Jagalah Tiga Disiplin Ini Untuk Masuk Surga

JAGALAH TIGA DISIPLIN INI UNTUK MASUK SURGA

(JAGALAH TIGA DISIPLIN INI UNTUK MASUK SURGA)

Suatu hari ketika Sayyidina `Umar (ra) sedang bersama Nabi ﷺ, beliau ﷺ berkata, "Sahaabi itu akan masuk Surga tanpa dihisab.” Sayyidina `Umar (ra) senang sekali mendengarnya dan beliau ingin tahu lebih banyak sehingga beliau pergi ke rumah Sahaabi tersebut dan mengetuk pintunya.  

Sayyidina `Umar (ra) berkata, "Aku ingin tahu mengapa Nabi ﷺ mengatakan bahwa engkau akan masuk Surga tanpa dihisab padahal engkau tidak melakukan sesuatu yang istimewa!  Aku memperhatikan bahwa kami bahkan beribadah lebih banyak darimu karena aku selalu bersamamu selama tiga hari.  

Ketika waktunya tahajjud, engkau tidak bangun, engkau hanya bangun untuk melakukan shalat Subuh, sementara kami sudah bangun sebelumnya untuk melakukan shalat Tahajjud; kemudian ketika Maghrib engkau juga tidak melakukan shalat al-Awwabiin, atau shalat-shalat sunnah lainnya yang kami lakukan, seperti shalat ad-Dhuha.  

Jadi aku tidak mengerti mengapa Nabi ﷺ mengatakan hal tersebut!  Apakah engkau melakukan sesuatu yang istimewa?”

Beliau berkata, "Ya, wahai Sayyidina `Umar! Allah (ﷻ) meletakkan tiga disiplin di dalam hatiku:  

Pertama, sebelum tidur aku memperbarui akidahku dengan mengucapkan Syahadat, kalimat tauhid. Setiap malam sebelum tidur aku pasti mengucapkan, "Asy-hadu an laa ilaaha illa-Llaah, wa asy-hadu anna Muhammadan Rasuulullah.”

Yang kedua wahai `Umar, di pagi hari jika dunia datang kepadaku dengan segala harta bendanya, ia tidak mengubah diriku. Aku tidak mengatakan bahwa aku berhasil memperoleh jutaan dan membuatku bahagia karena itu tidak berarti apa-apa bagiku!, Itu hanyalah dunia yang kotor dan hanya berguna bila kita menggunakannya di Jalan Allah (ﷻ).  

Dan pada sore harinya, jika aku kehilangan seluruh dunia, aku juga tidak merasa kesal, aku selalu mengatakan, "Syukran yaa Rabbii!"  

Dan ketiga, sebelum aku meletakkan kepalaku di atas bantal, aku memaafkan semua orang yang telah menyakiti diriku; dan aku tidak menahan setitik kebencian pun terhadap seseorang."

Kemudian Sayyidina `Umar (ra) berkata, "Sekarang aku mengerti mengapa Nabi ﷺ mengatakan bahwa engkau akan masuk Surga tanpa 

اللهم صل علی سيدنا محمد وعلی ال سيدنا محمد.

Sumber FB Ustadz : Fauzi Febrianto Chaniago

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Jagalah Tiga Disiplin Ini Untuk Masuk Surga". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait