Surgakan Marahmu

Surgakan Marahmu

Surgakan Marahmu

Oleh Ustadz : Rahmat Taufik Tambusai

Hadits ini singkat padat, usahakan dihafal, agar tidak mudah marah - marah tanpa tentu arah.

لا تغضب و لك الجنۃ 

Artinya : Jangan marah bagi mu surga ( HR. Tabrani )

Pelajaran dari hadits ini : 

1. Marah merupakan perbuatan tercela, jika mampu menghindari perbuatan tercela tersebut maka balasannya surga.

2. Manusia hanya mampu menjaga, mengontrol  dan mengatur sifat marah, dan manusia tidak mampu menghilangkan sifat marah, selagi hayat di kandung badan maka sifat marah tidak akan hilang.

3. Marah merupakan potensi manusia, jika diletakkan kepada yang benar dan baik, maka marah seperti ini tidak tercela, sebagai contoh marah atas kezaliman, penindasan, penjajahan dan perbuatan mungkar yang lainnya.

4. Marah dapat merusak imun tubuh, merusak saraf dan merusak jiwa, jika marahnya tidak tentu arah.

5. Untuk mendapatkan surga cukup menahan marah karena Allah, ini merupakan salah satu jalan pintas dan mudah untuk mendapatkan surga, dengan syarat karena Allah.

6. Marah merupakan hawa panas bara api neraka, maka padamkan dengan perbanyak berwudhu, wudhu salah satu obat bagi yang suka marah - marah tanpa alasan yang tepat dan dibenarkan.

7. Marah yang tidak didasari kebaikan dan syariat akan merusak diri sendiri dan orang lain, maka semua perbuatan didasari marah tanpa arah tidak mendatangkan kebaikan.

8. Marah yang mengguncangkan jantung dan memerahkan muka, marah yang diperturutkan, dan tidak dikembalikan haknya kepada Allah, sehingga hawa nafsu dan setan menguasai dirinya.

9. Jika pada saat sifat marah mulai memuncak, maka pada saat bersamaan, harus ingat Allah dan sadarkan diri, bahwa apa yang sedang berlaku saat ini pasti ada hikmah dibalik itu semua, karena Allah maha adil dan bijaksana.

10. Membayangkan surga di pelupuk mata, akan meredam dan meredakan sifat marah, oleh sebab itu sering - seringlah mengingat surga, agar sifat marah mampu dikontrol, ingat bukan untuk dibuang, karena marah potensi manusia, tinggal diarahkan untuk yang positif.

Pekan baru, Sabtu 29 April 2023.

Yuk umroh yang minat hubungi kami.

AZKIA TOUR & TRAVEL

#BanggaMenjadiPelayanTamuAllah

#MenjadiPelayanTamuAllahJalanHidupKami 

Sumber FB Ustadz : Abee Syareefa

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Surgakan Marahmu". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait