Fakta Tentang Maulid Dari Ulama-Ulama Besar

Fakta Tentang Maulid Dari Ulama Besar

KAJIAN LUAR BIASA | FAKTA TENTANG MAULID DARI ULAMA² BESAR 

Al-Hafidz adalah gelar bagi seorang ulama besar yg telah menghafal 100.000 hadis, sanad dan matannya. Gelar ini tidak disematkan ke sembarang ulama. Mungkin zaman sekarang tidak ada seorang ulama yg sah diberikan gelar Al-Hafidz. Tempoe dulu pun, tidak banyak ulama yg digelar Hafidz, setiap generasinya bisa dihitung dgn jari. 

Nah.. kali ini al Faqir akan menukil dalil perayaan maulid dari tiga ulama besar yg bergelar Al-Hafidz. Baca sampai selesai, asyiik bgt 🙂. 

> Al-Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani

Tidak ada santri yg tidak mengenal beliau. Guru daripada Syaikhul Islam Zakariya Al-Anshari ini telah menulis ratusan kitab, yg paling fenomenal adalah Kitab Fathul Bari, Syarah Shahih Bukhari. 

Al-Hafidh Ibnu Hajar Al-Asqalani mengemukakan hadits yg diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim sebagai dalil perayaan Maulid: 

أن النبي صلى الله عليه وسلم قدم المدينة فوجد اليهود يصومون يوم عاشوراء، فسألهم فقالوا: هو يوم أغرق الله فيه فرعون ونجى موسى فنحن نصومه شكرا لله تعالى

Saat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tiba di Madinah, beliau mendapati orang-orang Yahudi berpuasa pada hari 'Asyura`. Lalu Beliau menanyai mereka (alasan knp mereka berpuasa pada hari itu). Mereka menjawab, "Hari ini adalah hari kemenangan Musa dan Bani Isra`il atas Fir'aun. Karena itu, kami puasa pada hari ini sebagai wujud rasa syukur keada Allah Swt. 

Syekh Ibnu Hajar mengomentari hadits tsb: 

فيستفاد منه فعل الشكر لله على ما من به في يوم معين من إسداء نعمة أو دفع نقمة، ويعاد ذلك في نظير ذلك اليوم من كل سنة... وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز هذا النبي نبي الرحمة في ذلك اليوم؟ وعلى هذا فينبغي أن يتحرى اليوم بعينه حتى يطابق قصة موسى في يوم عاشوراء

Dari Hadits tsb dapat disimpulkan bahwa dianjurkanya bersyukur terhadap nikmat pada hari tertentu. Dan terus diulang syukurnya itu pada hari tsb setiap tahunnya. Tidak ada nikmat yg lebih Agung melebihi lahirnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pada hari tsb. Berdasarkan ini, sudah sepantasnya memprioritaskan hari tertentu (utk mensyukuri nikmat tsb) sehingga sesuai dgn Kisah Nabi Musa Pada hari Asyura." 

> Al-Hafidz Syekh Syamsuddin Bin Nashiruddin Ad-Dimasyqi

Beliau seangkatan dengan ibnu Hajar Al-Asqalani. Kedua-duanya adalah murid Al-Iraqi, Ibnu Mulaqqin dan Al-Bulqini. 

Kepakarannya di bidang hadis tidak ada yg meragukannya. Sampai Imam Al-Maqrizi memberikan pujian selangit kepada beliau. Imam Maqrizi berkata: 

طلب الحديث، فصار حافظ بلاد الشام من غير منازع، وصنف عدة مصنفات، ولم يخلف في الشام بعده مثله

Imam Syamsuddin Belajar Ilmu Hadits sampai mendapat Gelar Hafidz tanpa adanya ulama yg menentangnya, Beliau telah melahirkan byk karya (kitab) dan belum ada yg menggantikan beliau di Syam setelah beliau wafat. 

Al-Hafizh Imam Syamsuddin Ad-Dimasyqi berkata: 

قد صح أن أبا لهب يخفف عنه عذاب النار في مثل يوم الاثنين لإعتاقه ثويبة سرورا بميلاد النبي صلى الله عليه وسلم

Sungguh telah shahih hadits yg menjelaskan bahwa Abu Lahab diberikan keringanan azab pada hari senin sebagai kompensasi krn ia telah memerdekakan budaknya yg bernama tsuwaibah krn gembira dgn kelahiran Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam." 

Kemudian beliau berkomentar: 

إذا كان هذا كافرا جاء ذمه ... وتبت يداه في الجحيم مخلدا

أتى أنه في يوم الاثنين دائما ... يخفف عنه للسرور بأحمدا

فما الظن بالعبد الذي طول عمره ... بأحمد مسرورا ومات موحدا

Orang yg telah dipastikan kekal dalam Neraka saja bisa mendapatkan keringanan azab karena bergembira dengan kelahiran Muhammad. Nah, bagaimana dgn seorang hamba yg selama hidupnya bergembira dgn Muhammad dan Mati dalam keadaan beriman? 

> Al Hafidz As-Suyuthi. 

Semua santri pasti mengenal ulama besar ini, karena karya beliau ebih 500 kitab, dari yg kecil sampai yg besar. 

Al-Hafizh Suyuthi mengemukakan hadis yg diriwayatkan oleh Imam Baihaqi sebagai dalil perayaan maulid, sbb: 


«أن النبي صلى الله عليه وسلم عق عن نفسه بعد النبوة» مع أنه قد ورد أن جده عبد المطلب عق عنه في سابع ولادته، 

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melakukan Aqiqah setelah dilantik sebagai Nabi." Serta kakek beliau, Abdul Muthalib, telah melakukan Aqiqah utk beliau pada hari ke-7 kelahiran beliau. Sedangkan Aqiqah tidak sunnah diulang utk kedua kali.

Nah, dgn demikian, Aqiqah yg Rasulullah lakukan pada kali kedua itu berarti sebagai bentuk syukur kepada Allah krn telah menjadikan beliau sebagai Rahmat bagi semesta alam.

Maka sunnah hukumnya bagi kita utk memperlihatkan rasa syukur atas kelahiran Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. 

Sumber FB Ustadz Gus Dewa Menjawab

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Fakta Tentang Maulid Dari Ulama-Ulama Besar". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait