑุงุณ، ุฅู ู ุซูู ูุง ูููู ูุฐุง
“Wahai Abu Faras, orang yang seperti anda tidak pantas mengatakan demikian.”
Maka beliau menjawab :
ูููู ุงููู ุชุนุงูู: ูุฃู ุง ุจูุนู ุฉ ุฑุจู ูุญุฏุซ ูุชููููู ุฃูุชู : ูุง ุชุญุฏุซ ุจูุนู ุฉ ุงููู
“Allah ta’ala telah berkata : ‘Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaknya engkau selalu menceritakannya’, sedangkan kalian berkata : ‘Jangan kalian menceritakan nikmatnya Allah.”[7]
Disebutkan dalam sebuah riwayat, orang-orang berkata kepada Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib radhiyallahu’anhu : “Ceritakan tentang siapa dirimu.”
Sayidina Ali menjawab : “Allah melarang kita untuk mensucikan diri sendiri.”
Mereka kembali berkata, “Bukankah Allah juga berfirman,‘Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaknya engkau menceritakannya ?”
Sayidina Ali akhirnya menjawab :
ูุฅูู ุฃุญุฏุซ ููุช ุฅุฐุง ุณุฆูุช ุฃุนุทูุช. ูุฅุฐุง ุณูุช ุงุจุชุฏูุช
“Aku adalah orang yang jika engkau meminta kepadaku aku akan memberimu, dan jika engkau diam (tidak meminta) aku akan memikirkan (apa yang sebaiknya aku berikan).”[8]
Al Imam Nawawi rahimahullah berkata :
ุฃูุง ุงููุจู ูุง ูุฐุจ ุฃู ุฃูุง ุงููุจู ุญูุง ููุง ุฃูุฑ ููุง ุฃุฒูู ููู ูุฐุง ุฏููู ุนูู ุฌูุงุฒ ููู ุงูุฅูุณุงู ูู ุงูุญุฑุจ ุฃูุง ููุงู ูุฃูุง ุจู ... ููุฏ ุตุฑุญ ุจุฌูุงุฒู ุนูู ุงุก ... ูุฅูู ุง ููุฑู ููู ุฐูู ุนูู ูุฌู ุงูุงูุชุฎุงุฑ ููุนู ุงูุฌุงูููุฉ
“Nabi ๏ทบ pernah juga berkata ‘Aku adalah seorang Nabi yang benar dan aku tidak sedang berbangga maka aku tidak akan lari dan tidak akan mundur’ maka ini menjadi dalil bolehnya seseorang berkata di dalam peperangan ‘aku adalah fulan’ atau ‘aku adalah anaknya fulan’.
Para ulama klasik terdahulu telah menyatakan bahwa hal yang seperti itu diperbolehkan... Dan menyebut seperti itu dibenci bila tujuannya untuk berbangga-bangga seperti halnya perilaku orang-orang jahiliyah.”[9]
๐๐ป๐๐ฎ๐ฟ๐ฎ ๐บ๐ฒ๐ป๐๐ฒ๐ฏ๐๐-๐ป๐๐ฒ๐ฏ๐๐ ๐ป๐ถ๐ธ๐บ๐ฎ๐ ๐๐น๐น๐ฎ๐ต ๐ฑ๐ฒ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐ฝ๐ฎ๐บ๐ฒ๐ฟ
Jelas bahwa menyebut-nyebut nikmat atau menceritakannya adalah hal yang diperintahkan dalam syariat. Namun yang harus diingat, jangan sampai hal itu salah niat, sehingga tujuannya adalah untuk membanggakan diri terhadap orang lain.
Jika yang kita banggakan adalah nikmat akhirat atau ibadah, maka ini bisa berpotensi membuat amal shalih kita sia-sia karena hilangnya keikhlasan sebab senang dengan pujian orang lain.
Dan jika yang kita banggakan nikmat dunia, akan mengundang hasad atau iri dengki dari pihak lain, bahkan keinginan orang-orang jahat untuk merebut nikmat tersebut, dan ini semua tentu sangat memudharatkan kita.
Lalu bagaimana caranya agar “tahaduts bini’matillah” tidak sampai merusak amal kita dan tidak mengundang hasad dari orang lain ?
๐ญ. ๐๐ฒ๐ฟ๐ถ๐๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ต๐ฎ๐ป๐๐ฎ ๐ธ๐ฒ๐ฝ๐ฎ๐ฑ๐ฎ ๐ผ๐ฟ๐ฎ๐ป๐ด ๐ฑ๐ฒ๐ธ๐ฎ๐ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐๐ฒ๐ฟ๐ฝ๐ฒ๐ฟ๐ฐ๐ฎ๐๐ฎ
Al imam Ibnu al ‘Arabi rahimahullah berkata :
ุฅุฐุง ุฃุตุจุช ุฎูุฑุง ุฃู ุนู ูุช ุฎูุฑุง ูุญุฏุซ ุจู ุงูุซูุฉ ู ู ุฅุฎูุงูู
“Jika engkau mendapatkan nikmat kebaikan, atau engkau mengerjakan sebuah amal shalih, ceritakanlah itu kepada orang-orang yang terpercaya dari saudara-saudaramu (teman-temanmu).”[10]
Al Imam Ibnu Asyur rahimahullah berkata :
ูุนู ุจุนุถ ุงูุณูู ุฃู ุงูุชุญุฏุซ ุจุงููุนู ุฉ ุชููู ููุซูุฉ ู ู ุงูุฅุฎูุงู ู ู ู ูุซู ุจู
“Dari sebagian ulama klasik terdahulu bahwa menceritakan nikmat itu hendaknya kepada orang-orang yang dipercayai dari saudara/teman-teman yang kita miliki.”[11]
Dengan menceritakan nikmat hanya kepada orang dekat, pertama akan mencegah orang-orang untuk hasad. Karena mereka yang mendapatkan cerita tersebut justru akan senang mendengarnya. Orang tua misalnya sebagai contoh yang paling nyata, pasti akan sangat bahagia ketika mendengar cerita dari anaknya bahwa ia telah mendapatkan sebuah nikmat.
Kedua, dengan menceritakan kepada orang-orang dekat seperti ini, akan meminimalisir niat riya atau pamer. Masa iya mau pamer ke orang-orang yang seharusnya mereka kita perlakukan dengan baik. Hal ini akan sedikit berbeda bila dishare ke khalayak ramai, agak sulit menjaga niat tidak pamer.
Meskipun kita tidak boleh menjudge mereka yang menshare nikmat yang dia dapatkan ke orang banyak berarti pamer. Karena bisa jadi ia memang niatnya untuk “tahaduts bini’matillah”. Jangan mengukur orang lain dengan ukuran kita.
Terlebih jika nikmat itu memang tidak bisa untuk disembunyikan, seperti nikmat dapat rumah baru, beli kendaraan baru dll. Lalu ia menyelenggarakan syukuran dengan mengadakan acara makan-makan misalnya. Justru ini yang nampaknya lebih tepat.
Sudahlah bersyukur, dapat pula pahala sedekah terbaik yakni memberi makan. Dari pada dapat nikmat diem-diem bae, giliran dapat musibah seluruh penjuru negeri tahu semua beritanya....
๐ฎ. ๐๐ฎ๐ด๐ฎ ๐ป๐ถ๐ฎ๐ ๐๐ฎ๐ฎ๐ ๐บ๐ฒ๐ป๐ฐ๐ฒ๐ฟ๐ถ๐๐ฎ๐ธ๐ฎ๐ป ๐ป๐ถ๐ธ๐บ๐ฎ๐
Berkata al Imam Ibnul ‘Arabi rahimahullah :
ุฅู ุงูุชุญุฏุซ ุจุงูุนู ู ูููู ุจุฅุฎูุงุต ู ู ุงูููุฉ ุนูุฏ ุฃูู ุงูุซูุฉ ูุฅูู ุฑุจู ุง ุฎุฑุฌ ุฅูู ุงูุฑูุงุก ูุฅุณุงุกุฉ ุงูุธู ุจุตุงุญุจู
“Ketika menceritakan sebuah nikmat berupa amal shalih hendaknya dengan niat ikhlas dan menceritakannya kepada orang-orang yang dipercayai. Karena hal seperti ini secara umum bisa menjaga dari riya’ dan prasangka buruk terhadap orang yang mendengar cerita nikmat tersebut.”[12]
Peranan niat dalam setiap aktivitas sangatlah penting. Niat inilah yang akan menentukan kadar suatu pekerjaan bernilai pahala atau sebaliknya justru mendapatkan dosa. Sebagaimana disebutkan dalam Hadits yang Masyhur "Sesungguhnya amal itu tergantung niatnya." (HR. Bukhari dan Muslim)
๐ฏ. ๐ ๐ฒ๐ป๐ด๐ถ๐ป๐ด๐ฎ๐ ๐ฏ๐ฎ๐ต๐๐ฎ ๐ฝ๐ฒ๐ป๐ด๐ต๐ฎ๐ป๐ฐ๐๐ฟ ๐ป๐ถ๐ธ๐บ๐ฎ๐ ๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐น๐ฎ๐ต ๐ฑ๐ฒ๐ป๐ด๐ฎ๐ป ๐บ๐ฒ๐บ๐ฒ๐ฟ๐ธ๐ฎ๐ป๐ป๐๐ฎ
Sebagaimana kufur nikmat adalah hal yang bisa menghancurkan atau menghilangkan nikmat, kita juga harus mengetahui, bahwa nikmat juga bisa hancur ketika diceritakan dengan niat untuk memerkannya.
Berkata Nu’man bin Basyir radhiyallahu’anhu : “Setan memiliki banyak perangkap dan jebakkan, dan di antara perangkap dan jebakannya adalah menghancurkan atas nikmat-nikmat Allah, menyombongkan diri melebihi hamba-hamba Allah, dan membanggakan diri melebihi pemberian Allah pada selain Dzat Allah.”[13]
Dan sebagian ulama mengatakan ada perbedaan mendasar antara orang yang niatnya lurus untuk menceritakan nikmat Allah dengan yang tujuannya untuk pamer.
Diantaranya : Bila kesan yang didapatkan ketika menceritakannya semakin membuat orang yang mendengarnya mengetahui kemurahan Allah, kasih sayang Allah dan luasnya karuniaNya, juga memotivasi untuk beramal kebaikan agar mendapatkan nikmat yang sama, maka itu diantara tanda bahwa niat orang yang menceritakan nikmat tersebut adalah tahaduts bini’matillah.
Tapi jika cerita yang disampaikan menampakkan kesan kelebihannya dari orang lain, membuat orang lain terkagum-kagum kepadanya, bertujuan menjadikan hati orang banyak tunduk kepadanya, maka ini adalah tanda bahwa niatnya adalah untuk riya atau pamer. [14]
๐๐ฒ๐๐ถ๐บ๐ฝ๐๐น๐ฎ๐ป
Menceritakan nikmat kepada orang lain dengan tujuan yang benar adalah disyariatkan. Karena itu bentuk dari rasa syukur kepada Allah sebagai Dzat yang telah menganugerahkan nikmat tersebut kepadanya.
Dan diantara caranya adalah dengan niat yang baik, bukan untuk pamer dan ditujukan secara umum kepada orang-orang terpercaya di sekelilingnya, yakni mereka yang mencintai atau menghormatinya. Kecuali jika nikmat itu sifatnya diketahui oleh orang banyak, maka mensyukurinya dengan dinampakkan ke banyak orang.
Wallahu a’lam.
_____________
[1] Tafsir al Qurthubi (20/102)
[2] Tafsir Ibnu Katsir (8/414)
[3] Tafsir al Kabir (1/155)
[4] Ruhul Ma’ani (15/383)
[5] Tafsir Ibnu Abi Hatim (10/3444)
[6] Tahrir wa Tanwir (30/403)
[7] Tafsir al Qurthubi (20/102)
[8] Tahrir wa at Tanwir (30/404)
[9] Syarah Shahih Muslim (12/120)
[10] Ahkamul Qur’an li Ibn Arabi (4/410)
[11] Tahrir wa Tanwir (30/405)
[12] Tahrir wa at Tanwir (30/405)
[13] Ar Ruh fi Kalami Arwah hal. 247
[14] Ar Ruh fi Kalami Arwah hal. 247
*✨SYUKUR*
ุงูุดูุฑ: ุธููุฑ ุฃุซุฑ ูุนู ุฉ ุงููู ุนูู ูุณุงู ุนุจุฏู ุซูุงุก ูุงุนุชุฑุงًูุง، ูุนูู ููุจู ุดููุฏًุง ูู ุญุจุฉ، ูุนูู ุฌูุงุฑุญู ุงูููุงุฏًุง ูุทุงุนุฉ
_“Syukur adalah menampakkan adanya nikmat Allah padanya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran bahwa ia telah mendapat nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.”_ ~Ibnul Qayim
๐ Madarijus Salikin (2/234)
๐ฑ๐๐ฑ๐๐ฑ๐๐ฑ๐๐ฑ
ุงَُّูููู َّ ุฃَุนِِّูู ุนََูู ุฐِْูุฑَِู َูุดُْูุฑَِู َูุญُุณِْู ุนِุจَุงุฏَุชَِู
“Ya Allah, tolonglah diriku untuk menjadi hamba yang bisa selalu mengingatMu, bersyukur atasMu, serta beribadah dengan baik kepadaMu.” (HR. Abu Dawud)
Sumber FB Ustadz : Ahmad Syahrin Thoriq