Sumber Ilmu Imam Empat Madzhab

EMPAT IMAM MADZHAB TERMASYHUR :

1. Imam Hanafi

2. Imam Maliki

3. Imam Syafi'i

4. Imam Hambali

Mereka tidak pernah membaca Kitab Sahih Bukhori dan Sahih Muslim, bahkan menyentuhnya pun tidak pernah. Tapi penulis dua kitab tersebut, yaitu Imam Bukhori dan Imam Muslim justru mengikuti madzhab mereka dalam beragama. Karena dua penulis kitab hadits yang dianggap tersahih tersebut tahu, bahwa keempat Imam diatas lebih hafal dan lebih paham hadits yang sahih, serta bagaimana cara memahami dan mengamalkannya.

Jika mau, bisa saja Imam Bukhori dan Imam Muslim tidak bermadzhab kepada siapa pun, dan cukup menggunakan kitabnya masing-masing sebagai pegangan, Tapi toh keduanya tetap memilih mengikuti salah satu dari keempat Imam Madzhab tersebut, karena keduanya tahu, bahwa keempat Imam itu lebih banyak hafalan haditsnya dan hidup di era yang lebih dekat dg para sahabat dan tabi'in, sehingga orisinalitasnya lebih terjaga.

Keempat Imam madzhab tersebut selalu mengatakan, agar jangan terlalu condong pada pendapat mereka, tapi ikutilah hadits Nabi, Tapi tetap saja Umat Islam mengikuti madzhab mereka, bahkan para Ulama' besar semisal Imam Nawawi, Syeikh Ibnu Hajar Al-asqolani, Jalaluddin As-Suyuthi, Imam Ghazali, Ibnu Hajar Al-Haitami, Syeikh Izzudin bin Abdussalam, dan seterusnya memilih ikut Madzhab Syafi'i, Karena mereka tahu, Keempat Imam madzhab  tersebut justru menjadikan hadits-hadits Nabi sebagai pedoman utama dalam mengambil istinbath hukum2 syar'i, dan keempatnya lebih tahu bagaimana cara menyelaraskan redaksi dan esensi dari hadits-hadits yang jumlahnya jutaan.

Wallahu a'lamu bish showab.

Sumber FB Ustadz : Alfan Ahmad

13 September 2022 pada 11.11  ·

Sanad Imam Ghazali Bersambung Imam Syafi'i

©Terima kasih telah membaca kajian ulama ahlussunnah dengan judul "Sumber Ilmu Imam Empat Madzhab". Semoga betah di Kajian Ulama Aswaja ®

Kajian Terkait