Setelah Makan Sahur Jangan Langsung Tidur

Setelah Makan Sahur Jangan Langsung Tidur

SETELAH MAKAN SAHUR JANGAN LANGSUNG TIDUR 

أذِيبُوا طَعامَكُمْ بِذِكْرِ الله والصَّلاةِ وَلَا تَنامُوا عَلَيهِ فَتَقسُوا قُلُوبَكُم

Cernalah makanan kalian (terlebih dahulu) dengan berzikir pada Allah dan shalat. Janganlah kalian tidur dalam keadaan kenyang, karena itu dapat membuat hati Anda keras. (HR Ibnu Suni dan Abu Nu‘aim).

Syekh al-Munawi dalam Faidhul Qadir mengutip pendapat Imam al-Ghazali mengenai bahaya tidur setelah makan:

قال الغزالي: وفيه أنه يستحب أن لا ينام على الشبع فيجمع بين غفلتين فيعتاد الفتور ويقسو قلبه ولكن ليصل أو يجلس يذكر الله فإنه أقرب إلى الشكر وأقل ذلك أن يصلي أربع ركعات أو يسبح مئة تسبيحة عقب كل أكلة وكان الثوري إذا شبع ليلة أحياها وإذا شبع يوما واصله بالذكر.

Imam al-Ghazali berpendapat bahwa hadits tersebut mengindikasikan adanya kesunnahan untuk tidak tidur dalam keadaan kenyang. Hal ini karena kondisi kenyang itu akan menimbulkan dua kelalaian, yaitu kemalasan dan kekerasan hati. Karena itu shalat dan berzikirlah, karena hal itu lebih mendekatkan diri pada rasa syukur. Minimal shalatlah empat rakaat atau bertasbih sebanyak seratus kali setiap habis makan.

Imam al-Tsauri itu selalu menghidupkan malam (dengan shalat) di saat kenyang, dan berzikir di siang hari saat kenyang.

Yuk ngaku... siapa yg biasanya setelah sahur langsung tidur? 🙂🙏🙏 

Sumber FB Ustadz : Gus Dewa Menjawab

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Setelah Makan Sahur Jangan Langsung Tidur". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait