Bak Mandi Kecil

Bak Mandi Kecil

BAK MANDI KECIL

Masalah bak mandi banyak menjadikan orang was-was. Dalam madzhab Syafi'i sendiri ada standarisasi ukuran 2 kulah supaya air tidak bisa musta'mal, yang mana nantinya bebas digunakan. Akan tetapi karena standar ini, banyak orang yang terlalu waro', terlalu hati-hati, menjadi was-was. 

Apakah standarisasi itu salah? Jelas tidak. Ulama' menyatakan demikian merujuk pada dalil. Tapi, seperti lumrahnya dalam fikih, hampir pasti ada perbedaan pendapat, karena dalil yang digunakan memang ihtimal pemahaman lain. 

Jalan keluar masalah ini bisa mengikuti salah satu dua pendapat berikut:

1- Pendapat Ashabus-Syafi'i seperti tercantum dalam Syarh Kabir Imam Rofi'i dan Al-Mughni libnil-Qudamah :

"Air musta'mal yang jatuh ke bak mandi tidak bisa memusta'malkan air di bak mandi tersebut 'kecuali' air musta'mal itu lebih banyak atau sama dari air yang di bak mandi."

Jadi kalau air musta'mal yang jatuh ke bak mandi kadarnya lebih sedikit dari air di bak mandi, maka air di bak mandi tetap suci mensucikan. Ini baik air di bak mandi ada dua kulah (ukuran air di wadah 60×60×60) ataupun kurang.

2- Pendapat air musta'mal hukumnya suci mensucikan yang dipilih oleh Ibnul-Mundzir, pendapat ini di riwayatkan dari Imam Ali, Abdullah bin Umar, dll. 

Tambahan.

untuk masalah air kurang dari dua kulah kejatuhan najis yang 'ga sampai' merubah bau, warna ataupun rasanya air, banyak ulama' madzhab Syafi'i memilih pendapat Imam Malik bahwa air tidak bisa menjadi najis kecuali dengan adanya perubahan, seperti dalam Fathul Mu'in.

Imam Ghazali juga berpendapat demikian dalam Ihya'. Beliau menyatakan pendapat Imam Malik sangat di butuhkan, dan adanya pensyaratan dua kulah dari madzhab Syafi'i bisa jadi penyebab was-was dan menyulitkan banyak orang.

Kalau ga najis apakah boleh di gunakan? 

1- kalau digunain buat nyuci baju, piring, mandi sehari-hari, boleh mutlak.

2- kalau di gunain wudhu, baik sunah atau wajib, mandi baik sunah atau wajib, ngilangin najis, maka hukumnya makruh kalau ada air yang lain, kalau ga ada, maka ga makruh, boleh saja. (Hasyiyah Dasuqi). 

Ini pernah saya posting, sepertinya penting untuk di up lagi dan lagi.

Wallahu ta'ala a'lam, semoga bermanfaat.

***

Referensi:

Imam Rofi'i dalam Syarh Kabir: 

الثالث: إذا اختلط بالماء مائع يوافق الماء في الصفات كماء ورد منقطع الرائحة وماء الشجر والماء المستعمل ففيه وجهان:

أحدهما: أنه إن كان الخليط أقل من الماء فهو طهور وإن كان أكثر أو مثله فلا؛ لأنه تعذر اعتبار الأوصاف فيعدل إلى اعتبار الأجزاء ويجعل الحكم للغالب فإذا استويا أخذنا بالاحتياط.

والثاني: وهو المذكور في الكتاب وهو الأظهر: أنه إن كان الخليط قدرا لو خالف الماء في طعم، أو لون، أو رائحة لتغير الماء فهو مسلوب الطهورية، وإن كان لا يؤثر مع المخالفة فلا، لأن التغير سالب للطهورية، وهذا الخليط بسبب الموافقة في الأوصاف لا يغير، فيعتبر تغيره لاستفادة ما طلبناه كما يفعل في معرفة الحكومات.

[الرافعي، عبد الكريم، العزيز شرح الوجيز المعروف بالشرح الكبير ط العلمية، ٢٦/١]

Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni :

فَصْلٌ كَانَ الْوَاقِعُ فِي الْمَاءِ مَاءً مُسْتَعْمَلًا

وَقَالَ أَصْحَابُ الشَّافِعِيِّ: إنْ كَانَ الْأَكْثَرُ الْمُسْتَعْمَلَ مُنِعَ، وَإِنْ كَانَ الْأَقَلُّ لَمْ يُمْنَعْ.

Pernyataan Ibnul-Mundzir :

وَأَمَّا الْمَسْأَلَةُ الثَّانِيَةُ وَهِيَ كَوْنُهُ لَيْسَ بِمُطَهِّرٍ فَقَالَ بِهِ أَيْضًا أَبُو حَنِيفَةَ وَأَحْمَدُ وَهُوَ رِوَايَةٌ عَنْ مَالِكٍ وَلَمْ يَذْكُرْ ابْنُ الْمُنْذِرِ عَنْهُ غَيْرَهَا وَذَهَبَ طَوَائِفُ إلَى أَنَّهُ مُطَهِّرٌ وَهُوَ قَوْلُ الزُّهْرِيِّ وَمَالِكٍ وَالْأَوْزَاعِيِّ فِي أَشْهَرِ الرِّوَايَتَيْنِ عَنْهُمَا وَأَبِي ثَوْرٍ وَدَاوُد قَالَ ابْنُ الْمُنْذِرِ وَرُوِيَ عَنْ عَلِيٍّ وَابْنِ عُمَرَ وَأَبِي أُمَامَةَ وَعَطَاءٍ وَالْحَسَنِ وَمَكْحُولٍ وَالنَّخَعِيِّ أَنَّهُمْ قَالُوا فِيمَنْ نَسِيَ مَسْحَ رَأْسِهِ فَوَجَدَ فِي لِحْيَتِهِ بَلَلًا يَكْفِيهِ مَسْحُهُ بِذَلِكَ الْبَلَلِ: قَالَ ابْنُ الْمُنْذِرِ وَهَذَا يَدُلُّ عَلَى أَنَّهُمْ يَرَوْنَ الْمُسْتَعْمَلَ مُطَهِّرًا، قَالَ: وَبِهِ أَقُولُ.

Yang air kurang dua kulah kejatuhan Najis tapi ga berubah dihukumi suci seperti pendapat Imam Malik, dari Fathul Mu'in :

واختار كثيرون من أئمتنا مذهب مالك: أن الماء لا ينجس مطلقا إلا بالتغير والجاري كراكد.

Imam Ghazali dalam Ihya' :

وكنت أود أن يكون مذهبه كمذهب مالك رضي الله عنه في أن الماء وإن قل لا ينجس إلا بالتغير إذ الحاجة ماسة إليه ومثار الوسواس اشترط القلتين ولأجله شق على الناس ذلك وهو لعمري سبب المشقة ويعرفه من يجربه ويتأمله

[أبو حامد الغزالي، إحياء علوم الدين، ١٢٩/١]

Yang Hasyiyah Ad-Dasuqi :

إنّ الماء اليسير وهو ما كان قدر آنية الوضوء أو الغسل فما دونهما إذا حلت فيه نجاسة قليلة كالقطرة ولم تغيره فإنه يكره استعماله في رفع حدث أو في حكم خبث ومتوقف على طهور كالطهارة المسنونة والمستحبة.

وأما استعماله في العادات فلا كراهة فيه، فالكراهة خاصة بما يتوقف على طهور.

ثم قال: الحاصل أن الكراهة مقيده بقيود سبعة:

1- أن يكون الماء الذي حلت فيه النجاسة يسيرًا.

2- وأن تكون النجاسة التي حلت فيه قطرة فما فوقها.

3- وأن لا تغيره.

4- وأن يوجد غيره

5- وأن لا يكون له مادة كبئر.

6- وأن لا يكون جاريًا.

7- وأن يراد استعماله فيما يتوقف على طهور كرفع حدث وحكم خبث وأوضية واغتسالات مندوبة.

فإن انتفى قيد منها فلا كراهة.

Sumber FB Grup : Kajian Fikih Fathul Qarib

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Bak Mandi Kecil". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait